Flora Wisata D’Castello Ciater, Tempat Rekreasi yang Lagi Ngehits di Subang

 

Flora Wisata D’Castello Ciater, Tempat Rekreasi yang Lagi Ngehits di Subang - Min, jalan-jalannya di Bandung terus, nggak pernah ke luar kota? Iya, semenjak Pandemi Covid-19, Mimin belum berani jalan-jalan ke luar kota demi menghindari penularan virus yang mewabah. Alhamdulillah saat ini semuanya berangsur pulih dan kita bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala. 


Biar jalan-jalannya nggak ngebosanin, Mimin mau melipir sedikit ke luar dari Kota Bandung, yaitu ke kawasan wisata Ciater - Subang yang selama ini terkenal dengan pemandian ari panasnya. Tapi, bukan itu tujuan Mimin, karena masih banyak destinasi wisata lainnya bisa kita kunjungi di sana. Salah satunya adalah Flora Wisata D'Castello Ciater.


Florawisata D'Castello merupakan destinasi wisata baru dan kekinian yang berlokasi di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Tempat wisata milik penyanyi dangdut Dewi Persik ini mengusung tema taman bunga yang dipadukan dengan kastil megah dan beberapa wahana lainnya.


Lokasinya sangat strategis karena berada di antara jalan penghubung Bandung-Subang. Pemandangan di sekitar lokasi D'Castello sangat indah memanjakan mata karena tempat rekreasi ini berada di dataran tinggi atau lebih tepatnya berada di kaki gunung Tangkuban Parahu.


Jadi, nggak heran juga kalau udara di sekitar Flora Wisata D’Castello Ciater terasa sejuk bin adem. Uniknya lagi, tempat wisata ini dibangun di tengah perkebunan teh, sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang hendak berkunjung. 


Fasilitas Umum D'Castello Ciater

Meskipun masih terbilang baru, D'Castello Ciater sudah memiliki fasilitas lengkap yang bisa diakses oleh seluruh pengunjung. Hal itu untuk memberikan pengalaman terbaik saat wisatawan memasuki area florawisata. Berikut ini adalah beberapa fasilitas umum yang ada di D,Castello Ciater, Subang:

  • Kastil
  • Air mancur
  • Taman bunga
  • Restoran dan foodcourt
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Open space
  • Jembatan tangan
  • Mushala
  • Toilet
  • Area parkir yang luas

Sejak dibuka untuk umum pada Desember 2021 lalu, Florawisata D'Castello Ciater sudah menarik banyak perhatian dan menjadi tempat wisata favorit bagi warga Subang dan sekitarnya. Hampir setiap hari destinasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya kastil megah yang menjadi ikon tempat rekreasi ini, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana yang terdapat di Florawisata D’Castello Ciater Subang.


D'Castello Ciater


Kastil Megah D’Castello 

Daya tarik yang menjadi ikon utama wisata D’Castello Ciater Subang adalah kastil megah yang ada di tengah-tengah taman bunga. Bangunan kastil ini memiliki desain yang menggabungkan gaya arsitektur Turki dan Belanda dengan sangat indah. Lengkap dengan tiang-tiang di sekeliling kastil yang memiliki kubah kecil, menjadikannya sekilas menyerupai Katedral Santo Basil yang ada di Rusia.


Saat pertama kali masuk ke Florawisata D’Castello, kita bisa melihat megahnya bangunan kastil dengan warna mencolok seperti di negeri dongeng. Kastil yang menjadi ikon Florawisata D'Castello ini juga dijadikan sebagai gerbang awal atau sebagai tempat untuk membayar tiket masuk. Karena bangunannya yang memegah dan warnanya mencolok, bangunan ini menjadi tempat favorit untuk berfoto bagi wisatawan.


Keberadaan kastil ini membuat D’Castello Ciater Subang digadang-gadang sebagai tempat wisata Disneyland-nya Jawa Barat. Ya, memang pantas mendapat julukan tersebut karena di tempat rekreasi ini pengunjung bisa merasakan suasana seperti sedang berada di Disney Land yang sebenarnya. 


Open Space D’Castello

Selepas dari loket masuk, kita akan menemukan sebuah area terbuka yang dilengkapi dengan air mancur. Kawasan ini memiliki tiga spot andalan yaitu:

  • Spot King Castle: tempat ini merupakan salah satu dari dua kastil yang ada di D'Castello  juga merupakan ikon dari D'Castello. Kastil ini adalah loket pembelian tiket sekaligus gerbang masuk menuju kawasan D'Castello.
  • Spot Air Mancur: setelah melewati King Castle, pengujung akan melihat air mancur yang dikelilingi oleh taman bunga yang cantik. Di spot ini kita bisa mengambil gambar dengan latar King Castle.
  • Spot Castie Mouse: seperti namanya, spot foto ini berbentuk seperti kartun Mickey Mouse dalam ukuran besar yang terbuat dari rumput sintetis.


Taman Bunga D’Castello

Setelah melewati kastil yang megah dan indah, pengunjung akan mengikuti jalan lurus yang di sisi kanan dan kirinya dipenuhi oleh taman bunga warna-warni. Tidak hanya tamannya yang warna-warni, area tempat duduk dan jalan juga didesain penuh warna seperti pelangi.


Mengunjungi taman bunga saat liburan menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memanjakan mata sekaligus refreshing. Pemandangan taman bunga yang indah bisa kalian nikmati ketika berkunjung ke D’Castello Subang.


Sesuai dengan arti nama dari D'Castello dalam bahasa Latin, yaitu istana bunga, konsep utama wisata D’Castello adalah taman bunga yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas mewah. Istana bunga yang cantik ini berdiri diatas lahan seluas 10 hektare, membuatnya menjadi taman bunga terbesar di Subang.


Florawisata D’Castello Subang memang memiliki banyak taman yang ditanami dengan berbagai jenis bunga aneka warna. Di taman ini pengunjung bisa menemukan ribuan Bunga Castillo yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat, New Zealand, dan Florida. Tentunya, taman bunga ini membuat tampilan destinasi wisata D’Castello semakin cantik dan enak dipandang.


Suasana khas pegunungan dengan udara yang sejuk membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan taman bunga sambil berjalan-jalan. Tempat ini cocok banget buat pecinta bunga, di sini kalian bisa bermain dan hunting foto di sebuah kebun yang dikonsep sedemikian rupa agar terlihat aesthetic.


Hand Bridge/Jembatan Tangan D’Castello 

Seperti tempat wisata pada umumnya, di Flora Wisata D’Castello  juga bisa menemukan sejumlah spot kece untuk berfoto. Salah satu spot favorit adalah jembatan tangan atau hand bridge. Di sini pengunjung bisa menjajal jembatan tangan sepanjang kurang lebih 100 meter yang terinspirasi dari Jembatan Emas yang ada di Vietnam. Di jembatan ini kalian bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dan cantik sesuka hati.


Aurora Dome D’Castello 

Aurora Dome merupakan kawasan spot foto berbentuk rangka kubah dengan hiasan tanaman di sekelilingnya. Di spot foto ini disediakan tempat duduk yang terdapat rangkai besi menyerupai sangkar burung. Pengunjung bisa masuk dan duduk di spot foto yang satu ini untuk mendapatkan foto yang instagramable. Silakan bergaya dan berfoto sesuka hati sampai mendapatkan hasil terbaik buat diposting di sosial media kalian.


Terracing D’Castello

Terracing atau terasering adalah spot foto kece yang berada di area bawah Queen Castle. Spot foto di kawasan ini penuh dengan warna, alias warna-warni. Di antaranya adalah Dragon Hills, Pyramid of Paradise, Fun Tent, Colorful Box, Curved Iron, dan The Circle Row.


Restoran dan foodcourt

Yang namanya liburan kurang lengkap kalau nggak sambil kulineran. Nggak perlu khawatir karena di D’Castello juga kita bisa jajan kuliner lezat di restoran dan foodcourt. Dengan adanya resto dan foodcourt ini bisa mempermudah pengunjung  untuk mencari tempat makan dan minum.


Florawisata D’Castello menyediakan food court dengan sajian menu cukup lengkap dari makanan ringan hingga santapan berat seperti bakmi, seafood, dan kebab. Area food court dibuat konsep penuh dengan tanaman, terdapat bangunan mushola yang tak kalah cantik.


Disini juga tersedia sebuah restoran dengan area yang cukup luas. Cocok untuk bersantai, nongkrong ataupun kulineran. Dengan dekorasi tanaman hijau membuatnya kian menambah nyaman dan segar di mata. Kawasan ini menyediakan tempat makan dengan konsep taman yang indah.

  • Spot Vertikal Garden: adalah spot foto berupa tanaman berjajar dengan posisi vertikal.
  • Foodcourt: merupakan sebuah kantin yang didesain dengan hiasan pernak pernik yang menarik, sehingga pengunjung bisa menikmati makanan sekaligus berfoto di sana.
  • Spot Rooftop: tempat ini merupakan spot favorit pengunjung, karena dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan yang indah sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia di foodcourt.
  • Spot Rainbow Wisteria: merupakan spot foto berupa tanaman sintetis warna warni.


Wahana Bermain D’Castello 

Semua spot foto di D’Castello dibuat colourfull dengan memiliki temanya masing-masing, seperti little Korea, patung Mickey, aurora dome, food garden, dan hand bridge. Tidak hanya itu, sebagai pelengkap hiburan untuk anak-anak juga telah disediakan berbagai wahana permainan seperti trampolin, istana balon, playground, ontang-anting, kereta mini, dan komedi putar. 


Selain menjajal wahana bermain, anak-anak juga bisa memberi makanan langsung kepada hewan peliharaan yang ada di dekat pintu keluar Florawisata D’Castello. Nama tempat ini adalah Mini Zoo D’Castello. Hewan-hewan yang ada di sini berupa kelinci, burung hantu, burung makau, kambing, dan iguana.


Foto Ala-ala Korea

Selain menjual produk untuk dibawa pulang, di kawasan ini tersedia spot foto bernama Little Seoul. Spot ini memiliki bangunan dengan latar Korea, pengunjung bisa berfoto sekaligus menyewa pakaian adat khas Jepang, Korea, dan Belanda.


Di little Korea, kalian akan disuguhkan sebuah tempat dengan nuansa ala Korea. Tinggal sewa pakaian tradisionalnya yang bernama hanbok. Dengan mengenakan pakaian tersebut akan membuat kalian tampil seperti orang Korea. Jangan lupa ajak teman dan keluarga untuk berfoto bersama dengan berbagai latar belakang yang cocok sesuai keinginan.


Harga Tiket Masuk Florawisata D'Castello Ciater

Harga tiket masuk Florawisata D'Castello Ciater cukup terjangkau mulai dari Rp 30 ribu per orang saat weekdays. Sementara pengunjung yang datang di hari libur (weekend) dikenakan harga tiket masuk Florawisata D'Castello Ciater sebesar Rp 40 ribu.


Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk Florawisata D'Castello Ciater tersebut belum termasuk tiket wahana permainan dan sewa kostum. Berikut ini harga tiket wahana bermain dan sewa kostum di Destinasi wisata D’Castello Ciater:

  1. Istana balon: Rp20.000.
  2. Playground: Rp20.000.
  3. Trampolin Rp20.000.
  4. Ontang-anting: Rp 25.000.
  5. Komedi putar: Rp25.000.
  6. Kereta mini: Rp25.000.
  7. Hanbok (sewa baju tradisional Korea): Rp50.000.

Harga tiket masuk Flora wisata D' Castello Ciater Subang bisa berubah kapan saja sesuai kebijakan pihak pengelola!


Lokasi Flora Wisata De Castello Ciater Subang

Lokasi Florawisata D’Castello berada di Jalan Palasari Dua – Babakan Gn. No.16, Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Lokasinya berjarak sekitar 5 km sebelah utara dari the ranch ciater atau 3 km dari pemandian air panas. Kalau dari Kota Bandung hanya 28 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.


Jam Buka Flora Wisata D’Castello Ciater:

Flora Wisata D’Castello Ciater Subang buka setiap hari.

  • Weekday buka dari jam 08.00 - 17.00 WIB.
  • Weekend buka dari jam 08.00 - 18.00 WIB.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar