Satu Dekade Indonesia Mendongeng Digelar Serentak di 57 Titik

Satu Dekade Indonesia Mendongeng


Satu Dekade Indonesia Mendongeng Digelar Serentak di 57 Titik - Salah satu momen paling berkesan saat masa kecil adalah ketika bapak membacakan dongeng sebelum tidur. Pengalaman tersebut tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga membuka pintu ke dunia imajinasi yang tak terbatas dan mengajarkan nilai-nilai moral serta menjadi kenangan indah yang tak terlupakan.


Mendongeng dapat memicu imajinasi, menstimulasi rasa ingin tahu, dan membantu perkembangan otak anak, karena cerita dalam dongeng dapat membawa anak pada fantasi dan petualangan. Saat mendengar cerita, imajinasi anak berkembang seolah dirinya yang mengalaminya sehingga ikut sedih ketika si tokoh sedang sedih dan ikut senang ketika tokohnya sedang gembira


Apakah di era gadget dan internet masih ada yang suka mendengarkan dongeng anak-anak?


Seiring pesatnya perkembangan teknologi digital, seni mendongeng terasa menjadi semakin langka karena hampir semua anak lahir di era digital yang serba canggih. Anak-anak lebih familiar dengan bermain gadget ketimbang mendengarkan cerita pengantar tidur.


Belakangan ini anak-anak seperti telah dilanda krisis moral karena tak ada lagi kisah mendongeng sebagai sarana berijimanasi saat sebelum tidur. Bahkan mereka lebih sering diperdengarkan lagu-lagu untuk orang dewasa dan terkesan dipaksa untuk menyanyi lagu-lagu bertema cinta


Tentunya, hal tersebut sangat disayangkan karena mendongeng sudah terbukti secara ilmiah dapat mendukung tumbuh kembang anak. 


Indonesia Mendongeng 2023


Buat anak-anak di seluruh Indonesia yang rindu mendengarkan cerita atau dongeng, kebetulan banget Rumah Zakat bersama LKG TPQ Solo Raya akan selenggarakan silaturahim santri TPQ se-Indonesia dalam agenda satu dekade Indonesia Mendongeng pada tanggal 25 Desember 2023.  


Indonesia Mendongeng merupakan salah satu agenda Rumah Zakat bekerjasama dengan Taman Pendidikan Al-Quran yang diselenggarakan di Indonesia. Kegiatan yang berisikan cerita, kisah edukatif, juga sejarah Palestina serta aneka lomba akan disuguhkan kepada anak-anak dan santri TPQ di 57 titik se-Indonesia yang tersebar di 29 Kabupaten/Kota di 17 Provinsi Indonesia.


Kegiatan kolaborasi Rumah Zakat dengan LKG TPQ Solo Raya ini rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2013. Tahun 2023 adalah tahun ke-10 pelaksanaan Indonesia Mendongeng. Khusus tahun ini tema yang diangkat adalah "Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta". Tema tersebut bermakna agar tumbuh rasa cinta kepada sesama umat dan alam semesta di dalam diri para anak dan santri TPQ.


Event Indonesia Mendongeng ini setiap tahunnya selalu dihadiri puluhan ribu anak se-Indonesia untuk menikmati kisah dan cerita edukasi dari para pendongeng. Rangkaian kegiatan Indonesia Mendongeng tahun 2023 akan dipusatkan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, dan akan diikuti sekitar 1.000 anak dari berbagai TPQ dan yayasan. 


Khusus untuk wilayah Bandung, event Indonesia Mendongeng 2023 akan dilaksanakan di Rabbani Buah Batu. Lebih tepatnya di Jl. Buah Batu No.145, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung.


Al Razi Izzatul Yazid selaku Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat menyampaikan, setiap tahun kita selalu mengedepankan tema-tema edukatif dan mengajarkan hal-hal baik, juga mengajarkan untuk semangat berbagi dan peduli kepada saudara-saudara yang membutuhkan.


“Mengingat saat ini saudara-saudara kita di Palestina sedang berjuang mempertahankan tanah tumpah darah mereka. Kita selaku umat muslim, perlu bersuara dan berdo'a untuk keselamatan saudara saudara kita di sana. Oleh karena itu, di edisi satu dekade ini kami juga mengajak para santri dan anak-anak Indonesia untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk infak untuk Palestina,” ungkap Al Razi Izzatul Yazid, Jum'at (22/12/23).


Chief Program Officer Rumah Zakat, M Sobirin, menjelaskan bahwa Rumah zakat setiap programnya berusaha memenuhi 3 ruh yaitu membahagiakan, memberdayakan, dan menyelamatkan para penerima manfaat.


"Program Indonesia Mendongeng merupakan bagian dari mengedukasi anak-anak agar mereka selalu bahagia. Tidak hanya bahagia secara lahir, tapi kita juga memberikan pendidikan supaya bahagia batinnya". Kata M Sobirin.


Hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan 32671 paket makanan siap saji, 1515 paket obatan-obatan ke RS Gaza, 2472 paket food basket, 180 pakaian musim dingin, 207 Hygiene kits, 3640 kaleng kornet Superqurban, 3  truk kontainer bermuatan full logistik dari Cairo-Gaza, 3.500.000 liter air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut.


Untuk pekan 3 dan 4, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000  makanan siap saji, 1000 food basket, 2400 sandang musim dingin, 2 titik Aksi siaga sehat, 1 unit ambulan, dan 2 unit Desalinasi Air Bersih.


Baca juga : Sneakon BT21 Doodle Collection, Sneakers Special Edition untuk Penggemar BTS

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar