Situ Cicerem, Destinasi Wisata Telaga Biru di Kabupaten Kuningan

Situ Cicerem, Destinasi Wisata Telaga Biru di Kabupaten Kuningan
Situ Cicerem Kuningan

Situ Cicerem, Destinasi Wisata Telaga Biru di Kabupaten Kuningan - Jawa Barat sangat terkenal dengan beragam keindahan alamnya dan menyimpan begitu banyak destinasi wisata menarik. Salah satu tempat wisata yang banyak menarik perhatian wisatawan karena keindahan alam dan pemandangannya adalah Situ Cicerem di Kabupaten Kuningan.

Terletak di kaki Gunung Ceremai, tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang tak tertandingi dengan air berwarna biru cerah yang memukau pengunjungnya. Situ atau Telaga Biru Cicerem tidak hanya menghadirkan pesona alam yang menakjubkan. Di balik keindahannya yang memanjakan mata, terdapat sejarah yang menarik untuk kita ketahui.


Sejarah Situ Cicerem Kuningan


Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, Telaga Biru Cicerem tak lepas dari sosok Nyi Bomas Inten, yang patungnya berada di tengah telaga. Nyi Bomas Inten adalah warga desa Kaduela yang menikah dengan pria berdarah kerajaan atau keraton Cirebon bernama Syekh Abdul Iman.


Suami Nyi Bomas Inten ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam pada masa Wali Songo. Penyebaran agama Islam dilakukan di seluruh wilayah desa Kaduela yang pada saat itu didominasi oleh masyarakat Hindu.


Hingga saat ini, masyarakat di sekitar danau tersebut masih percaya bahwa sosok Nyi Bomas Inten masih menjaga Telaga Biru Cicerem.


Ada juga cerita dalam versi lain yang menyebutkan bahwa seorang Wali datang ke lokasi telaga untuk menyebarkan agama Islam. Karena para penduduk desa kesulitan mendapatkan air, Wali tersebut mengetukkan tongkatnya ke tanah hingga air keluar dan memenuhi telaga.


Keindahan Alam Situ Cicerem Kuningan


Telaga Biru Cicerem kini telah menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Jawa Barat. Selain sejarahnya yang menarik, tempat ini juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Saat tiba di lokasi, pengunjung akan langsung merasakan ademnya suasana di sekeliling. Pepohonan yang rindang menjadikan suasana terasa lebih sejuk dan asri.


Air di Situ Cicerem sangat jernih, sebening kaca, dan berwarna biru kehijauan. Sehingga danau ini sering disebut sebagai Telaga Biru Cicerem. Pengunjung dapat melihat banyak ikan warna-warni di telaga, yang bisa menjadi hiburan tersendiri. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anak.


Spot Foto Instagramable Situ Cicerem Kuningan


Di sekitar danau biru, terdapat banyak spot foto yang Instagramable. Salah satunya adalah ayunan, yang menjadi favorit para pengunjung. Namun, saat akhir pekan dan ramai pengunjung, kalian mungkin harus menunggu giliran untuk bisa duduk di sana. Jadi, penting untuk bersabar dan memberikan kesempatan kepada pengunjung lain.


Berendam dan Berenang


Bagi yang ingin berendam dan berenang di Telaga Biru, disarankan untuk bertanya terlebih dahulu kepada pengelola tempat wisata tentang ketentuan dan keamanannya. Beberapa bagian telaga cukup dalam, jadi perlu berhati-hati.


Fasilitas di Situ Cicerem Kuningan


Tempat wisata Telaga Biru Cicerem juga menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, antara lain:


  1. Area Parkir
  2. Warung Makan
  3. Toilet
  4. Gazebo
  5. Perahu
  6. Tempat Nongkrong
  7. Spot Foto Instagramable


Lokasi dan Rute Menuju Telaga Biru Cicerem


Alamat Situ Cicerem atau Telaga Biru Cicerem berlokasi di Kaduela, Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk menuju ke tempat ini dari Kuningan, dibutuhkan waktu kurang lebih 70 km atau sekitar 1 jam perjalanan. 


Secara administratif, tempat ini masuk wilayah Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dan berada di ketinggian 315 meter di atas permukaan laut, tepatnya di kaki Gunung Ceremai.


Akses jalan menuju Telaga Biru Cicerem cukup mudah dan bisa dilalui oleh motor, mobil, atau bus rombongan. Kalian dapat mengikuti rute yang dianjurkan oleh Google Maps. Setelah melewati Polsek Pesawahan, kalian akan segera sampai di tempat wisata Situ Cicerem.


Telaga Biru Cicerem adalah tempat wisata yang menawarkan kombinasi antara keindahan alam yang menakjubkan, sejarah yang menarik, dan fasilitas yang memadai. Tempat ini adalah destinasi yang sempurna untuk bersantai dan menikmati liburan bersama keluarga atau teman-teman.


Alamat Situ Cicerem/Telaga Biru Cicerem : 

Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.


Baca juga : Bobocabin Madasari, Penginapan Glamping Terbaik di Pangandaran

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar