10 September 2019

Ketahui Proses Alat Bantu Dengar untuk Mengatasi Gangguan Pendengaran

Mengatasi Gangguan Pendengaran
Mengatasi Gangguan Pendengaran. 
Beberapa orang menghadapi persoalan berupa masalah dalam kemampuan pendengaran. Untuk dapat memastikan apakah benar-benar mengalami masalah dalam pendengaran, kalian bisa mencoba menggunakan alat bantu dengar dan merasakan apakah ada perbedaan signifan ketika menggunakan alat bantu atau tidak.

Alat bantu dengar merupakan alat bantu yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pendengaran. Apakah kalian tahu bagaimana cara kerja alat bantu dengar sehingga dapat meningkatkan kemampuan pendengaran? Berikut ulasannya.

Pahami Bagaimana Alat Bantu Dengar Bekerja
Alat bantu dengar sebenarnya disusun dari tiga buah bagian yaitu speaker, amplifier dan mikrofon. Apakah fungsi masing-masing alat ini? Pertama-tama, alat bantu dengar terluar berupa mikrofon akan menangkap suara dari lingkungan. Selanjutnya mikrofon ini bertugas untuk mengubah gelombang suara yang diterima menjadi sinyal listrik.

Setelah sinyal suara diubah menjadi sinyal listrik, selanjutnya adalah tugas amplifier untuk menguatkan sinyal yang diterima. Setelah sinyal semakin menguat, maka sinyal akan dikirim ke telinga melalui speaker. Oleh karena setiap orang memiliki ambang batas pendengaran yang berbeda, maka sebelum menggunakan alat bantu ini petugas akan mengecek ambang pendengaran menggunakan audiogram.

Mekanisme kerja alat bantu dengar adalah dengan memperbesar vibrasi suara dari lingkungan untuk dapat ditangkap telinga. Ketika vibrasi suara dideteksi oleh sel rambut, maka sel rambut akan mengkonversi getaran tersebut menjadi sinyal neural yang masuk ke otak.

Semakin besar tingkat kerusakan sel rambut, maka gangguan pendengaran semakin hebat. Apabila kerusakan terjadi pada telinga bagian dalam, maka alat bantu dengar tidak bisa membantu. 

Alat Bantu Dengar, Cara Tepat Mengatasi Masalah Pendengaran
Jika kalian atau orang terdekat mengalami masalah pada gangguan pendengaran, baik itu karena penyakit ataupun faktor usia, maka ada baiknya untuk memutuskan menggunakan alat bantu dengar. Dengan alat bantu dengar, orang tersebut mampu untuk dapat memahami pembicaraan orang lain. 

Memahami kondisi ini, pusat alat bantu dengar Melawai hadir di tengah masyarakat Indonesia untuk memberikan solusi alat bantu pendengaran. Melawai menawarkan berbagai jenis alat bantu dengar untuk meningkatkan kualitas hidup bagi mereka yang membutuhkan. Kalian bisa menemukan outlet Melawai di 13 kota besar seluruh Indonesia.

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar