Syaamil Quran Luncurkan Mushaf Al-Hifz untuk Mempermudah Menghafal Al-Qur'an

Model : Direktur Program Kemasjidan Syaamil Qur’an Razas Muhammad Saleh. 


Syaamil Quran Luncurkan Mushaf Al-Hifz untuk Mempermudah Menghafal Al-Qur'an - Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia.


Orang yang membaca, mendengarkan, mempelajari, dan mengamalkannya akan mendapat kemuliaan dari Allah SWT. Kemuliaan juga akan diperoleh bagi mereka yang menghafal Al-Qur’an antara lain mendapat kehormatan berupa mahkota kemuliaan di hari kiamat, mendapatkan penghargaan khusus dari Nabi, dan masih banyak kemuliaan lainnya.


Namun, seperti yang kita ketahui, menghafalkan kitab suci Al-Qur’an bisa dibilang tidak mudah, bahkan kadang untuk menghafal satu surat pun butuh waktu yang cukup lama. Sehingga hal tersebut terkadang membuat semangat kita menjadi kendor di saat ingin menghafal kitab suci umat Islam ini.


Tapi, dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, proses belajar meghafal Al-Qur'an jadi lebih mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan smartphone alias gadget yang menjadi kebutuhan sehari-hari bagi manusia saat ini.


Untuk mempermudah para penghafal Qur'an di era digital, Syaamil Qur’an sebagai perusahaan percetakan Qur’an terintegrasi menciptakan produk mushaf terbaik untuk umat Muslim, salah satunya adalah Mushaf Al-Hifz.  


Mushaf Al-Hifz
General Manager Marketing Syaamil Grup Apud Saepudin & Direktur Program Kemasjidan Syaamil Qur’an Razas Muhammad Saleh.


Fitur Unggulan Mushaf Al-Hifz

Mushaf adalah bagian naskah Al-Qur'an yang dituliskan dengan tangan. Yang pada saat ini mushaf diketik dan dicetak dengan berbagai bentuk dan ukuran. Contohnya mushaf Al-Hifz dengan tagline "Qur'an hafalan bersuara".


Mushaf Al-Hifz adalah Qur’an hafalan bersuara dengan beragam fitur tambahan yang dapat menunjang 3 gaya belajar bagi para penghafal Al-Qur'an baik itu visual, auditori, maupun kinestetik.


Orang yang bertipe visual bisa belajar optimal dengan menggunakan indra penglihatan. Untuk orang tipe auditori menggunakan indera pendengaran untuk menangkap informasi. Sementara orang tipe kinestetik perlu melakukan gerakan fisik agar bisa mengingat sesuatu.


Keunggulan lain mushaf Al-Hifz adalah terdapat fitur unggulan QR Audio Murrotal. Dengan adanya fitur ini, kita dapat mendengarkan suara murrotal ayat Al-Qur’an dengan cara scan QR Code menggunakan aplikasi QRC Syaamil Quran yang dapat diunduh di Playstore


Audio murrotal ini dapat didengarkan secara berulang, bahkan hingga empat puluh kali. Kemudian fitur suara dapat digunakan oleh para penghafal Al-Qur'an untuk membandingkan tilawahnya apakah sudah betul atau tidak, karena akan disandingkan dengan Qori internasional.


Fitur warna tanda tajwid mempermudah proses mengenali, menghafal dan menerapkan hukum tajwid dalam membaca Al-Qur’an. Ada juga fitur blok warna, yaitu pembagian ayat hafalan berdasarkan 4 blok warna yang bisa mempermudah, mempercepat, dan memperkuat proses menghafal.


Qur'an hafalan bersuara ini dilengkapi juga dengan terjemah yang resmi dan telah terstandarisasi dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Selain itu, mushaf Al-Hifz juga dilengkapi dengan QR motivasi Qurani yang diharapkan dapat menjaga semangat menghafal Al-Qur’an.


Min, Mushaf Al Hifz harganya berapa?


Biasanya Al-Qur'an dibandrol dengan harga yang lumayan mahal sehingga menjadi kendala bagi para pecinta Qur'an untuk menikmatinya. Buat kalian yang mau meminang Mushaf Al-Hifz nggak perlu khawatir karena harganya relatif terjangkau alias ramah di kantong, yaitu 79.500 rupiah. Meskipun dijual dengan harga terjangkau, Syaamil Quran tidak menurunkan kualitasnya serta tetap menggunakan kertas premium dan halal.


Wisuda Akbar Hafidz Qur'an
Wisuda Akbar Hafidz Qur'an


Wisuda Akbar Hafidz Qur'an Forum Huffazil Qur’an Jawa Barat

Selain menghadirkan Mushaf Al Hifz, salah satu upaya lain yang dilakukan oleh Syaamil Quran adalah bermitra dengan organisasi kemasyarakatan atau forum-forum keQuranan, yang dalam hal ini adalah bersinergi dengan Forum Huffazhil Qur’an Jawa Barat. Dengan adanya sinergi ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi sekaligus inisiator beragam program positif bagi para tahfidz di Indonesia. 


Forum Huffazhil Qur’an memiliki beragam program yang mendukung perkembangan para tahfidz di Indonesia, salah satunya adalah Wisuda Akbar Hafidz Qur'an. Wisuda Akbar sendiri merupakan program rutin Forum Huffazil Quran Jawa Barat dan penyelenggaraanya telah memasuki tahun keenam.


Syaamil Quran bekerja sama dengan Forum Huffazil Quran Jawa Barat menggelar Wisuda Akbar Hafidz Quran, Minggu(19/3/2023), di Masjid Al Murobbi, Jln. Terusan Prof .Dr. Ir. Sutami, kota Bandung.


Acara ini dihadiri oleh 225 orang wisudawan Hafidz Qur'an yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Para penghafal Qur’an yang hadir merupakan santri-santri yang telah berhasil melewati berbagai tahapan ujian hingga mereka dianggap memenuhi persyaratan untuk mengikuti prosesi wisuda.


Wisuda Akbar Hafidz Quran Forum Huffazil Qur’an di Bandung menjadi momen yang spesial karena dalam momen ini Mushaf Al-Hifz dari Syaamil Quran untuk pertama kalinya diperkenalkan pada khalayak publik.


Seminar Nasional Menghafal Qur’an

Selepas acara Wisuda Akbar, kemudian diselenggarakan pula Seminar Nasional Menghafal Qur’an dengan 3 gaya belajar yang menghadirkan narasumber dari beragam latar belakang, di antaranya Annisa Laksmi Dewanti,S.Psi., M.Psi., seorang Psikolog Pendidikan lulusan Universitas Padjadjaran, Koko Nata Kusuma sebagai Research & Development Manager Syaamil Group, serta Ustadz Entang Kurniawan, Ketua Yayasan Ummi Maktum Voice.


Dengan adanya seminar ini diharapkan masyarakat akan memahami bahwa Allah menciptakan manusia dengan keunikannya masing-masing, termasuk dalam memilih gaya belajar mana yang paling efektif bagi masing-masing orang.


Gaya belajar inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh para penghafal Qur’an dengan sebaik-baiknya agar proses menghafal dapat menjadi lebih efektif sehingga pada akhirnya dapat melahirkan banyaknya penghafal Qur’an yang berkualitas di Bumi Indonesia tercinta ini.


Baca juga : Cara Daftar Identitas Kependudukan Digital

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar