Sei Sapi Bubulae, Olahan Daging Asap Paling Lezat di Bandung

Sei Sapi Bubulae
Sei Sapi Bubulae. 

Sei Sapi Bubulae, Olahan Daging Asap Paling Lezat di Bandung. Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kulinernya, dan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah Sei makanan khas Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sei berasal dari bahasa Rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Awalnya, bahan olahan sei ini dibuat dari daging babi, tapi kini berkembang menggunakan daging sapi, daging ayam bahkan daging ikan.

Daging sei diolah dengan teknik pengasapan lalu diberi garam dan taburan rempah-rempah. Daging dimasak menggunakan kayu bakar yang diberi jarak sehingga bukan lidah api tetapi asap panas yang membuat daging matang. Kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk membuat daging matang dengan sempurna.


Sei yang diolah dengan cara diasap memiliki aroma dan rasa yang khas, serta bisa memperpanjang daya tahan daging/awet. Pada proses pengasapan daging sei akan menyusut dan menghilangkan kandungan lemaknya. Maka dari itu daging sei akan memiliki tekstur yang padat. Apabila baru diasap, daging ini bisa disantap langsung dengan  cara diiris tipis.


Pada umumnya, olahan sei dihidangkan dengan sambal luat khas NTT yang pedas dan sedikit asam. Sambal luat terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, tomat, terasi, gula, dan garam.  Selain itu, daging sei biasanya disandingkan dengan rebusan daun singkong dan kuah kaldu.


Sei Sapi Bubulae di Bandung

Rasa dan aroma olahan sei yang khas membuat kuliner daging asap ini banyak digemari oleh para pecinta kuliner nusantara. Tapi nggak usah panik, buat Sobat kuliner yang nggak bisa datang langsung ke NTT, sekarang restoran yang menyediakan olahan sei khas Kupang sudah hadir di kota Bandung.


Kalian nggak perlu pergi ke Kupang kalau hanya ingin menikmati olahan daging sei karena Sei Sapi Bubulae telah hadir di tiga lokasi di kota Bandung yaitu di Setrasari Plaza, Jalan Dalem Kaum dan Jalan Mekar Utama. 


Sei Sapi Bubulae menyediakan varian daging di antaranya daging sapi, lidah sapi, dan daging ayam. Olahan daging sei ini tersedia dalam ukuran jumbo, reguler, dan paket frozen food. Semua dagingnya empuk, gurih, dan aroma sangat khas.


Nah, buat melengkapi hidangan daging asap khas Kupang ini tersedia 5 macam sambal yang bisa Sobat pilih sesuai selera yaitu sambal luaat, matah, goang, rica-rica, dan sambal ijo. 


Khusus untuk menu sei sapi sambal luat, sambalnya terpisah. Sedangkan menu yang lainnya sambalnya dicampurkan dan ditumis langsung dengan daging sei.


Menu sei sapi yang lezat dan harum disajikan dengan sambal, daun singkong, kuah kari, dan nasi putih atau mie yamin. Jadi, Sobat kuliner yang lagi ngurangin makan nasi putih bisa menggantinya dengan mie sebagai pelengkap menikmati sajian daging sei.


Mie yamin yang ukurannya kecil-kecil ini teksturnya lembut dan nggak lengket, cocok banget ketika dicampurkan dengan sambal dan daging sei. 


Santap hidangan sei sapi makin sempurna ditemani lalapan daun singkong khas Sei Sapi Bubulae. Lalapan daun singkongnya sangat lezat karena dikasih bumbu dan rempah. Dijamin lupa kenyang deh, nambah terus dan nggak mau berhenti ngunyah.


Masih kurang afdol nih kalau setelah makan sei sapi nggak minum yang segar-segar. Sebagai penutup, kalian bisa memesan minuman dingin seperti es markisa, es jeruk dan es teh manis. Mantap, kulineran pun terasa sangat sempurna. 


Sei Sapi Bubulae bisa dipesan menggunakan Grabfood dan GoFood.


Gerai Sei Sapi Bubulae di Bandung :

  1. Setrasari Plaza Blok A2, Jalan Surya Sumantri Bandung.
  2. Mekarwangi, Jalan Mekar Utama 111H Bandung.
  3. Alun-Alun Bandung, Jalan Dalem Kaum No 12 A.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar