Luka Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

Luka Tak Kunjung Sembuh?
Luka Tak Kunjung Sembuh? 
Luka Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya - Penderita luka perlu merasa khawatir saat luka yang dimiliki tak kunjung sembuh. Sebab, luka akan memberikan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Hingga akhirnya membuat aktivitas jadi terhambat.

Luka lama sembuh terjadi karena proses penyembuhan luka terhambat. Beberapa hal yang menjadi faktor lamanya penyembuhan luka, mulai dari riwayat penyakit yang diderita seperti diabetes, hingga penerapan pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya asupan makanan bernutrisi dan kebiasaan merokok.

Untuk mengobati luka lama sembuh dan berair agar cepat kering sebaiknya periksakan diri ke dokter dan turuti yang dianjurkan oleh dokter. Tapi, bagaimana jika luka sembuh lebih lama tidak sesuai prediksi? Berikut ini beberapa alasannya.

Kurang Nutrisi
Luka dalam tubuh kita bisa sembuh dengan sendirinya menggunakan sistem imun dalam tubuh. Hanya saja, sistem imun dalam tubuh kita tidak bisa bekerja begitu saja tanpa adanya dorongan. Untuk memperkuat sistem imun tubuh kita, dibutuhkan nutrisi yang cukup melalui konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting.

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka adalah vitamin C. Nutrisi ini sangat berguna untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu sistem imun dalam menyembuhkan luka. 

Selain itu, ada pula beberapa nutrisi lainnya yang tidak kalah penting seperti vitamin A, protein dan seng. Saat kita kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut, sistem imun tidak akan bekerja lebih kuat dan hal inilah yang membuat proses penyembuhan luka berjalan lebih lama.

Usia
Setiap orang akan mengalami proses penyembuhan luka dalam periode yang berbeda-beda. Hanya saja, faktor umur atau usia biasanya menjadi penentu seberapa cepat luka bisa sembuh. Hal ini biasanya terjadi pada orang lanjut usia yang merasakan luka lebih lama sembuh dibandingkan dengan orang yang usianya lebih muda.

Sistem antibodi orang lanjut usia dan anak muda yang berbeda jadi alasan mengapa penyembuhan luka pada orang dewasa berjalan lebih lama. Orang lanjut usia juga rentan mengalami diabetes dan hal ini akan membuat penyembuhan luka berjalan lebih lama. Risiko infeksi juga lebih tinggi pada orang lanjut usia sehingga mengharuskan mereka untuk merawat luka yang dimilikinya secara intensif.

Disamping mengetahui penyebab luka lebih lama sembuh, pastikan juga Anda mengetahui cara merawat luka yang tepat untuk dilakukan. Caranya, bisa mulai membaca info kesehatan terbaru dari sumber yang valid dan  bisa dipercaya seperti guesehat.com.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar