Gemblong Khas Kabupaten Kuningan Yang Gurih dan Renyah

Gemblong khas Kuningan
Gemblong khas Kuningan

Gemblong Khas Kabupaten Kuningan Yang Gurih dan Renyah - Oleh-oleh dari Kabupaten Kuningan begitu beragam macamnya dan memiliki ciri khas tesendiri, dari mulai nama, bentuk, hingga rasanya. Beberapa di antaranya adalah peuyeum ketan, Jeniper (Jeruk Nipis Peras), opak, dan kicimpring. Ada satu kuliner khas Kuningan yang rasanya gurih dan nikmat, oleh warga setempat makanan ini disebut Gemblong

Gemblong khas Kuningan berbeda dengan gemblong lainnya. Biasanya makanan bernama gemblong itu rasanya manis dan berbahan beras ketan. Tapi, gemblong khas Kuningan ini  berbentuk keripik yang terbuat dari singkong. 

Awalnya ide pembuatan keripik gemblong ini muncul karena di sekitaran Kuningan banyak lahan pertanian yang ditanami singkong. Dari situlah tercipta berbagai macam kuliner yang berbahan singkong dan salah satunya adalah gemblong. 

Selama ini gemblong menjadi makanan favorit masyarakat Kuningan. Kuliner yang memiliki nama lain ketempling ini biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau dijadikan sebagai teman makan bakso atau mie. Perpaduan adonan parutan singkong dengan rempah – rempah membuat gemblong khas Kuningan ini mempunyai cita rasa yang unik dan khas serta renyah saat dikunyah.

Cara membuat keripik gemblong khas Kuningan tergolong mudah dan sederhana. Awalnya singkong dikupas terlebih dahulu, kemudian  dicuci hingga bersih. Lalu digiling, kemudian diperas dan  kembali digiling. Setelah itu singkong yang sudah halus kemudian diberi rempah-rempah dan air secukupnya. Kemudian diaduk hingga rata, lalu dicetak setipis mungkin, kemudian digoreng hingga matang. 

Makanan ringan ini berbentuk bulat tipis dan ada juga yang kembung. Warnanya sedikit kekuningan. Gemblong tersedia dalam beberapa varian rasa seperti gemblong daun bawang (original), tempe, oncom, sayur, wijen, dan pedas.

Camilan renyah ini dijual dalam kemasan plastik dan kemasan kertas dengan harga yang relatif murah. Cocok banget buat dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah.

Selama ini gemblong hanya dipasarkan di sekitar Kota Kuningan dan menjadi oleh-oleh yang banyak diburu oleh para wisatawan. Untuk mendapatkan kuliner yang satu ini cukup mudah karena sudah tersedia hampir di seluruh pusat oleh-oleh yang ada di Kuningan. Bahkan di warung pun sudah ada yang menjualnya. Selamat berburu oleh-oleh khas Kuningan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar