Pentingnya Menjalin Pertemanan yang Sehat dan Positif

Petemanan yang Sehat dan Positif

Pentingnya Menjalin Pertemanan yang Sehat dan Positif - Pertemanan adalah salah satu bentuk perkembangan sosial yang bisa dialami dalam setiap tahapan perkembangan manusia. Namun, hubungan pertemanan tidak selalu menimbulkan dampak positif bagi diri kita. Memilih-milih teman dalam hal positif itu perlu kita lakukan untuk menciptakan lingkaran pertemanan yang sehat dan positif.

Memiliki lingkaran pertemanan yang positif merupakan harapan bagi setiap orang. Tapi, untuk mendapatkannya terkadang kita harus bersikap baik juga agar banyak sesuatu yang positif bisa didapatkan dalam circle pertemanan. Namun, adakalanya kita jumpai bentuk-bentuk pertemanan yang tidak sehat.


Nah, kebetulan banget kali ini Mimin akan membahas tentang bagaimana caranya menjalin pertemanan yang sehat agar dalam pertemanan itu kita terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bukan malah sebaliknya. 


Apa saja kunci pertemanan yang sehat dan positif?


1. Saling menghargai.

Pada dasarnya setiap individu adalah unik dan memiliki karakteristik serta latar belakang yang berbeda. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang teman untuk saling menghargai keunikan dan perbedaan itu. Seperti menghargai pendapatnya, keyakinan agamanya, bagaimana dia dibesarkan di dalam keluarganya, kebiasaan-kebiasaan yang dimilikinya, serta menghargai perasaannya.


Dari hal kecil inilah tiap individu akan merasa bahwa dirinya berharga dan dihargai. Karena menghargai kesamaan itu mudah, tapi bagaimana menghargai perbedaan di dalam sebuah pertemanan itu adalah kunci dari pertemanan yang sehat.


2. Saling mendukung dan saling percaya.

Sikap saling mendukung dan saling percaya dalam sebuah pertemanan sangat penting. Dalam hubungan pertemanan, ada kalanya salah satu di antara teman kita mengalami kesulitan. Sebagai seorang teman yang baik, nggak ada salahnya kalau kita mau mendengarkan masalah yang sedang dihadapinya. Itu mengartikan kita peduli terhadap masalah yang sedang dialaminya.


Saling percaya satu sama lain merupakan hal yang sangat mendasar dalam hubungan pertemanan. Persahabatan yang sehat membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi karena kepercayaan adalah aspek paling mendasar dalam pertemanan. Hubungan yang seperti ini baru dinamakan pertemanan yang sehat.


3. Batasan dalam pertemanan.

Semua hubungan pertemanan yang sehat memiliki batasan, baik batasan fisik maupun emosi. Penting banget membuat batasan-batasan yang disepakati bersama dalam sebuah pertemanan. Seperti apa dan bagaimana batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh perlu dibicarakan secara terbuka dan ditaati bersama.


Menjadi teman bukan berarti semua milikmu adalah milikku, bukan juga berarti selalu membenarkan atau membela temannya dalam segala hal. Teman yang baik boleh mengingatkan atau menegur temannya untuk kebaikan dan bukan selalu membenarkan.


4. Hidup seimbang.

Menjadi teman yang baik bukan berarti sepanjang waktu kita harus selalu berada bersamanya. Sebagai individu kita pun harus bisa berkembang menjadi pribadi yang sehat. Penting banget bagi kita untuk membagi waktu dengan baik agar bisa memberikan porsi waktu yang sesuai dan seimbang ketika bersama keluarga, organisasi, pasangan, bahkan teman. Juga jangan lupa, luangkan waktu untuk diri sendiri, karena diri kita juga butuh waktu untuk istirahat dan bersenang-senang.


UN1TY FrenZone Challenge Smartfren

UN1TY FrenZone Challenge

Nah, ketika sudah mempunyai teman yang benar-benar sesuai dengan kriteria kita, alangkah baiknya menjaga hubungan pertemanan itu. Kalau bisa usahakan pertemanan tersebut menjadi pertemanan yang positif dan sehat. Agar hubungan pertemanan kita makin asik dan tidak membosankan, yuk coba ikutan UN1TY FrenZone Challenge.


Challenge membuat video pertemanan ini merupakan program kolaborasi kreasi Smartfren dengan grup musik populer UN1TY dan salah satu acara TV populer Indonesia, “Dari Jendela SMP” yang menjadi idola generasi saat ini.


Dari Jendela SMP adalah sinema elektronik Indonesia yang merupakan hasil adaptasi dari novel karya Mira W, yang kini menjadi salah satu acara televisi paling digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Sedangkan grup musik UN1TY merupakan grup yang terbentuk dari pertemanan positif, yang kemudian sukses membuat karya dan sangat populer di kalangan anak muda tanah air.


Smartfren kemudian berkokreasi dengan UN1TY untuk membuat dan merilis original soundtrack sekaligus video musik resmi untuk sinetron “Dari Jendela SMP”. Video musik spesial ini menghadirkan bintang utama “Dari Jendela SMP”, yakni Rey Bong, pemeran tokoh Joko dan Sandrinna Michelle, pemeran tokoh Wulan.


Tema FrenZone menyajikan pesan mengenai pentingnya menjalin pertemanan yang sehat dan positif. Selain itu, diharapkan juga bisa mewakili semangat pertemanan positif anak-anak muda yang kreatif, digital, dan saling mendukung. Karena lingkungan pertemanan yang positif dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.


Cara Ikutan UN1TY FrenZone Challenge

Kalian semua bisa mengikuti UN1TY FrenZone Challenge, yang dibagi jadi Duet FrenZone Challenge & Dance FrenZone Challenge. Caranya mudah banget, kalian cukup buat video yang menunjukkan kekompakan FrenZone dengan teman-teman terdekat dan gunakan original soundtrack “Dari Jendela SMP”. Kemudian unggah video pertemanan tersebut ke Instagram Reels atau TikTok untuk ikut serta menularkan pertemanan positif di lingkungan anak muda Indonesia.


Video pertemanan terbaik yang menunjukkan semangat positif akan diumumkan melalui program WOW Talks bersama Rey Bong dan Sandrinna Michelle. Kemudian pemenang akan mendapatkan kesempatan ikut serta dalam proses pembuatan acara televisi Dari Jendela SMP.


Buruan ikutan UN1TY FrenZone Challenge sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa follow akun Instagram @smartfrenworld.


Baca juga Pentingnya Mengenal Diri Sendiri untuk Motivasi Hidup dan Masa Depan

2 comments:

  1. Jangankan anak remaja, mertua ku juga suka nonton jendela smp hihi

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar