Curug Citambur, Surga Tersembunyi di Balik Gunung Lemo Cianjur

Curug Citambur, Cianjur
Curug Citambur, Cianjur

Curug Citambur, Surga Tersembunyi di Balik Gunung Lemo Cianjur - Beberapa waktu lalu tempat wisata Curug Citambur sempat viral setelah beredar potongan video rumah panggung milik Abah Jajang dengan pemandangan Curug Citambur yang sangat indah. Video tersebut langsung membuat kawasan tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.


Keindahan Curug Citambur


Curug Citambur merupakan air terjun dengan ketinggian 130 meter yang berada di balik tebing Gunung Lemo. Terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Curug Citambur adalah sebuah air terjun yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa.


Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan yang membuatnya terlihat indah dan unik. Tingkat pertama sekaligus tertinggi, memiliki ketinggian sekitar 116 meter dengan debit air yang cukup besar, terlebih saat musim penghujan. Air yang jatuh dengan deras menciptakan uap tipis yang menambah pesona air terjun ini. Sedangkan tingkat kedua dan ketiga tingginya masing-masing 12 meter dan dua meter. 


Pemandangan yang ditawarkan Curug Citambur ini sangat indah dan memanjakan mata karena alam di sekitar air terjun masih alami. Sambil menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa bermain air di sungai yang terdapat di bagian bawah curug. Selain itu, tersedia view  dengan background air terjun dan ada juga beberapa spot foto yang disediakan pengelola. 



Curug Citambur Cianjur
Curug Citambur, Cianjur


Asal Usul Nama "Curug Citambur"


Ada dua versi kenapa curug itu bernama Curug Citambur. Versi pertama, Konon, dulu debit air Curug ini lebih besar daripada sekarang sehingga tumpahan airnya mengeluarkan suara burr..burr.. yang terdengar dari kejauhan, oleh sebab itulah Curug ini diberi nama Citambur. Seiring menyusutnya volume air, bunyi itu tak terdengar lagi. 


Versi lain, curug tersebut dulu termasuk wilayah Kerajaan Tanjung Anginan, yang rajanya bergelar Prabu Tanjung Anginan. Pusat kerajaannya berada di Pasirkuda, yang kini termasuk Desa Simpang dan Desa Karangjaya. Dugaan pusat kekuasaan di sana karena ada batu yang berbentuk kursi yang diyakini warga sebagai tempat duduk raja. Sementara itu, nama Pasirkuda karena ada sebuah batu di bukit (pasir dalam bahasa Sunda) yang berbentuk kuda. 


Pada saat itu, setiap raja hendak mandi ke curug Citambur selalu diiringi dengan tabuhan alat musik tambur yang ditabuh para pengawal. Suara berdeburnya alat musik tersebut terdengar cukup jauh sehingga warga Pasirkuda menyebutnya Curug Citambur.


Fasilitas di Curug Citambur


Untuk kenyamanan pengunjung, kawasan Curug Citambur dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk tempat parkir yang luas, penginapan, toilet, mushola, sarana outbond, dan beberapa warung yang menjual beragam makanan dan minuman. Ini memastikan bahwa pengunjung dapat menikmati pengalaman wisata yang nyaman dan lengkap.


Curug Citambur adalah destinasi wisata alam yang memukau dengan keindahan air terjunnya dan misteri sejarahnya yang menarik. Bagi para pencinta alam dan penjelajah sejarah, Curug Citambur adalah tempat yang tak boleh dilewatkan di Jawa Barat. Jadi, jika Anda mencari tempat untuk bersantai, menikmati alam, atau mengejar petualangan, Curug Citambur adalah jawabannya.


Alamat Curug Citambur:

Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.


Baca juga : Situ Cicerem, Destinasi Wisata Telaga Biru di Kabupaten Kuningan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar