18 February 2019

Monas, Destinasi Wisata Budaya dan Sejarah Paling Menarik di Jakarta

Monumen Nasional
Monumen Nasional Jakarta. 
Monas, Destinasi Wisata Budaya dan Sejarah Paling Menarik di Jakarta - Sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan, Jakarta tak ubahnya sebuah magnet raksasa. Menarik semua orang untuk datang ke sana. Entah itu untuk melanjutkan pendidikan, bekerja, atau sekadar berlibur dan berjalan-jalan.

Apa yang tidak ada di Jakarta?

Hm … sepertinya semua ada. Mau wisata belanja? Wah, Sahabat Wisata akan sangat dimanjakan di Jakarta. Tentu saja, asalkan membawa cukup uang, ya.

Tapi kali ini Mimin nggak akan mengajak Sahabat Wisata berwisata belanja, melainkan berwisata budaya dan sejarah sambil icip-icip makanan.

Wisata Budaya di Jakarta
Apa serunya berwisata budaya? Paling juga membosankan. Apalagi Jakarta kan sumpek, panas,padat.

Mungkin Sahabat Wisata bertanya-tanya seperti itu. Dibandingkan wisata belanja, wisata budaya dan sejarah memang terdengar “berat” dan menjemukan. Namun, sebenarnya sama sekali tidak seperti itu.

Wisata budaya juga menyenangkan. Turis-turis mancanegara saja datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan budaya kita.

Selain memanjakan mata, wisata budaya juga bisa menambah pengetahuan kita dengan cara yang fun alias menyenangkan.

Yuk ikut Mimin jalan-jalan ke Monumen Nasional (Monas)

Tugu setinggi 132 meter ini adalah ikon kota Jakarta. Meski semakin banyak tempat wisata di Jakarta, Monas tetap memikat.

Monumen ini mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan selesai pada tanggal 12 Juli 1975. Puncak monumen berbentuk lidah api setinggi 14 meter, terbuat dari perunggu berlapis emas.

Bentuk lidah api itu ternyata punya makna tersendiri, lho. Lidah api itu menyimbolkan semangat rakyat Indonesia dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

Monas terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Tepatnya di Lapangan Medan Merdeka. Pada hari-hari tertentu pengunjung bahkan sampai harus antre untuk bisa masuk ke Monas.

Apa yang bisa kita lihat di Monas? Nah, ini dia.

Relief Sejarah Indonesia
Di dinding halaman luar kita bisa melihat relief – relief tentang sejarah Indonesia. Dari zaman Kerajaan Singasari dan Majapahit, masa penjajahan Belanda, perang kemerdekaan, hingga masa pembangunan.

Museum Sejarah
Sekarang kita masuk ke Monas. Tepatnya ke ruang bawah tanah. Di sini ada Museum Sejarah Nasional Indonesia.

Di dalam museum ini ada puluhan diorama yang menampilkan sejarah panjang Indonesia. Dari zaman prasejarah sampai masa pemerintahan Orde Baru.

Di sini kita juga bisa melihat diorama perang melawan Belanda, perang melawan Jepang, hingga perang kemerdekaan dan masa revolusi.

Hm … kira-kira Sahabat Wisata merinding nggak ya melihat diorama yang tampak seperti hidup itu? Mimin sih … hm … kasih tahu nggak, ya?

Ruang Kemerdekaan
Kalau Sahabat Wisata lihat dari luar, di Monas itu ada bentuk yang seperti cawan. Nah, bagian dalam cawan itu ternyata ada sebuah ruang amphitheater . Namanya Ruang Kemerdekaan.

Di ruang ini disimpan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bendera merah putih, peta Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlapis emas, serta simbol-simbol kenegaraan lainnya.

Kuliner Segala Ada
Habis jalan-jalan jadi lapar? Gampang. Jakarta menyediakan makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan dari berbagai negara.

Kalau ingin makan yang khas Jakarta, cobalah makan soto mi, laksa, atau kerak telor. Mimin lagi pengin makan yang hangat brekuah, nih. Kebetulan nemu soto mi. Rasanya beda banget dengan soto di daerah asal Mimin.

Soto mi ini berisi mi kuning, daging sapi, lumpia goreng, kentang, tomat, dan kol. Tentunya dengan kuah yang panas dan gurih.

Puncak Monas
Sekarang kita naik lift ke pelataran puncak Monas. Pelataran puncak ini berukuran 11 x 11 meter dan bisa menampung 50 orang.

Asyiknya nih, Sahabat Wisata, di pelataran puncak ini ada teropong untuk melihat pemandangan di Jakarta. Bahkan kalau hari sedang cerah, kita bisa melihat Gunung Salak di Kabupaten Bogor dari kejauhan.

Pesawat ke Jakarta
Tak sulit mencari tiket pesawat ke Jakarta. Maklumlah, namanya saja ibu kota negara. Banyak maskapai penerbangan yang memiliki rute ke Jakarta.

Tinggal kita pilih-pilih saja waktu penerbangan dan harga tiket pesawat yang cocok. Untuk memilih tiket ini bisa kita lakukan secara online melalui web Pegipegi.

Tinggal masukkan asal keberangkatan, Jakarta sebagai kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah tiket. Klik. Lalu keluarlah daftar berisi berbagai maskapai tujuan Jakarta berikut harga tiketnya. Untuk pemburu tiket pesawat murah, daftar ini sangat memudahkan pencarian.

Tunggu apa lagi? Yuk berlibur dan berwisata di Jakarta.(RT)

Baca juga Taman Love Soreang, Objek Wisata Romantis di Kabupaten Bandung

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar