Gemblong Khas Kabupaten Kuningan Yang Gurih dan Renyah

Gemblong khas Kuningan
Gemblong khas Kuningan
Oleh-oleh dari Kabupaten Kuningan begitu beragam macamnya dan masing-masing memiliki ciri khas tesendiri, dari mulai nama, bentuk, hingga rasanya. Beberapa diantaranya adalah peuyeum ketan, Jeniper (Jeruk Nipis Peras), opak, kicimpring dan masih banyak yang lainnya. Ada satu kuliner khas Kuningan yang rasanya gurih dan nikmat, oleh warga setempat makanan ini disebut Gemblong

Gemblong khas Kuningan berbeda dengan gemblong lainnya, dimana biasanya makanan bernama gemblong itu rasanya manis dan berbahan beras ketan, tetapi gemblong khas Kota tempat terjadinya peristiwa perjanjian Linggarjati ini  berbentuk keripik yang terbuat dari singkong. 

Pada awalnya ide pembuatan keripik gemblong ini muncul karena di sekitaran Kuningan banyak terdapat lahan pertanian yang ditanami singkong, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Maka dari situlah tercipta berbagai macam kuliner yang berbahan singkong, dan salah satunya yaitu gemblong. 

Selama ini gemblong menjadi makanan favorit masyarakat setempat, kuliner yang memiliki nama lain ketempling ini biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau dijadikan sebagai teman makan bakso atau mie. Perpaduan adonan parutan singkong dengan rempah – rempah membuat gemblong khas Kuningan ini mempunyai cita rasa yang unik dan khas serta renyah saat dikunyah.

Cara Pembuatan keripik gemblong khas Kuningan tergolong mudah dan sederhana, awalnya singkong dikupas terlebih dahulu, kemudian  dicuci hingga bersih, lalu digiling, kemudian diperas dan  kembali digiling, setelah itu singkong yang sudah halus kemudian diberi rempah-rempah dan air secukupnya, lalu diaduk hingga merata, dicetak setipis mungkin, kemudian digoreng hingga matang. 

Makanan ringan ini berbentuk bulat tipis dan ada juga yang gembung, dengan warna sedikit kekuningan. Gemblong tersedia dalam beberapa rasa seperti gemblong daun bawang (original), tempe, oncom, sayur, wijen, pedas, dan yang lainnya.

Camilan renyah ini dijual dalam kemasan plastik dan kemasan kertas dengan harga yang relatif murah, sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah.

Selama ini gemblong hanya dipasarkan disekitar Kota Kuningan saja, dan tentunya menjadi oleh-oleh yang banyak diburu oleh para wisatawan. Untuk mendapatkan kuliner yang satu ini cukup mudah karena, sudah tersedia hampir diseluruh pusat oleh-oleh yang ada di Kuningan, bahkan dibeberapa warung pun sudah ada yang menjualnya. Selamat berburu oleh-oleh khas Kuningan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar