Jatinangor National Park, Tempat Wisata yang Lagi Viral di Sumedang

Jatinangor National Park

Jatinangor National Park, Tempat Wisata yang Lagi Viral di SumedangKemarin Mimin sempat melipir ke kawasan Ciater untuk berkunjung ke tempat rekreasi baru bernama Flora Wisata D'Castello. Destinasi wisata ini bertemakan taman bunga nan indah yang dipadukan dengan bangunan kastil megah wana-warni seperti dalam dunia dongeng.

Semua fasilitas wisata di sana memang dirancang untuk memanjakan pengunjung agar mereka bisa menikmati pemandangan indah sambil menjajal semua spot foto unik dan menarik untuk kemudian diposting di media sosial. Konsep wisata yang memiliki banyak spot foto instagramable memang saat ini tengah digandrungi para wisatawan.

Jadi, nggak heran kalau sekarang banyak tempat rekreasi tematik yang menyuguhkan spot foto dengan latar miniatur bangunan unik yang populer di luar negeri atau yang diceritakan dalam dongeng. Masih dalam konsep yang sama, kini hadir lagi destinasi wisata baru bernama Jatinangor National Park dengan bangunan kastil yang lebih megah, taman bunga lebih luas, dan fasilitasnya pun lebih lengkap.
 
Jatinangor National Park atau disingkat Jans Park adalah destinasi wisata baru yang beralamat di Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau karena berdampingan dengan lapangan golf BGG dan berdekatan dengan kampus Universitas Padjadjaran (Unpad).

Tempat wisata ini masih satu manajemen dengan Flora Wisata D’Castello Ciater Subang. Jadi, nggak heran kalau konsepnya sama, yakni bertema negeri dongeng dan taman bunga. Namun, Jans Park memiliki area taman yang lebih luas, wahana dan spot foto lebih banyak, serta fasilitasnya pun lebih lengkap.

Fasilitas Jatinangor National Park

Mekipun masih tergolong baru, fasilitas yang tersedia di destinasi wisata Jans Park Jatinangor sudah cukup lengkap dan mampu memberikan kenyamanan serta kepuasan bagi pengunjung. Berikut ini adalah fasilitas yang ada di tempat wisata Jatinangor National Park:

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Tempat bersantai atau duduk
  • Mushola
  • Toilet yang bersih dan instagramable
  • Spot untuk berswafoto yang sangat banyak, dan beragam
  • Foodcourt atau tempat makan
  • Taman Bunga yang sangat luas
  • Wahana Permainan
  • Kolam Renang Anak
  • Korsel
  • Istana Balon
  • Perosotan Pelangi atau Rainbow Slide
  • Bangunan ikonik ala Negeri Dongeng


Jatinangor National Park memiliki daya tarik tersendiri yang nggak bisa ditemukan di tempat wisata lain dan bisa bikin pengunjung betah berlama-lama menimati semua fasilitas yang ada. Destinasi wisata ini cocok banget buat kalian yang suka berswafoto agar bisa lebih eksis di media sosial karena di seluruh area Jans Park tersedia banyak spot foto unik dan instagramable.


Taman Bunga yang Cantik dan Sangat Luas

Jatinangor National Park bisa menjadi pilihan destinasi liburan bersama keluarga. Udara di sekitar taman wisata ini terasa sejuk khas pegunungan dikarenakan lokasinya berdekatan dengan Gunung Manglayang.


Berada di alam terbuka menjadikan udara lokasi Jans Park Jatinangor terasa sejuk dan menyegarkan, terlebih lagi dengan adanya taman bunga yang sangat luas membuat oksigen yang ada di lokasi wisata jauh lebih sehat.


Sesuai dengan namanya, Jatinangor National Flower Park lebih mengedepankan konsep taman bunga yang sangat luas dengan koleksi bunga-bunga cantik untuk memanjakan mata pengunjung. Bunga-bunga indah tersebut terdiri dari beragam jenis dan warna yang cantik.  Jadi, nggak heran kalau taman bunga ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi wisatawan


Ada juga area greenhouse yang menyediakan aneka bibit tanaman. Di tempat ini pengunjung bisa memilih bibit tanaman sesuai keinginan. Cocok banget buat kalian pecinta buanga atau ibu rumah tangga yang ingin mempercantik halaman rumahnya.


Di bagian yang lain, pengunjung juga bisa menemukan bunga menjuntai yang memenuhi lorong dan tersusun memenuhi dinding hingga hampir menyentuh atap. Di sini kalian bisa melintasi lorong tersebut sambil berjalan di bawah uraian bunga-bunga yang sangat indah. Area lorong ini merupakan salah satu spot foto favorit di Jatinangor National Park. Jadi, kalian jangan sampai melewatkannya.


Bangunan Ikonik Ala Negeri Dongeng

Dari kejauhan, bangunan berbentuk kastil yang merupakan bangunan inti Jans Park Jatinangor terlihat sangat kontras dengan dinding warna-warni. Kastil yang megah dan ikonik ini nggak hanya satu, karena hampir semua bangunan yang ada di Jans Park desainnya berbentuk kastil, bahkan toiletnya pun seperti kastil.


Di depan bangunan istana ala Eropa yang megah ini terdapat taman dengan hiasan menara berwarna putih menyerupai jamur. Area ini juga merupakan spot foto favorit para pengunjung karena background-nya sangat cantik dan instagramable.


Ketika memasuki area depan, pengunjung akan masuk ke dalam kastil besar terlebih dahulu yang merupakan tempat pembelian tiket masuk yang dilengkapi dengan taman indoor yang sangat indah. Di bagian dalam kastil Jans Park, udaranya terasa sejuk. Ini dipengaruhi oleh konstruksi bangunan yang menyediakan ruang masuk udara di sekitar atap dan karena lokasi Jans Park berada di dekat Gunung Manglayang.


Kemudian dari pintu masuk tersebut kita akan melewati jembatan setinggi kurang lebih 3 meter. Dari atas jembatan tersebut kita bisa melihat area lesehan yang beralaskan rumput sintetis yang bersih dan nyaman. Area wisata Jans Park sangat luas dan dari satu lokasi ke lokasi lainnya terhubungkan dengan jalur pejalan kaki yang nyaman, bersih, dan warna-warni.


Pengunjung membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengeksplor seluruh area wisata yang luas ini. Tapi, buat pengunjung yang nggak sanggup jalan kaki terlalu lama nggak perlu khawatir karena ada mobil golf dan scooter yang bisa disewa dengan harga terjangkau. 


Jans Park Jatinangor


Wahana Bermain Jatinangor National Park

Banyak wahana permainan yang bisa kalian coba di Jans Park Jatinangor Sumedang seperti korsel, kora-kora, rainbow slide atau perosotan pelangi, komedi putar, kincir angin, ontang-anting, istana balon, spot foto instagramable, green housetrampolin, skuter, gokar untuk keliling arena wisata, dan rumah hantu.


Wahana paling favorit di Jatinangor National Park adalah rainbow slide yang saat ini sedang hits dan banyak peminatnya. Rainbow Slide adalah sebuah seluncuran warna-warni seperti pelangi dengan jalur yang cukup panjang dan lumayan tinggi. Dijamin bisa bikin jantung kalian dag-dig-dug-ser. Jangan lewatkan permainan ini untuk bisa merasakan sensasi meluncur dari ketinggian yang luar biasa menyenangkan.


Foodcourt Jans Park Jatinangor

Sesudah capek berkeliling serta menikmati seluruh wahana yang ada di Jans Park, enaknya istirahat sambil kulineran. Tapi, perlu kalian ketahui bahwa saat berkunjung ke taman bunga ini tidak boleh membawa makanan atau minuman dari rumah.


Tapi, kalian nggak perlu khawatir kelaparan karena di Jans Park terdapat foodcourt bernuansa kebun yang sejuk. Kalian bisa memesan berbagai macam menu makanan dan minuman seperti kopi, cemilan, makanan khas Nusantara yang lezat,  Japanese Food, dan Korean Food.


Di area tempat makan yang cukup luas ini pengunjung bisa makan di lesehan beralaskan rumput sintetis, di kursi dan meja kayu, atau bisa juga di area kolam.


Rute ke Jatinangor National Park

Jalan menuju Jans Park Sumedang bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat hingga area parkiran utama. Jika datang dari arah Bandung atau Jakarta dengan menggunakan jalur Tol, bisa exit Tol Jatinangor. Bisa juga menggunakan jalur biasa dari arah Cibiru ke Jatinangor melewati kampus IPDN, dan kampus UNPAD Jatinagor.


Dari gerbang utama UNPAD berjalan terus menuju jalan utama Bumi Perkemahan Kiara Payung. Kemudian lurus saja sampai menemukan gerbang A UNPAD. Di kiri jalan terdapat lapangan Golf BBG. Dari situ sudah terlihat Jatinangor National Park yang bangunannya tepat berdampingan dengan lapangan Golf BBG.


Alamat Jatinangor National Park

  • Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jam Buka Jatinangor National Park

  • Weekday 08.00 s.d 17.00 WIB
  • Weekend 08.00 s.d 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk Jans Park

  • Weekday : Rp30.000
  • Weekend : Rp40.000


Baca juga Margacinta Park, Tempat Wisata Bermain Air di Bandung

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar