14 August 2019

Awas Kadar Kolesterol Meningkat Saat Idul Adha, Begini Cara Turunkannya

Awas Kadar Kolesterol Meningkat Saat Idul Adha, Begini Cara Turunkannya - Momen Hari Raya Idul Adha yang identik dengan hewan qurban ini, memang sering dimanfaatkan untuk menikmati berbagai hidangan daging kambing maupun sapi. Namun, dibalik kelezatan olahan daging tersebut, ternyata bisa mengancam kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga, ada baiknya diimbangi dengan makanan penurun kolesterol untuk tetap bisa menikmati hidangan tanpa khawatir kolesterol melonjak.

Sebelumnya, kandungan kolesterol sebenarnya merupakan zat penting yang diproduksi secara alami dalam tubuh dan terdapat juga dalam makanan seperti daging. Pada jumlah normal, kolesterol dapat membantu berbagai fungsi organ tubuh seperti, mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Nah, jika kandungan kolesterol sudah diatas normal atau tinggi, kolesterol akan menjadi pemicu berbagai macam penyakit termasuk terjadinya gangguan jantung.

Meskipun bisa menimbulkan penyakit mematikan, namun peningkatan kolesterol ternyata tidak begitu disadari oleh penderitanya, bahkan gejalanya sering tidak terlihat. Akan tetapi, jika Anda khawatir dengan kondisi tubuh kalian setelah mengonsumsi olahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, Kalian bisa memeriksakan diri dengan cara tes darah yang bisa mendeteksi kadar kolesterol dalam tubuh.

Tidak hanya sekali, atau setelah mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, memeriksa kandungan kolesterol sebaiknya harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, jika rutin periksa kolesterol secara lengkap, ternyata akan bermanfaat, sehingga kadar kolesterol kalian bisa terpantau. Bahkan, bagi orang dewasa yang memiliki riwayat penyakit jantung dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol setiap 4 hingga 6 sekali sejak usianya menginjak 20 tahun.

Apakah anak usia di bawah 20 tahun perlu tes kolesterol?


Meski anak dengan usia di bawah 20 tahun masih memiliki hormon yang belum stabil, mereka ternyata juga perlu mengecek kadar kolesterol. Nah, jika hasil tes kolesterol pada anak-anak kurang dari 200 mg/dL, maka kondisinya dianggap masih baik. Namun, apabila hasil tes menunjukkan angka sekitar 200-239 mg/dL, berarti kadar kolesterol dalam darah kalian tergolong tinggi, bahkan bisa dibilang sudah berbahaya bagi kesehatan.

Hal-hal apa saja yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol dalam olahan daging merah?


·       Cara mengolahnya
Nah, mumpung sekarang masih dalam suasana Idul Adha, sebaiknya kalian harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Terlebih, hidangan dari olahan daging merah tentunya memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan cara mengolah daging kambing atau sapi, agar kandungan kolesterolnya bisa berkurang.

Pasalnya, olahan daging merah yang digoreng dengan minyak atau diolah dengan tambahan santan, hal tersebut akan meningkatkan kandungan kolesterol dan lemak trans pada daging. Sehingga, akan lebih baik juga kalian mengolah daging merah dengan cara direbus, dibuat sup, atau dikukus.

·       Hindari makan olahan daging merah di atas jam 7 malam
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan juga adalah waktu mengonsumsi olahan daging merah. Disarankan, tidak makan daging setelah jam 7 malam, karena jika makan daging terlalu malam, sistem pencernaan secara alamiah akan mengistirahatkan diri, sehingga daging akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

·       Mengonsumsi beberapa makanan penurun kolesterol
Tidak hanya itu, cara sederhana lainnya untuk bisa menikmati hidangan daging merah tanpa takut kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Namun, bukan berarti kalian bebas untuk mengonsumsi olahan daging merah yah, karena apapun yang berlebih pasti akan berakhir tidak baik.

Makanan penurun kolesterol ini, nyatanya hanya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, namun dengan catatan jika kalian rutin melakukannya. Selain itu, beberapa makanan penurun kolesterol ini juga bisa membantu untuk membiasakan perilaku gaya hidup sehat.

Lalu apa saja makanan yang bisa digunakan sebagai penurun kolesterol?


Dihimpun dari Harvard Health Publishing, setidaknya ada lima makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mulai dari oat, ikan, hingga kacang-kacangan, beberapa makanan sehat tersebut memiliki kandungan yang bisa melawan kadar kolesterol. Untuk mengetahui rinciannya lebih lengkap, terkait daftar makanan penurun kolesterol, kalian bisa kunjungi link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar