Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Website

Meningkatkan Alexa Rank Website


Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Website - Alexa Traffic Rank atau Alexa Rank merupakan tool untuk mengukur peringkat jutaan situs web berdasarkan popularitas. Ranking sebuah website dihitung berdasarkan dari perkiraan pengunjung unik harian rata-rata dan jumlah pageviews selama 3 bulan terakhir.

Peringkat Alexa Global menunjukkan seberapa populer situs Anda di seluruh dunia dan Peringkat Alexa Lokal menunjukkan popularitas di negara tempat domain tersebut didaftarkan.


Semakin rendah angkanya, menunjukkan bahwa semakin banyak lalu lintas yang didapat situs tersebut. Alexa juga melihat bagaimana kinerja situs web relatif terhadap situs lain, menjadikannya sebagai perbandingan yang berguna atau untuk analisis kompetitif.


Domain dengan Alexa Rank yang lebih rendah umumnya dianggap lebih berharga daripada domain dengan Alexa Rank yang lebih tinggi. Jadi, nggak heran jika Alexa Rank jadi alat yang sangat penting bagi blogger dan pengelola web karena platform ini bisa menunjukkan potensi suatu situs.


Apakah peringkat Alexa akurat?


Meskipun peringkat Alexa bisa menjadi cara yang baik untuk membandingkan kinerja satu situs web dengan yang lain, ternayata statistik Alexa belum tentu yang paling akurat. Faktanya, banyak orang yang telah membandingkan Alexa vs Google Analytics.


Hasil dari perbandingan tersebut mereka mendapatkan kesimpulan bahwa Alexa tidak seakurat itu. Ya, mungkin karena Google Analytics memiliki cakupan yang jauh lebih luas daripada Alexa, karena tidak semua orang akan memasang toolbar Alexa untuk melacak.


Cara Meningkatkan Alexa Rank

Hingga saat ini masih banyak yang mencari tahu cara meningkatkan Alexa Ranking dalam waktu singkat. Tapi, ada juga pemilik website atau blog yang nggak peduli dengan nilai Alexa Rank tersebut karena mungkin mereka menganggap nggak mebutuhkannya.


Nah, buat kalian yang sampai saat ini masih mencari solusi cara meningkatkan Alexa Rank di website atau blog kalian, kebetulan banget dalam postingan ini Mimin akan membagikan trik meningkatkan Alexa rank yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah.


1. Publikasikan Konten Berkualitas Secara Teratur

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk meningkatkan ranking Alexa adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi yang berguna dan berharga bagi orang lain. Setiap kali kita menulis konten yang berkualitas, kita memiliki peluang untuk mendapat peringkat di Google. Dengan menerbitkan postingan panjang yang penuh dengan tips yang berguna, pengunjung akan bertambah ke situs kita dan juragan Alexa pun akan menilai lalulintas web kita.


2. Perbarui Konten di Halaman Lama

Untuk mengoptimalkan situs web yang peringkat Alexa-nya rendah, cobalah untuk memperbaharui halaman lama dengan menambahkan konten baru ke dalamnya. Mesin pencari akan menganalisis frekuensi halaman yang diperbarui saat menghitung peringkat pencarian.


Jika kita jarang atau tidak pernah memperbarui halaman tersebut, mesin pencari akan menganggap kita telah mengabaikannya. Mereka akan mengubur halaman yang ditinggalkan di bagian bawah dalam hasil mesin pencari. Jadi, dengan memperbarui halaman lama di situs web kita, mesin pencari akan memberi peringkat lebih tinggi karena website kita dianggap berisi konten segar.


3. Bagikan Konten di Media Sosial

Setiap kali membuat konten blog, Mimin selalu membagikannya ke semua akun media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest. Ya, alasan memilih membagikan konten blog ke media sosial adalah untuk meningkatkan traffic website secara gratis. 


Selain itu, media sosial tidak hanya membantu kita mengarahkan orang ke website, dengan semakin banyak kita share di media sosial, akan semakin tinggi peringkat pencariannya. Buat kalian yang bermodal bisa juga dapat mencoba menjalankan iklan Facebook untuk mendapatkan lalulintas website yang lebih banyak.


4. Buat Backlink Berkualitas.

Ini adalah faktor kecil dan sering dianggap sepele, tapi penting karena bisa mempengaruhi peringkat alexa situs web serta Posisi Peringkat Mesin Pencari (SERP). Dengan memiliki jumlah backlink yang berkualitas, akan mendapatkan SERP yang lebih tinggi dan akan secara langsung memengaruhi Peringkat Alexa Blog/situs web kita.


Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Untuk cara gratisan, kita bisa memanfatkan metode blog walking, peletakan backlink profile, sosial bokmarking, dan guestpost. Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post.


5. Instal Ekstensi Browser Alexa Rank

Menurut informasi, kita akan mendapatkan lebih banyak manfaat jika situs web kita mendapatkan lalu lintas dari browser yang menginstal toolbar Alexa. Dengan ekstensi yang terpasang terpasang di browser, Alexa akan merekam setiap kali kita mengunjungi situs tersebut.


Caranya cukup mudah, kita langsung masuk ke halaman unduh untuk ekstensi browser Alexa Traffic Rank dan menginstalnya di Google Chrome, Safari, atau Firefox. Seperti yang dinyatakan di halaman unduhan ekstensi, "saat Anda menjelajah dengan ekstensi Alexa, Anda membantu menjadikan Web tempat yang lebih baik bagi semua orang dengan berkontribusi pada informasi lalu lintas yang disediakan Alexa."


Untuk meningkatkan ranking Alexa web, kita bisa rutin mengunjungi website atau blog kita menggunakan browser yang sudah terpasang ekstensi Alexa Traffic Rank setiap satu hari sekali. Atau bisa juga menggunakan perangkat lain dengan alamat IP yang berbeda.


Setelah melakukan instalasi ekstensi Alexa Traffic Rank di browser kesayangan, Mimin melihat ada peningkatan nilai Alexa yang signifikan. Langkah ini bisa dijadikan sebagai cara alternatif untuk meningkatkan ranking Alexa website dengan cepat.


Itulah tadi tips dan trik cara cepat meningkatkan Alexa Rank website ala Mimin Kodes, semoga bermanfaat buat kalian semua.


Baca juga Cara Bersihkan File Sampah di PC dan Laptop Tanpa Aplikasi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar