Kerupuk Kulit Dorokdok, Kuliner Khas Garut yang Gurih dan Renyah

Kerupuk Kulit Dorokdok

Kerupuk Kulit Dorokdok, Kuliner Khas Garut yang Gurih dan Renyah - Hallo Sobat kuliner! Apa yang terlintas dalam pikiran kalian ketika mendengar nama Kota Garut?


Selama ini Garut terkenal sebagai penghasil kuliner dodol yang memiliki cita rasa khas dan menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli saat kalian berkunjung ke Kota Intan. Dodol Garut memiki banyak variant rasa, dari mulai yang original hingga rasa buah-buahan.


Tapi, perlu kalian tahu, selain kuliner dodol yang melegenda. Ada juga oleh-oleh Garut yang nggak kalah lezat dan wajib kalian coba yaitu Dorokdok.


Dorokdok adalah olahan kuliner khas Garut sejenis kerupuk. Tapi, olahan kuliner yang satu ini nggak sama dengan kerupuk biasa karena dorokdok dibuat dari bahan kulit hewan, yaitu kulit sapi dan kerbau.


Banyak yang nanya juga, Min kerupuknya bau kulit nggak?


Awalnya, Mimin juga mengira kalau dorokdok bau kulit sapi. Tapi setelah nyicip ternyata nggak bau kulit sama sekali. Seriusan nggak bau kulit karena kerupuk kulit ini telah melalui pemrosesan yang cukup lama untuk menyulap kulit menjadi kerupuk siap makan.


Proses pembuatan kerupuk kulit dorokdok yang panjang ini bertujuan untuk menghasilkan kerupuk yang gurih dan renyah serta untuk memastikan agar pengolahannya higienis dan terjaga kebersihannya.


Kerupuk kulit dorokdok khas Garut yang rasanya gurih dan renyah ini cocok banget dijadikan sebagai camilan, teman makan baso, ataupun teman makan nasi.


Nggak hanya enak, dorokdok juga mengandung protein yang tinggi karena terbuat dari bahan hewani yang diolah tanpa menggunakan campuran bahan kimia alias alami.


Mengenai asal usul nama dorokdok. Menurut keterangan dari pengrajinnya, nama dorokdok diambil dari suara yang dihasilkan ketika kita mengunyah kuliner khas Garut ini yang bunyinya seperti dorok dok dorok dok.


Buat kalian yang kebetulan berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk mencicipi dorokdok. Kerupuk kulit yang gurih dan lezat ini mudah ditemui di pusat kota Garut karena banyak pedagang yang menjual dorokdok dengan harga yang terjangkau.


Biasanya, dorokdok dijual dalam kemasan plastik dengan ukuran beragam dari mulai plastik ukuran kecil, sedang hingga ukuran paling besar. Cus cobain sekarang juga biar kalian nggak penasaran.


Cara Membuat Kerupuk Kulit Dorokdok Khas Garut

Karena rasanya yang lezat dan gurih, banyak orang yang penasaran bagai mana cara membuat kerupuk kulit dorok khas Garut. Meskipun pengolahannya dilakukan secara klasik dan tradisional, ternyata proses membuat dorokdok membutuhkan kesabaran agar bisa menghasilkan kerupuk yang lezat dan berkualitas. Berikut ini cara membuat kerupuk kulit dorokdok khas Garut yang gurih dan lezat:


Sebelum membuat kerupuk kulit dorokdok yang gurih dan lezat, sediakan dulu bahan-bahan berikut ini:

  1. Kulit sapi 1 kg.
  2. Garam ½ ons.
  3. Secukupnya bawang putih.
  4. Gula ¼ ons.
  5. Secukupnya air kapur.

Setelah semua bahan lengkap, sekarang saatnya kita membuat kerupuk kulit dorokdok. Pertama-tama bersihkan kulit sapi, lalu masukkan ke dalam air kapur dan rendam kurang lebih 2 hari lamanya.


Setelah itu, bersihkan bulu-bulu yang masih melekat di kulit sapi dengan cara dikerok menggunakan pisau sampai bersih. Setelah bersih, kemudian bentangkan kulit sapi di bawah terik matahari dan jemur sampai kering. Kemudian potong-potong kulit sapi yang sudah dijemur kering dan sisihkan.


Ulek halus bawang putih lalu tambahkan dengan garam dan gula, sisihkan. Kemudian rebus kulit sapi yang sudah dipotong-potong tadi dan tambahkan bumbu halus ke dalamnya. Aduk hingga rata dan tunggu sampai matang. Setelah rebusan kulit sapi matang, lalu diangkat dan tiriskan, kemudian dijemur sampai kering.


Setelah kulit tersebut kering, sekarang saatnya menggoreng potongan kulit dengan menggunakan api kecil sampai mekar. Kemudian angkat dan tiriskan.


Untuk menghasilkan kerupuk yang gurih dan lezat, silakan goreng kembali potongan kulit sapi yang sudah digoreng mekar ke dalam genangan minyak panas sampai matang sempurna. Angkat dan tiriskan, kemudian kerupuk kulit dorokdok sudah siap disajikan.


Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar