21 January 2020

Pengertian Commissioning

Testing dan commissioning genset
Testing dan commissioning genset. 
Commissioning adalah proses memastikan atau pengujian operasional suatu pekerjaan secara real maupun secara simulasi untuk memastikan pekerjaan telah selesai dilaksanakan. 

Selain itu, proses pengujian juga dilakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan telah memenuhi semua peraturan yang berlaku sesuai standar yang ditetapkan antara pelaksana kerja dan pemilik atau klien akhir. 

Dengan adanya pelaksanaan commissioning ini akan didapatkan kepastian hasil suatu pekerjaan. Pelaksanaan komisioning biasanya dilakukan apabila pelaksana kerja telah menyelesaikan pekerjaannya dan siap untuk melakukan start-up.

Apabila komisioning ini tidak dilaksanakan, maka tidak pernah diketahui fungsi dan kinerja peralatan, sub-sistem, dan sistem. Sehingga hasil pekerjaan tidak layak untuk dioperasikan.

Testing dan Commissioning Genset 
Genset atau generator set adalah sebuah mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu.

Untuk memastikan genset tersebut berada dalam kondisi yang baik dan bisa menghasilkan daya maksimal, perlu dilakukan  pemeriksaan dan pengujian atau disebut testing dan commissioning. 

Testing dan commissioning genset adalah serangkaian tes yang digunakan untuk memastikan peralatan tersebut memiliki performa yang terjaga dan bisa menghasilkan energi listrik secara optimal saat dibutuhkan.

Pengujian ini dilakukan agar dapat memastikan alat tersebut telah memenuhi ketentuan dan persyaratan teknis yang telah ditentukan.

Tes ini merupakan salah satu bagian dari perawatan genset untuk mencegah terputusnya aliran listrik di suatu kawasan industri atau gedung perkantoran. 

Prosedur commissioning genset perlu dilakukan secara berkala agar sistem kelistrikan dalam gedung perkantoran siap untuk menghadapi situasi darurat. 

Bila memerlukan jasa untuk melakukan commissioning genset dapat dilakukan oleh tim Sewatama. Tim ini akan melakukan pengecekan generator set yang baru terpasang untuk memastikan seluruh sistem bekerja dengan baik dan pasokan yang dihantarkan ke sistim distribusi berjalan dengan aman dan baik.

Selain commissioning genset, tim Sewatama  juga dapat melakukan perencanaan, pemasangan, pengujian hingga perawatan dan operasional sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Bila Anda membutuhkan jasa testing dan commissioning genset, tapi tidak memiliki tim yang ahli dan berpengalaman atau membutuhkan pengawas, tim Sewatama siap untuk melakukan pengawasan dari awal hingga akhir.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar