23 April 2019

Curug Batu Templek, Air Terjun Paling Unik di Bandung Timur

Curug Batu Templek
Curug Batu Templek. 
Curug Batu Templek, Air Terjun Paling Unik di Bandung Timur - Dekorasi rumah menggunakan batu lempeng atau batu templek ternyata bisa memberikan kesan unik dan minimalis. Batu alam ini dipasang sedemikian rupa untuk menghiasi dinding rumah agar terlihat indah.

Batu templek merupakan salah satu jenis batuan andesit yang terbentuk dari aktivitas vulkanik berupa lempengan atau lembaran tipis. Batu jenis ini memiliki karakter bentuk yang tidak beraturan, keras, dan pipih. Batu templek ini memiliki warna dominan hitam, walaupun ada sebagian yang berwarna cokelat tua. 

Batu templek telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghiasi bangunan. Terbukti banyak bangunan tua yang menggunakan batu jenis ini di bebarapa bagian bangunannya seperti dinding dan tembok pagar. 

Batu berbentuk pipih ini merupakan hasil tambang. Tempat penambangan ada di beberapa lokasi. Salah satu tempat tambang batu templek ada di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

Curug Batu Templek

Tambang batu templek ini berbeda dengan tambang lainnya karena di salah satu tebingnya terdapat air terjun yang diberi nama Curug Batu Templek. Air terjun yang jatuh dari tebing batu cadas ini bersumber dari Sungai Cisanggarung yang ada di atasnya.

Curug Batu Templek terbilang unik karena air terjun ini berada di tengah pertambangan batu dan tidak jauh dari kawasan perumahan penduduk. Yang membuat air terjun ini berbeda dengan curug lainnya adalah pemandangan dinding batu di sekitarnya.

Tebing batu andesit yang terbentuk secara alami ini terlihat sangat indah dan instagramable. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Curug Batu Templek untuk menikmati keindahannya. Di sini pengunjung bisa berfoto di area wisata dengan latar air terjun dan tebing batu yang indah. Dijamin hasil gambarnya nggak bakal bikin kecewa.

Curug Batu Templek memang berbeda dari air terjun lainnya yang memiliki pemandangan hutan yang hijau dan rindang. Namun, yang membuat curug ini banyak peminatnya adalah pemandangan tebing batu yang unik dan susah ditemukan di tepat lain.

Keunikan tebing batu di Curug Batu Templek ini seakan menggambarkan keagungan Tuhan yang menciptakan mahakarya yang luar biasa. Lukisan alam yang sangat indah untuk memanjakan mata manusia yang melihatnya.

Rute ke Curug Batu Templek
Nah, buat kalian yang akan berwisata ke Curug Batu Templek, bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju Pasir Impun, dekat dengan Terminal Cicaheum. Dari Jalan Pasir Impun lanjut mengikuti jalan sejauh 4 km, kemudian melewati Jalan Cisanggarung.

Dari Jalan Cisanggarung ini ada dua jalan alternatif, bisa lurus atau belok kanan. Jika mengambil jalan lurus maka akan tiba di atas Curug Batu Templek. Kalau mengambil arah kanan/belok kanan pas tanjakan, nantinya akan tiba di bawah Curug.

Untuk pengunjung yang menggunakan kendaraan disarankan belok kanan supaya bisa memarkirkan kendaraan di dekat air terjun. Karena tidak ada petunjuk jalan, sebaiknya bertanya kepada penduduk sekitar supaya tidak salah pilih jalan.

Alamat Curug Batu Templek: 
Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan,
Bandung, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Curug Batu Templek:
Weekday: Rp 5.000,-
Weekend: Rp 10.000,-

Baca juga Legenda Situ Bagendit Garut

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar