Cara Bersihkan File Sampah di PC dan Laptop Tanpa Aplikasi

File Sampah di PC dan Laptop
 File Sampah di PC dan Laptop. 

Cara Bersihkan File Sampah di PC dan Laptop Tanpa Aplikasi - File cache dalam PC atau laptop adalah file sementara yang berasal dari program atau aplikasi yang Sobat tekno buka. File cache tersimpan dalam memori komputer untuk mengefisienkan kerja aplikasi.

File-file sampah tersebut berfungsi agar kita bisa mengaksesnya ketika Windows membutuhkannya. Namun, jika berkas sampah tersebut dibiarkan terus menerus akan menumpuk dan akan berakibat buruk bagi performa komputer atau laptop.


Masalah yang bisa ditimbulkan dari file sampah yang menumpuk adalah sebagai berikut:

  1. Memori penyimpanan berkurang. Drive C yang paling sering terdampak.
  2. Waktu menyalin file atau transfer rate lebih lama.
  3. Saat bermain game, ngelag.
  4. Lama saat membuka program atau aplikasi.
  5. Lama saat booting atau starting up.


Agar performa komputer tetap stabil alias nggak lemot, kita kudu rajin membersihkan file cache dengan cara menghapus semua berkas sampah secara rutin. Apakah berbahaya menghapus file cache komputer?


Jawabannya tentu saja tidak, karena file ini merupakan file-file sementara. Semakin sering kalian menggunakan komputer atau laptop, maka file yang ada dalam komputer akan semakin bertambah banyak dan memenuhi hardisk.


Dengan semakin bertambahnya file sampah, otomatis proses berjalannya sistem komputer atau laptop akan semakin lemot. Solusi agar komputer atau laptop nggak lemot salah satunya adalah dengan cara  membersihkan file cache secara berkala.


Cara Menghapus File Cache Komputer dan Laptop

Sekarang kita akan menghapus file cache yang ada di komputer sampai ke akar-akarnya agar sistem dalam komputer bisa bekerja normal dan tidak menyebabkan lelet atau lemot. 


1. Langkah pertama

Masuk ke disk C ==> pilih file explorer atau bisa dengan cara tekan Windows + e ==>  masuk di local disk C ==> pilih folder Windows ==> folder softwaredistribution.


Hapus semua file yang ada di dalam folder softwaredistribution. Jika muncul notifikasi Folder Access Denied, kemudian centang kolom bertuliskan Do this current items, lalu pilih tombol continue.


2. Langkah kedua

Pilih type here to search ==> ketik Run, lalu enter ==> ketik temp, dan pilih oke. Apabila muncul peringatan lanjut saja pilih continue. Di situ akan sangat banyak file sampah, kemudian hapus semua file tersebut.


3. Langkah ketiga

Pilih type here to search ==> ketik Run lalu enter ==> ketikkan %temp% kemudian klik OK. Maka akan terbuka setumpuk file sampah yang bisa langsung kalian bersihkan dengan cara menghapusnya.


Apabila muncul peringatan ada beberapa file yang tidak bisa dihapus, skip saja karena file tersebut masih digunakan oleh komputer.


4. Langkah keempat

Pilih lagi Run, lalu enter ==> ketik Prefech lalu pilih oke. Nah di sini bisa dilihat berkas-berkas sampahnya kemudian hapus semua.


Apabila muncul peringatan kalau folder atau file tersebut tidak bisa dihapus, skip saja karena ini mungkin masih digunakan oleh komputer .


5. Langkah kelima

Setelah membersihkan file cache yang ada di Prefech kemudian klik kanan pada local disk C ==> pilih properties ==> pilih disk clean up ==>centang semuanya ==> pilih tombol Clean Up system file.


Setelah pilih Clean Up sistem file, jika muncul lagi silakan centang lagi karena disini adalah bagian finalnya untuk membersihkan komputer, kemudian klik OK untuk delete file sampahnya.


Selamat mencoba dan semoga Sobat berhasil membersihkan file sampah di PC dan laptop tanpa harus menggunakan aplikasi.


Baca juga Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar