Staycation Aman dan Nyaman di Hotel Bintang 5 Crowne Plaza Bandung

Review Crowne Plaza Bandung
Crowne Plaza Bandung

Staycation Aman dan Nyaman di Hotel Bintang 5 Crowne Plaza Bandung - Di tengah pandemi seperti sekarang ini keinginan buat berlibur jadi terbatas. Khususnya buat warga Bandung, saat ini nggak bisa jalan-jalan ke tempat wisata karena pemerintah kembali memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Sedih banget karena banyak tempat wisata dan tempat hiburan yang nggak beroperasi. Jam operasional mall, cafe, restoran, toko modern, dan PKL juga dibatasi. Tapi apalah daya, kita sebagai masyarakat wajib mentaati aturan pemerintah agar nggak terpapar virus dengan cara diam di rumah dan menerapkan protokol kesehatan.


Dalam kondisi PPKM mikro seperti ini, berlibur dengan cara staycation di hotel menjadi pilihan favorit untuk melepas penat bersama berkeluarga. Selain nggak harus pergi jauh dari rumah, fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel juga bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.


Mimin juga sama seperti kalian semua, butuh liburan dan hiburan biar hidup ini nggak terlalu membosankan. Kemudian mencoba browsing info Promo hotel Bandung di Google, dan muncul lah hotel Crowne Plaza Bandung.


Crowne Plaza Bandung
Crowne Plaza Bandung

Crowne Plaza Bandung adalah hotel bintang 5 yang berlokasi di Jalan Lembong nomor 19, Bandung. Hotel mewah ini merupakan salah satu properti IHG (InterContinental Hotel Groups) yang ada di Kota Kembang. Lokasinya sangat strategis karena terletak di pusat Kota Bandung, berada dekat dengan Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, dan Alun - alun Bandung.

Menurut informasi, Hotel bintang 5 di Bandung ini terdiri dari 23 lantai dan memiliki 270 kamar. Ada 9 tipe kamar yang bisa kita pesan sesuai kebutuhan, di antaranya : Deluxe, 1 king bed CP Club, 2 single bed CP Club, 1 king bed Premier Club, 1 king bed Junior Suite, 1 king bed Executive Suite, 1 king bed Grand Suite, 1 king bed Family Suite, dan 1 king bed Pajajaran Suite.


Hotel Crowne Plaza Bandung menawarkan pilihan fasilitas umum yang beragam, di antaranya: gym, restoran, sky lounge, poolside bar, kolam renang, kids corner, spa, meeting room, dan ballroom.


Staycation di Crowne Plaza Bandung

Setelah dapat informasi lengkap tentang Crowne Plaza Bandung, keesokan harinya Mimin langsung ajak keluarga staycation. Sengaja berangkat ke hotel naik taksi online agar bisa bawa barang banyak, karena kalau naik motor lumayan rempong dengan barang bawaan yang bejibun.


Setibanya di lokasi dan melewati pengecekkan protokol kesehatan, langsung menuju meja resepsionis buat cek in. Senang banget dilayani dengan ramah dan santun. Proses cek in-nya juga nggak ribet dan tak bertele-tele.


Sebelum mendapat kamar, Mimin diminta nunggu sebentar karena kamar harus dibersihkan sesuai protokol kesehatan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama tamu berada di hotel. Protokol kesehatan juga diterapkan di setiap kamar dan seluruh fasilitas hotel seperti restoran, tempat fitness, kolam renang maupun public area lainnya.


Penerapan prokes di Crowne Plaza Bandung sangat ketat, dari mulai pengecekan suhu kepada tamu dan pegawai saat akan memasuki hotel, penyemprotan disinfekten secara berkala di seluruh fasilitas hotel dan kamar, pengelolaan sanitasi pangan, hingga menyediakan hand sanitizer di berbagai sudut hotel.


Jaminan standard CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment) yang dikeluarkan oleh Kemenparekraf dan IHG Clean promise menjadi prioritas utama Crowne Plaza Bandung agar setiap tamu yang datang nggak khawatir selama berada di Crowne Plaza Bandung.



Crowne Plaza Bandung
Connexions Lobby Lounge

Sambil nunggu kamar disiapkan, mimin eksplor area lobi hotel. Di sebelah kiri terdapat Connexions Lobby Lounge yang terlihat elegan dengan desain kontemporer. Area lobi hotel mewah di Bandung ini sangat nyaman dan bikin betah.


Crowne Plaza Bandung
Connexions Lobby Lounge

Di sisi paling pojok terdapat area kursi dengan langit-langit setinggi dua lantai yang dihiasi dengan ornamen lampu cristal. Meja dan kursi yang tersedia pun cukup banyak. Area ini cocok banget buat nogkrong santai bareng teman atau keluarga sambil menikmati minuman yang bisa dipesan di bar.


Crowne Plaza Bandung
Tangga Crowne Plaza Bandung


Bagian pojok belakang dan agak tersembunyi ada tangga berbentuk melengkung yang menjadi salah satu ikon hotel Crowne Plaza Bandung. Dinding dan langit-langit kaca yang tinggi memberikan efek terang karena cahaya dari luar menyinari area tangga. Ornamen burung-burung kristal yang digantung di langit-langit kaca membuat area tangga semakin indah dan instagramable.


Saat sedang asik foto-foto di tangga, tiba-tiba Mbak resepsionis datang menghampiri dan ngasih tahu kalau kamar sudah siap. Si Mbak juga menawarkan untuk mengantar semua barang bawaan ke kamar. Yes,  barang bawaan seabreg ada yang nganterin ke kamar. Sudahi dulu sesi fofotoan di area tangga hotel, kemudian naik lift menuju kamar.


Kamar King Junior Suite

Saat masuk ke kamar, mata langsung tertuju ke depan dan terlihat sofa empuk di depan mata serta di atas meja sudah tersedia buah-buahan segar dan cokelat. Buahnya nggak dimakan dulu, lumayan buat konten foto.


Crowne Plaza Bandung
1 King Bed Junior Suite

Mimin dapat kamar tipe 1 king suite junior di lantai 11 dengan view menghadap utara. Pemandangannya cukup bagus karena bisa melihat kolam renang dan pegunungan. Sayangnya view pegunungan terhalang oleh bangunan Tera Residence. Tapi nggak jadi masalah, yang penting kamar hotel aman dan nyaman buat staycation bareng keluarga tercinta.

Crowne Plaza Bandung
Coffee Maker

Kamar seluas 60 meter persegi ini desain interiornya terlihat elegan dan kekinian. Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, mulai dari televisi 40 inci, alarm & bluetooth speaker, WiFi, AC, tea/coffee maker, espresso maker, kulkas mini, meja kerja, dan sofa.

Di kamar tipe Junior Suite ini terdapat ruangan khusus untuk menyimpan pakaian dan barang bawaan lainnya. Dalam ruangan bergaya klasik ini tersimpan setrika, papan setrika, handuk kimono, sandal hotel, lampu senter/lampu emergency, hair dryer, dan brankas digital. Tempat menyimpan pakaian dan barang ini lumayan besar dan tersedia tempat duduk, cermin serta memiliki dua pintu geser bergaya klasik.


Kamar Mandi Junior Suite

Kamar mandi unit Junior  Suite di Crowne Plaza Bandung ukurannya cukup luas dengan interiornya didominasi marmer memberikan kesan mewah dan elegan. Di depan wastafel terdapat cermin berukuran besar dengan pencahayaan dari lampu yang ada di sisi kanan dan kiri.


Perlengkapan kamar mandinya juga cukup komplit, ada timbangan, hair dryer, kaca rias, dan produk-produk kebersihan lainnya. 


Crowne Plaza Bandung
Bathub Junior Suite

Yang bikin betah di kamar mandi adalah dengan adanya bathtub buat berendam air hangat. Uniknya lagi, di samping bathub terdapat kaca berukuran besar dan tembus ke kamar. Enak banget bisa berendam sambil nonton TV atau bisa juga melihat pemandangan di luar.

Crowne Plaza Bandung
Kamar Mandi Junior Suite

Begitu juga dari tempat tidur, kita bisa melihat apa yang ada di dalam kamar mandi. Hmmm…, Mimin jadi berimajinasi, indah banget kalau sambil tiduran di kasur bisa melihat putri duyung yang sedang berendam.

Buat kalian yang nggak mau kelihatan saat sedang di kamar mandi, nggak perlu panik karena ada tirainya yang bisa ditutup. Kalian tinggal pilih tirai atau hadiah yang ada di dalam box? Eh.., itu mah kuis.


Crowne Plaza Bandung
Shower Area Junior Suite

Di sisi lain, terdapat tempat mandi yang ditutup dengan kaca pembatas dan dilengkapi dengan rain shower dan shower tangan. Untuk perlengkapan mandinya disediakan shower gel, kondisioner, dan sampo. Di sudut lainnya ada kloset dan di sampingnya disediakan pula telepon untuk kebutuhan darurat.

Kamar tipe king junior suite ini sangat nyaman dan bikin betah. Kasur berukuran besar yang empuk bikin tidur jadi lebih lelap dan berkualitas. Tapi sayangnya nggak mimpi ketemu putri duyung yang sedang berendam.


Sejak masuk kamar langsung mager dan nggak mau kemana-mana lagi dan memang sengaja pengen ngerasain staycation sepuasnya di dalam kamar.


Crowne Plaza Bandung
Sofa Empuk di Junior Suite

Selain kasurnya yang empuk, ternyata sofa-nya juga empuk dan nyaman buat duduk santai sambil minum kopi atau teh manis dan makan camilan.

 

Crowne Plaza Bandung
Meja Kerja

Meja kerjanya juga cukup mendukung buat ngerjain tugas online yang udah lama numpuk karena terlalu banyak menunda kerjaan.

Menginap satu malam di kamar junior suite hotel Crowne Palaza Bandung terasa sangat cepat berlalu. Padahal masih ingin melanjutkan mimpi indah di atas kasur empuk yang nyaman. Dengan harapan bisa mimpi indah.


Sarapan Pagi di Mosaic Restaurant

Suasana pagi yang dingin ditemani rintik hujan bikin tambah mager. Setelah selesai mandi pagi, perut udah nagih minta diisi. Nggak mau nunggu lama, kasihan cacing dalam perut sudah meronta-ronta, langsung turun ke Mosaic Restaurant.


Mosaic All Day Dining Restaurant adalah restoran utama Crowne Plaza Bandung yang ada di lantai dasar, tepat di belakang lobi hotel. Ruangan restonya lumayan luas dan terdiri dari beberapa ruangan dengan kursi dan meja yang ditata rapi. 


Crowne Plaza Bandung
Breakfast Mosaic Restaurant

Di resto inilah Mimin dan keluarga sarapan pagi dengan berbagai pilihan menu makanan dari mulai nasi dan lauk-pauknya, sushi, roti, salad, buah-buahan, aneka minuman, hingga aneka jajanan pasar. Hidangan sarapan yang lezat di Mosaic Restaurant bisa kita nikmati sepuasnya, siapkan saja perutnya mampu menampung makanan seberapa banyak.

Crowne Plaza Bandung
Poolside Crowne Plaza Bandung

Mountain View Crowne Plaza Bandung

Setelah puas menikmati semua menu sarapan yang ada di Mosaic Restaurant, kita langsung naik ke lantai 5 sekadar untuk foto-foto di kolam renang dengan pemandangan kota Bandung dan pegunungan.


Crowne Plaza Bandung
Kolam Renang Crowne Plaza Bandung

Kolam renang berbentuk persegi panjang ini bisa digunakan oleh anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak bisa berenang di sekeliling pinggir kolam yang dangkal. Khusus untuk dewasa ada di bagian tengah dengan kedalaman hingga 1,2 meter.

Crowne Plaza Bandung
Kolam Khusus Anak

Ada juga kolam kecil berbentuk lingkaran khusus untuk anak-anak. Di sini kolamnya dangkal dan anak kecil akan lebih aman karena nggak berbaur dengan orang dewasa.

Di dekat kolam renang ada bar dan restoran dengan kursi-kursi berbentuk unik. Cocok banget buat nongkrong atau sekadar foto-foto. Tapi sayangnya bar dan restonya masih tutup, mungkin karena saat itu masih pagi.


Crowne Plaza Bandung
kids playground

Di samping restoran ada tempat bermain anak dalam ruangan kaca, di dalamnya ada tempat untuk perosotan dan wahana bermain lainnya. Cocok banget buat yang bawa anak kecil, dijamin anteng deh main di area kids playground. Tapi sayangnya selama pandemi wahana ini ditutup untuk sementara.

Crowne Plaza Bandung
Gym Centre

Dari area tempat bermain anak, Mimin melipir ke tempat gym. Di ruangan ini ada peralatan olahraga yang bisa kita gunakan. Uniknya di sini kita bisa nge-gym sambil menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Enggak terasa waktu beranjak siang, kita harus kembali ke kamar untuk berkemas dan mandi, kemudian cek out meninggalkan kamar junior suite yang nyaman dan bikin betah. Terasa berat langkah kaki ini untuk meninggalkan semua kenyamanan dan kenangan yang ada di Crowne Plaza Bandung.


Terimakasih untuk semua staf hotel yang ramah dan sigap melayani Mimin dan keluarga. Semoga suatu saat nanti bisa bermalam lagi di Crowne Plaza Bandung.


Baca juga Staycation Mewah di The Trans Luxury Hotel

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar