Pentingnya Mengenal Diri Sendiri untuk Motivasi Hidup dan Masa Depan

Mengenal Diri Sendiri

Pentingnya Mengenal Diri Sendiri untuk Motivasi Hidup dan Masa Depan - Selama hidup di dunia ini banyak hal dan kejadian yang telah kita alami. Tapi, semua itu tidak otomatis membuat kita tahu bagaimana diri kita yang sebenarnya. Itu tandanya kita belum bisa mengenal diri sendiri.

Mengenal diri adalah usaha untuk memahami kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri sendiri supaya kita mampu mengendalikan segala tindakan saat berhadapan dengan orang lain atau bahkan menghadapi diri sendiri.


Kenapa sih penting banget mengenal diri sendiri? 


Mengenal diri sendiri perlu dilakukan agar kita memiliki motivasi dalam menjalani hidup dan mampu mengoptimalkan potensi yang kita miliki agar bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.


Tanpa memahami diri sendiri dan mengetahui tujuan hidup, kita akan merasa resah, gelisah, dan seperti kehilangan arah.


Sebaliknya, kalau kita sudah bisa mengenal diri sendiri, akan mudah untuk mengenal dan memahami sifat serta karakter orang lain.


Selain itu, kita juga akan lebih mudah untuk keluar dari zona nyaman karena telah paham betul batas dan kemampuan diri sendiri.


Berikut ini cara mudah mengenal diri sendiri agar kita lebih mudah dalam menjalani hidup di masa depan:


1. Nilai dalam diri

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Cari tahu apa yang kerap menjadi motivasi kita saat mencapai tujuan. Nilai diri adalah hal yang bisa membuat kita terus berjalan meski sedang lelah. Setelah mengetahui motivasi diri, otomatis kita akan memahami apa yang bernilai dalam hidup.


3. Minat 

Salah satu cara untuk mengenali diri sendiri adalah dengan mencari tahu minat terbesar kita dengan cara mencoba hal baru yang menarik. Misalnya saja kegiatan olahraga pagi, fotografi, bersepeda, dan aktivitas lainnya yang belum pernah dilakukan.


4. Kekuatan

Kekuatan diri ini bisa dijadikan sebagai pendorong untuk dapat lebih percaya diri. Karena tidak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan tertentu yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan yang disadari ini akan membuat pekerjaan atau aktivitas kita menjadi lebih maksimal.


5. Minta Pendapat Orang Lain

Apa yang ada di diri kita tidak semuanya bisa diketahui secara pribadi. Kita memerlukan bantuan orang lain untuk menilai kita. Dari pendapat mereka dapat memperjelas apa saja yang ada dalam diri kita. Tapi,  dengan meminta pendapat orang lain, kita harus siap menerima kritik dan saran mereka untuk membangun kepribadian yang lebih baik lagi.


6. Menjalani Hobi

Cobalah meluangkan waktu khusus untuk aktivitas maupun hobi. Misalnya dengan ikut kegiatan di komunitas atau kepanitian. Kalau bisa mengerjakan satu hal dengan hasil yang memuaskan, itu bisa jadi kelebihan kita. Tapi, bila merasa kesulitan dan menimbulkan masalah, bisa jadi itu adalah kekurangan kita.


7. Kelebihan dan kekurangan

Mengenali kelebihan dan kekurangan diri artinya memiliki gambaran menyeluruh tentang diri sendiri, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai kepribadiannya.


Mengetahui kelebihan berarti kita mengetahui kapasitas diri serta kekuatan personal untuk menyelesaikan persoalan atau bahkan mengatasi kondisi tersulit. Sedangkan kekurangan bukan sesuatu yang buruk tentang diri kita tetapi sesuatu dalam diri yang perlu dikembangkan atau dibangun agar lebih baik.


Pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri biasanya akan selalu ada di setiap wawancara kerja dan selalu bikin kita bingung untuk menjawabnya.


Menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri harus dilakukan dengan persiapan yang matang. Susunlah jawaban yang paling baik dengan kesadaran diri dan profesionalitas tinggi saat wawancara kerja. Kalian bisa mencari jawabannya di Google atau bisa juga kepoin website Mamikos.


Sebenarnya masih banyak lagi hal yang perlu dipahami dari diri sendiri. Mungkin tentang perasaan, apa yang bikin sedih, apa yang bikin marah, apa yang bikin bahagia dan lain sebagainya. Tapi itu mungkin akan lebih panjang lagi bahasannya. Semoga dengan mengenal diri sendiri bisa membuat kita setidaknya sedikit lebih mudah dalam menjalani hidup di masa depan.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar