JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Creativolution di Bandung

JNE Ngajak Online 2023
JNE Ngajak Online 2023 di Bandung. 


JNE Ngajak Online 2023 Goll..Aborasi Creativolution di BandungPesatnya perkembangan teknologi di era digital membuat semua kegiatan bisa dilakukan secara online dan instan. Imbasnya, para pelaku bisnis harus berlomba-lomba melakukan pemasaran produknya secara digital agar bisa dilirik oleh calon pelanggan.


Di era digital yang serba cepat ini, para pelaku bisnis UMKM pun harus gercep alias gerak cepat agar mampu bersaing dengan kompetitor. Namun, nggak semua orang bisa melakukan itu, dan masih banyak pelaku bisnis yang belum bisa menerapkan strategi penjualan di era digital. 


Buat yang masih bingung dengan strategi penjualan di era digital, kalian nggak perlu khawatir karena JNE kembali hadir menggelar program webinar JNE Ngajak Online 2023, dengan mengusung tema Goll..Aborasi Creativolution, bertempat di De’Medelline CafĂ© Bandung, pada Selasa, 16 Mei 2023.


Selain di kota Bandung, program JNE Ngajak Online 2023 juga diselenggarakan di 10 kota lainnya di antaranya: Jakarta, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Makassaar, Medan, Pontianak, Palembang, dan Denpasar.


Acara webinar yang dilangsungkan secara hybrid dan offline ini dibuka dengan penampilan spesial dari United States of Bandung Percussion (USBP). Seketika suasana dalam bangunan bekas gudang yang disulap jadi kafe ini berubah meriah dengan hentakan irama musik perkusi. Mimin dan teman-teman Blogger Bandung serentak menghentakan kaki mengikuti irama musik.


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Murah Lestari selaku Head of Regional Jawa Barat. beliau menyampaikan dukungan terhadap kemajuan bisnis yang dilakukan para pelaku UMKM dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan pemulihan perekonomian Nasional dalam adaptasi kebiasaan baru. 


"Tema yang kita angkat adalah dinamika pemasaran untuk milenial dan gen Z untuk mengembangkan produk unggulan. Program ini sudah diselenggarakan dari tahun 2017 dan berlangsung di 10 kota di seluruh Indonesia. Maksud dan tujuan dari program JNE Ngajak Online ini adalah memberikan edukasi mengenai strategi inovasi dan kolaborasi di era digital. Sasarannya adalah para pelaku UMKM agar mereka mampu meningkatkan daya saing dan potensi agar bisa naik kelas," jelas Lestari.


Webinar JNE Ngajak Online 2023

Puncak dari acara hari ini adalah webinar bersama narasumber yang mewakili para pelaku UMKM kreatif. Mereka merupakan brand artisan lokal Indonesia, yaitu: Adi Pranata (Creativepreneur & Founder SNEAKON), Decky Sastra (Entrepreneur & Content Creator), Nabila Puterina Wahyu (Digital Business Development Lead of  EIGER).


Nabila Puterina Wahyu, menyatakan 34 tahun berdiri, tak kalah beda dengan JNE yang ke-33 tahun berinovasi dan menjaga suatu bisnis. Eiger selalu mempertahankan brand identity dengan komitmen pada brand kami.


Sepanjang 34 tahun berdiri, akhirnya menemukan bahwa anak gunung juga suka traveling ringan. Fashionnya juga harus tetap dibantu dan banyak di antara mereka juga merupakan anak motor. Makanya, di tahun 2016 Eiger menciptakan dua kategori baru di samping Mountaineering, yaitu ada Eiger riding untuk anak-anak motor dan Eiger 1989 untuk lifestyle-nya.


Secara kreatif, Eiger sejak awal sudah terjun di media sosial sebagai strategi digital marketing seperti rekor 32 Jam live Streaming, Shop Entertainment (gabungan live music, talkshow, online shop, dan offline event untuk memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi para pelanggan.


Decky Sastra, berhasil membawa brand lokal miliknya untuk tembus ke pasar Internasional. Pemilik jaket ternama yaitu Rawtype Riot, mengungkapkan kisah pemasaran produk andalannya yang telah melewati banyak rintangan sejak 2017. 


Awalnya Rawtype Riot masih jualan di kost-kostan dan produknya hanya dijual di instagram. Sebagian ruang kost-nya didesain layaknya sebuah toko agar pembeli percaya dan menganggapnya sudah memiliki toko sendiri.


Decky memaksimalkan keterbatasan dengan mengandalkan handphone biasa (Nokia N-Gage) dan modelnya juga mengandalkan teman terdekat. Ketika ada orang yang mau mebeli produknya pun akhirnya diajak COD karena tempat kost yang dijadikan toko nggak masuk mobil. 


Kreatifitasnya terus diasah, untuk memberikan kesan dari produknya selalu ada cerita di balik pembuatan produk yang dijadikan acuan unique selling point Rawtype Riot. Sehingga dia bisa menerjemahkan sebuah produk kepada klien, seperti cerita grafis dan materi keseluruhan produknya.


Adi Pranata juga turut membagikan pengalaman berbisnis yang dijajak dari nol bersama sang istri. Pertama kalinya bisnis sepatu dengan desain yang kreatif. Awalnya sebenarnya suatu ketidak sengajaan. Dulunya dia sempat kerja sebagai marketing di salah satu bank. Saat itu banyak bertemu dengan nasabah yang berprofesi sebagai pengusaha sepatu dari mulai penjual hingga pemilik brand.


Dari situ dia kepikiran untuk buka usaha sepatu sendiri. Dan kemudian pada tahun 2016 mulai merintis bisnis sepatu dengan brand SNEAKON yang dibantu oleh istrinya. Butuh waktu lama dan dia baru menemukan ritme pada tahun 2018 karena membangun sutau brand itu sangat sulit. Tidak semudah yang orang lain katakan dan harus melalui beberapa proses seperti menemukan rekan produksi yang tepat, mulai digital marketing, mulai time line produksi, sampai jualan sendiri.


Bahkan dia juga sempat beberapa kali ditipu oleh rekan produksinya sampai tabungannya terkuras habis. Kemudian Adi berpikir mencari cara agar bisa maju kembali. Kemudian dia mencoba memasang iklan dengan sisa dana yang ada dan hanya berjualan free order selama hampir satu tahun. Ternyata penjualannya cukup bangus dan bisa merangkak lebih maju hingga seperti saat ini. Ini namanya proses tidak menghianati hasil. Nggak ada yang instan membangun sebuah brand.


Layanan Roket Indonesia

Roket Indonesia adalah aplikasi layanan antar barang secara online yang diluncurkan oleh JNE. Aplikasi ini memudahkan customer dalam mengirim barang di dalam kota secara instan. Layanan ini dapat diakses dengan mengunduh aplikasi Roket Indonesia di Google Play Store.


Luthfi Safitri Zein selaku Head of Roket Indonesia, menyampaikan dukungan JNE sebagai perusahaan logistik nasional dalam mendukung UMKM Indonesia agar dapat meningkatkan daya saing. Roket Indonesia sangat support pelaku bisnis dan saat ini telah bekerjasama dengan beberapa pelaku UMKM. Bahkan Roket Indonesia menyediakan potongan ongkos kirim bagi para pelaku UMKM.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar