Cuanki dan Batagor Serayu, Kuliner Legendaris Paling Laris di Bandung

Cuanki dan Batagor Serayu
Cuanki dan Batagor Serayu. 


Cuanki dan Batagor Serayu, Kuliner Legendaris Paling Laris di Bandung - Makanan lezat nggak selalu identik dengan makanan mahal yang disajikan di restoran mewah atau hotel berbintang. Jajanan murah meriah yang dijual di pinggir jalan pun jika racikannya pas akan menghasilkan cita rasa yang luar biasa.


Salah satu kuliner khas Bandung yang dijual di pinggir jalan, tapi rasanya lezat dan harganya murah meriah adalah cuanki dan batagor. 

Cuanki adalah olahan kuliner yang terbuat dari ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap yang disajikan dengan kuah kaldu. Dalam setiap porsi cuanki isinya terdiri dari bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus. Agar rasanya lebih lezat biasanya ditambahkan taburan bawang goreng dan daun seledri.


Biasanya pedagang cuanki menjajakan dagangannya dengan cara dipikul sambil keliling kampung dan kompleks.  Para pedagang cuanki menawarkan dagangannya dengan cara memukul kentongan kecil yang bunyinya tok tok tok.


Sedangkan batagor adalah baso tahu goreng yang biasa disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Agar lebih enak biasanya ditambahkan perasan jeruk nipis dan acar. Ada juga batagor kuah yaitu baso tahu goreng yang dihidangkan dengan kuah baso.


Seiring berjalannya waktu, pedagang baso cuanki dan batagor mulai mengubah cara dagangnya, ada yang menetap atau mangkal di suatu tempat. Ada juga yang menjual barang dagangannya secara online. Mereka membuat cuanki dan batagor instan yang dapat disajikan dadakan, kemudian dipasarkan melalui media sosial dan marketplace.                                         


Baso cuanki dan Batagor yang tadinya identik dengan makanan yang dijual keliling. Kini kuliner khas Bandung tersebut berhasil disulap menjadi makanan lezat dan higienis yang pantas dikonsumsi oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan menengah ke atas.


Cuanki Serayu Bandung

Salah satu tempat jajan cuanki dan batagor favorit Mimin yang lagi ngehits di Bandung adalah Cuanki dan batagor Serayu.


Awalnya penjual Cuanki Serayu hanya pedagang biasa yang mangkal di bawah pohon. Namun karena olahan cuankinya terkenal enak dan lezat, maka selalu ramai pembeli, kemudian pemiliknya memilih untuk membuka warung untuk berjualan.


Warungnya juga terlihat sederhana dan tempat makannya terletak di luar ruangan. Pengunjung bisa memilih tempat duduk di bangku yang berjajar beratapkan payung-payung besar.


Seperti pedagang lainnya, Cuanki Serayu Bandung disajikan dalam sebuah mangkuk yang isinya terdiri dari pangsit rebus, pangsit goreng, bakso dengan kuah bening.


Nggak cuma menawarkan cuanki, di tempat kuliner ini juga menyediakan batagor. Setiap porsi batagor terdiri dari baso tahu goreng, siomay kering, pangsit, dan bakso goreng.


Batagor serayu terkenal lezat dan renyah, bumbunya kental dan nggak terlalu manis, pas banget buat lidah orang Indonesia.


Selain menyediakan cuanki dan batagor, pengunjung juga bisa memesan aneka minuman segar dan kopi.


Buat kalian yang mau jajan Cuanki serayu harus sabar dan rela ngantre. Bahkan bisa saja nggak kebagian karena sudah habis terjual.


Alamat Cuanki dan Batagor Serayu : 

Jalan Serayu No 2, Bandung, Jawa Barat.



Baca juga Fat Oppa Express, Restoran Korea Cepat Saji di Taman Kopo Indah

1 comment:

  1. Asli bandung mah memang gak pernah kehabisan kreasi kulinernya

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar