Rumah Makan Mang Kabayan, Tempat Kuliner Khas Sunda dan Hidangan Laut di Bandung

Rumah Makan Mang Kabayan
Rumah Makan Mang Kabayan


Rumah Makan Mang Kabayan, Tempat Kuliner Khas Sunda dan Hidangan Laut di Bandung - Kabayan adalah tokoh dalam dongeng Sunda warisan turun temurun sejak abad ke-19 sampai sekarang. Perilakunya sungguh menggemaskan, lucu, polos, cerdas, namun sedikit malas. Dongeng Si Kabayan sangat istimewa karena isi cerita sangat dalam kalau ditafsirkan secara budaya.


Tokoh Si Kabayan yang melegenda dan memiliki banyak filosofi ini memberikan insipirasi bagi Robby Yantolamuel untuk mendirikan rumah makan khas Sunda yang diberi nama Mang Kabayan.


Restoran spesialis makanan Sunda dan hidangan Laut yang terkenal di tatar Pasundan ini didirikan sebagai salah satu bentuk partisipasinya dalam melestarikan dan mengenalkan makanan khas Sunda kepada masyarakat luas.


Pemilihan nama Mang Kabayan nggak sembarangan karena mengandung tujuan untuk memperkuat ciri khas Sunda pada restoran ini. Tidak hanya namanya yang menonjolkan khas Sunda, seluruh fasilitasnya pun sengaja didesain bertemakan budaya Sunda. Sehingga konsumen datang ke restoran ini bisa merasakan nuansa Sunda yang kental seperti yang diceritakan dalam dongeng Si Kabayan.


Menu Makanan Rumah Makan Mang Kabayan Cabang Bandung

Rumah makan Mang Kabayan menyajikan aneka makanan khas Sunda yang yang sangat menarik untuk dijajal satu persatu. Menu andalan restoran yang berlokasi di Jln. Soekarno-Hatta no. 487 B ini adalah paket nasi liwet, nasi tutug oncom, nasi goreng, dan nasi timbel. Juga ada sajian ikan gurame asap, sop buntut, hingga anea pepes (ikan mas, jamur, tahu). Untuk olahan sayuran ada karedok, gado-gado, ulukutek leunca, tumis kangkung, hingga sayur asam.


Selain menawarkan menu satuan, Rumah makan Mang Kabayan Bandung juga menyediakan menu paket 10 dan 20 orang, prasmanan, nasi box, tumpeng, dan paket wedding. Sobat kuliner bisa pilih menu paket yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.


RM khas Sunda yang nyentrik ini menyediakan aneka minuman es spesial Mang Kabayan, es dawegan (kelapa muda), es cincau, es lemon tea, kopi susu, bandrek, bajigur, hingga aneka jus. 


Ruang makannya ditata sedemikian rupa dengan mempertahankan desain Sunda klasik. Alunan musik khas Sunda yang merdu terdengar di setiap sudut ruangan menemani tamu yang sedang bersantap ria. 


Suasananya nyaman banget seperti sedang berada di tengah alam Priangan. Bangunan restoran di dominasi oleh bambu dan kayu, ada beberapa ruangan di dalam RM Mang Kabayan dan cukup luas untuk menampung orang dalam jumlah banyak.

Harga menu Mang Kabayan Bandung relatif terjangkau, alias nggak bikin kantong jebol. Fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap sehingga pengunjung akan merasa nyaman dan betah selama berada di dalam rumah makan. 


Fasilitas Rumah Makan Mang Kabayan Cabang Bandung

Restoran khas Sunda Mang Kabayan Cabang Bandung memiliki fasilitas lengkap untuk memanjakan konsumennya, seperti area parkir yang luas,  WiFi, toilet, tempat main anak, spot foto unik, hingga mushola.


Area tempat makannya pun terdiri dari beberapa ruangan yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, dari mulai ruangan biasa,  ruangan AC, sampai saung-saung lesehan. 


Jika Sobat hanya ingin makan atau nggak mau berlama-lama bisa memilih area yang ada meja-mejanya. Tapi, kalau mau santai berlama-lama, ngadem bareng teman-teman atau keluarga, Sobat bisa memilih area saung/gazebo.


Lokasi RM Mang Kabayan mudah dijangkau dari berbagai arah karena berada di jalur utama Kota Bandung. Lebih tepatnya di Jln. Soekarno-Hatta no. 487 B, dekat dengan perempatan/stopan Cijagra - Bank Mandiri Batununggal. 


Alamat Rumah Makan Mang Kabayan Cabang Bandung:

Jln. Soekarno Hatta No.487 B,  Cijagra, Lengkong, Kota Bandung

Telp : (022) 7351 7374


Baca juga Sei Sapi Bubulae, Olahan Daging Asap Paling Lezat di Bandung

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar