Temu Blogger Kesehatan 2017 di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung

Temu Blogger Kesehatan 2017
Temu Blogger Kesehatan 2017 
Dalam rangka mempublikasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pendekatan keluarga melalui komunitas Media Sosial, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, selenggarakan kegiatan temu Blogger kesehatan 2017, dengan mengusung tema "Wujudkan Indonesia Sehat Melalui Germas dan Pendekatan Keluarga , yang bertempat di Embassy Room Hotel Savoy Homann Bidakara hotel, Jln. Asia Afrika No. 112, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung, Pada Jumat (21/04/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Oscar Primadi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Sekeretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung Nina Manarosa, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Uus Sukmara, Anwari Natari sebagai speaker dan peserta workshop yang terdiri dari Blogger Se- Jabar. Pertemuan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu, sesi pertama paparan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, sesi yang kedua workshop mengulik bahasa , memaksimalkan nilai Blog.

Oscar Primadi
Oscar Primadi 

Paparan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Sesi pertama menghadirkan Oscar Primadi, Kabiro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes yang berhalangan hadir. Dalam paparan yang betema “urang Bandung dukung Germas” ini, Karul menjelaskan banyak hal tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Adapun tujuan dibentuknya Germas adalah agar Masyarakat bisa berperilaku hidup sehat, sehingga kesehatannya terjaga, produkif, lingkungannya bersih dan biaya untuk berobat pun jadi bekurang.

Angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) di negara ini semakin meningkat,  itu disebabkan oleh pola gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang aktivitas fisik, jarang mengonsumsi buah dan sayur, mengonsumsi makanan gorengan dan makanan berlemak, miuman bersoda, malas dan minum alkohol. Ada pun cara untuk mencegah Penyakit Tidak menular tersebut yaitu melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat karena, Germas itu merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Penerapan Gerakan Masyarakat hidup Sehat dalam kehidupan sehari-hari dapat dipraktekan dengan cara melakukan akivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tiak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Melakukan aktivitas fisik minimal selama 30 menit dalam  sehari, dan itu dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik itu di rumah, perjalanan, Sekolah, tempat kerja atau tempat umum. Sayur dan buah wajib tersedia dalam menu makan sehari-hari, agar menjadi suatu kebiasaan sehinga, akhirnya jadi terbiasa. Memeriksakan kesehatan dilakukan setiap 6 bulan sekali, seperti cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol, tes darah lengkap di laboratorium, cek lingkar perut dan deteksi dini kanker leher rahim.

Selain memaparkan tentang Germas, perwakilan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, mengajak Blogger untuk ikut telibat dalam dunia kesehatan karena, Blogger merupakan mitra yang strategis untuk mempromosikan pembangunan kesehatan dan mengatasi kendala yang dihadapi oleh masyarakat. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh Blogger untuk membantu pembangunan kesehatan tersebut adalah dengan menulis tentang dunia kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Anwari Natari
Anwari Natari 

Mengulik bahasa, memaksimalkan nilai Blog
Sesi kedua yaitu workshop mengulik bahasa dan memaksimalkan nilai Blog, dengan menghadirkan Anwari Natari sebagai narasumber. Pria yang akrab dipanggil Away ini memberikan materi tentang bagaimana cara agar seorang Blogger dapat menulis dengan bahasa yang baik dan benar sehingga, hasil tulisan yang dipublis mudah dimengerti oleh pembaca. Begitu banyak pelajaran yang didapat dari worksop ini sehingga, para peserta mendapatkan wawasan tambahan setelah mengikuti kegiatan ini.

Menjelang akhir acara workshop mengulik bahasa, memaksimalkan nilai Blog ini diisi dengan game tebak kata yang diikuti oleh perwakilan peserta dari setiap meja, permainan pun berlangsung seru dan meriah, karena penuh dengan tawa ria dari semua yang hadir saat menyaksikan peserta game. Permainan ini tidak hanya sebagai hiburan, tapi membuktikan betapa pentingnya sebuah deskripsi untuk menyampaikan suatu hal, dan ini menjadi contoh bahwa pembaca membutuhkan sebuah tulisan yang memiliki deskripsi yang detil, sehingga mudah untuk dimengerti dan dipahami.

Baca juga Sosialisasi branding Pesona Indonesia di Bandung

1 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar