Tips Ampuh Menjaga Imun Tubuh Traveller

Tips Ampuh Menjaga Imun Tubuh Traveller


Tips Ampuh Menjaga Imun Tubuh Traveller


Hai...., Sobat traveller!


Apakah selama pandemi ini kalian masih melakukan perjalanan?


Pandemi Covid-19 telah membuat para traveller mulai jenuh dengan aktivitas yang serba terbatas. Keinginan buat melakukan perjalanan sudah tak terbendung lagi. Maklum, nggak terbiasa diam di rumah.


Banyak Sobat traveller yang akhirnya mulai melakukan perjalanan di masa wabah koronce ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, melakukan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).


Tapi, nggak cuma melaksanakan prokes yang wajib kita laksanakan selama traveling, ada hal lain yang wajib diperhatikan sebelum melakukan perjalanan yaitu imun tubuh.


Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang berperan dalam mengenali dan menghancurkan benda-benda asing atau sel tak normal yang merugikan tubuh manusia. Tanpa sistem kekebalan tubuh ini kita akan mudah terkena serangan kuman, parasit, atau virus. 


Saat daya tahan tubuh melemah, kita perlu mendorong sistem imun tubuh agar kembali optimal. Ada banyak cara untuk membuat sistem imun tubuh meningkat. Salah satunya dengan memenuhi asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.


Tips Ampuh Menjaga Imun Tubuh Saat Traveling


Apakah Sobat traveller telah melakukan cara yang tepat untuk menjaga imun tubuh kalian?


Yuk simak tips ampuh menjaga imun tubuh saat melakukan perjalanan berikut ini:


1. Banyak Minum Air Putih

Kebanyakan traveller lebih memilih untuk meminum minuman yang berasa, karena lebih segar daripada minum air putih yang nggak memiliki rasa. Padahal air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Air putih memiliki kandungan yang baik dan sangat cocok buat kalian yang melakukan perjalanan jauh dan menguras tenaga.


Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme yang ada di dalam tubuh, dapat menjaga tekanan darah, meningkatkan stamina, menjaga kesehatan sendi dan otot, dan menghindari dehidrasi. Sangat berbahaya apabila tubuh kalian terserang dehidrasi. Dehidrasi yang akut dapat membahayakan nyawa.


2. Menerapkan Pola Hidup Bersih

Imun yang baik tak hanya dijaga di dalam tubuh, tetapi juga dijaga dari lingkungan sekitarnya. Walaupun asupan yang diterima tubuh baik namun lingkungan dsekitarnya nggak mendukung, maka sama dengan nihil.


Petialang harus selalu menjaga lingkungan dan dirinya agar selalu bersih. Misalnya selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan nggak membuang sampah sembarangan. Bagi traveller yang menjelajahi alam, alangkah baiknya membawa peralatan makan sendiri agar nggak bergantian dengan orang lain dan nggak makan langsung dengan tangan.


3. Membatasi Makanan Cepat Saji

Imun tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Membatasi memakan makanan cepat saji merupakan salah satu cara untuk menjaga imun tubuh. Makanan cepat saji nggak disarankan menjadi menu makanan yang selalu dimakan oleh traveller.


Memakan makanan cepat saji yang berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan kolesterol di dalam darah meningkat. Maka Sobat traveller disarankan untuk memakan makanan yang sehat seperti sayur dan buah buahan.


Sayur dan buah buahan memiliki kandungan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan memakan buah dan sayuran, kebutuhan protein, lemak nabati dan serat akan terpenuhi dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan oleh tubuh.


4. Selalu Sedia Suplemen atau Vitamin

Selain banyak minum air putih dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, Traveller juga membutuhkan asupan suplemen dan vitamin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.


Suplemen ataupun vitamin harus selalu dibawa dan menjadi prioritas barang bawaan bagi traveller. Suplemen atau vitamin bisa berasal dari produk-produk yang biasa dijual di apotik. Jangan lupa membawa obat-obatan yang memang dibutuhkan.


5. Mengurangi Asupan Gula Dalam Tubuh

Kandungan gula dalam makanan dan minuman yang kalian konsumsi memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun asupan gula yang berlebih dapat memberikan dampak buruk yang membahayakan tubuh.


Mengonsumsi gula berlebih dapat mengganggu kesehatan organ jantung. Hal ini perlu dihindari demi menjaga keamanan serta keselamatan saat melakukan perjalanan jauh. Tentunya sangat menyulitkan apabila traveller memiliki riwayat sakit jantung.


Sekian tips untuk menjaga imun tubuh traveller yang ternyata sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Ingat, menjaga imun tubuh yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan Rhea Health Tone. Perjalanan jadi lebih nyaman, tenang, dan menyenangkan.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar