Cara Merawat Mobil Agar Awet dan Selalu Prima

Otoklix
Cara Merawat Mobil

Cara Merawat Mobil Agar Awet dan Selalu Prima - Memiliki kendaraan sendiri khususnya mobil tentunya menjadi dambaan setiap orang. Apa lagi di era modern seperti sekarang ini, mobil sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Banyak orang memilih menggunakan mobil karena memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih baik.

Saat ini memang sudah banyak orang yang memiliki mobil pribadi, namun nggak semuanya mengerti bagaimana cara merawatnya. Padahal mobil juga sama seperti manusia, butuh perawatan khusus agar awet dan selalu prima.

Untuk memastikan mobil tetap prima dan nyaman dikendarai, kalian wajib melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi.

Cara Merawat Mobil Untuk Pemula

Sebenarnya untuk perawatan ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun jika kalian kurang memahami seluk-beluk mobil dan cara perawatannya, setidaknya memahami dulu teknik dasar merawat mobil. Berikut ini teknik dasar merawat mobil yang bisa kalian lakukan sendiri  di rumah:

1. Cuci Mobil
Menjaga kebersihan mobil adalah sebagian dari perawatan yang wajib kita lakukan. Kotoran yang hinggap terlalu lama di mobil secara perlahan akan membuat cat mobil jadi kusam secara permanen. Pasir dan lumpur yang terlalu lama menempel di bagian kolong mobil bisa menjadi pemicu timbulnya karat.

2. Cek Oli Mesin Secara Berkala
Oli mesin wajib diganti setiap 5.000-10.000 km agar mesin mobil nggak mudah rusak dan tetap bekerja optimal. Untuk mengetahui kondisi oli mobil apakah sudah saatnya diganti atau belum, kalian bisa meneteskan sedikit oli di tangan. Kemudian rasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika terasa ada serpihan atau kotoran di dalam oli, maka sudah saatnya mengganti oli mobil.

3. Isi Air Radiator
Radiator merupakan salah satu komponen pendingin yang memiliki peran sangat penting untuk melancarkan kerja mesin.

Air radiator harus dicek secara berkala agar tidak sampai kurang dan kehabisan. Karena air radiator yang kurang dapat mengakibatkan suhu mobil meningkat. 

Jadi, mulai hari ini kalian kudu rajin ngecek air radiator secara berkala.

4. Perawatan Aki Mobil
Fungsi utama dari aki mobil adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen lainnya. Karena penggunaan aki dilakukan secara terus menerus, maka kita wajib memahami tindakan apa yang bisa dilakukan untuk merawat aki mobil.

Cara paling mudah untuk merawat aki mobil yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah adalah:
  • Periksa atau bersihkan kutub-kutub aki dari karat yang menumpuk akibat terjadinya reaksi kimia.
  • Pastikan air aki berada di level yang seharusnya, tidak kurang atau lebih. Jika kurang, maka cukup tambahkan air aki sampai level yang ditentukan.
  • Pastikan tegangan aki adalah 12 volt. Cara mengukur tegangan aki cukup mudah, yaitu menggunakan voltmeter.

5. Cek Kondisi Ban
Bagian lain yang membutuhkan perawatan adalah ban. Cara paling mudah merawat ban yaitu memeriksa tekanan angin ban minimal dua minggu atau satu bulan sekali. Tekanan angin ban bisa disesuaikan dengan berat muatan atau sesuai yang direkomendasi pabrikan.

6. Cek Kondisi Lampu
Lampu mobil juga memerlukan perawatan karena lampu merupakan komponen yang bisa saja tidak berfungsi atau mati secara mendadak. Agar lampu awet dan nggak gampang mati, sebaiknya gunakan lampu yang berkualitas dan hemat energi. Untuk merawat lampu juga bisa kalian cek urutan kabel. Tapi itu mungkin terlalu rumit buat yang nggak terbiasa dengan kelistrikan.

7. Cek Kondisi Wiper
Wiper juga jadi salah satu komponen yang memerlukan perawatan karena wiper khususnya di bagian karet perlu dilakukan pergantian minimal enam bulan sekali. Karet wiper kerap kali mengalami getas atau elastisitasnya berkurang dan menyebabkan sapuan air yang menerpa kaca mobil kurang maksimal. 

Selain mengganti karet wiper, kalian juga harus memeriksa air washer yang berfungsi untuk menghasilkan semprotan ke kaca mobil sekaligus melindungi kaca dari goresan wiper.

Itulah tadi cara merawat mobil agar awet dan selalu dalam kondisi prima yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Cara Merawat Mobil Agar Awet
Cara Merawat Mobil Agar Awet


Lebih Praktis Perawatan Mobil di Bengkel

Nggak semua orang bisa dan mau melakukan perawat mobil sendiri karena beberapa alasan, di antaranya:
1. Nggak ngerti mesin dan nggak ada waktu alias sibuk.
2. Nggak mau ribet dan lebih memilih mempercayakan perawatan mobil ke bengkel resmi.
3. Malas ke bengkel karena nggak mau antre.

Perawatan mobil di bengkel resmi maupun bengkel umum memang lebih praktis dan mobil kita akan ditangani langsung oleh tenaga ahli. Begitu juga jika ada komponen yang rusak bisa langsung diganti dengan yang baru.

Memilih perawatan mobil di bengkel memang lebih praktis karena bisa mengandalkan para teknisi. Tapi, risikonya adalah kita harus rela antre menunggu pasien lain yang sedang servis. Apa lagi kalau pasiennya banyak, bisa ngantre seharian.

Malas antre di bengkel?

Itu sih jadul banget. Biarpun negara kita menerapkan budaya antre, kalau ada cara menghindari antrean kenapa nggak kita pilih. Buat kalian yang ogah antre di bengkel mobil, bisa cobain layanan booking servis online.

Di zaman digital seperti sekarang ini banyak bengkel mobil yang menawarkan layanan booking servis yang bisa kita pesan secara online menggunakan smartphone. Salah satu layanan booking servis yang pernah Mimin coba adalah Otoklix.

Aplikasi Otoklix
Aplikasi Otoklix

Servis dan Perawatan Mobil di Otoklix

Berawal dari kegalauan karena harus ngantre lama di bengkel mobil, kemudian Mimin mendapat bocoran dari teman dekat bahwa sekarang udah nggak zaman ngantre di bengkel buat servis mobil. Kata teman, kalau nggak mau ribet antre di bengkel pakai saja Otoklix.

Otoklix adalah platform yang fokus pada automotive aftermarket domain yang menawarkan solusi layanan perawatan dan perbaikan mobil dengan harga yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan bengkel resmi atau bengkel umum.

Loh kok bisa murah? Karena Otoklix menggunakan suku cadang original non-OEM alias aftermarket yang dibuat oleh perusahaan lain dengan izin dan acuan standar dari manufaktur aslinya. 

Layanan servis Otoklix ini lumayan lengkap meliputi servis berkala, ganti oli, ban, rem, hingga cuci, dan detailing. Bahkan bisa juga buat perbaikan ringan hingga berat, dari mesin, AC, hingga body repair.

Selain layanan servis-nya lengkap, Otoklix juga menawarkan harga yang lebih hemat. Jangan lupa booking service terlebih dahulu menggunakan aplikasi Otoklix agar bisa mendapatkan harga yang lebih hemat hingga 30 persen dari harga servis di bengkel resmi dan bengkel umum.

Jangan takut kemahalan karena dalam aplikasi Otoklix ini sudah dilengkapi dengan informasi detail terkait biaya yang akan dikeluarkan seperti biaya servis berkala, perkiraan harga suku cadang, ban, hingga merek dan jenis oli. 

Sekarang kalian bisa tahu biaya yang dibutuhkan untuk perawatan mobil kesayangan sebelum datang ke bengkel, karena harga perawatan dan harga suku cadang sudah tertera di aplikasi tersebut. Kini anggaran perawatan mobil jadi lebih hemat karena kita bisa menyesuaikan dengan keuangan yang ada.

Keuntungan berikutnya, mobil kesayangan kita akan ditangani dengan baik oleh mekanik andal yang berpengalaman sehingga semua masalah akan diselesaikan secara profesional. Para mekanik andal ini akan menganalisa penyebab kerusakan kemudian melakukan perbaikan kerusakan yang terjadi di mobil kita.

Ada garansi ga?

Ada dong, servis mobil berkala dan penggantian suku cadang di Otoklix bergaransi hingga 1 bulan atau 1000 km.

Sayangi dan rawat mobilmu mulai saat ini. Lakukan perawatan secara berkala agar mobil kesayangan kalian awet dan selalu prima. Semoga bermanfaat!

Disclaimer!
Mimin tidak memiliki hubungan afiliasi atau kerjasama apapun dengan pihak Otoklix dalam artikel ini.

 

Baca juga Kenapa Motor MotoGP Tak Memiliki Elektrik Starter?

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar