Sosialisasi branding Pesona Indonesia di Bandung



Sosialisasi branding Pesona Indonesia
Sosialisasi branding Pesona Indonesia
Foto by : Ghera 
GenPI(Generasi Pesona Indonesia) Jawa Barat adalah sebuah komunitas pasukan digital pariwisata hasil bentukan Kemenpar, GenPI Jabar sendiri resmi dibentuk pada 06 Agustus 2016 yang bertempat di Green Fores Resort, Jalan Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pada Kesempatan ini GenPI Jabar yang diwakili oleh Ghera Nugraha Ruhimat, menghadiri acara Sosialisasi branding Pesona Indonesia yang bertempat di Hotel Grand Tjokro Bandung, pada Selasa 18 april 2017.

Acara yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat bidang pemasaran ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, perwakilan Kadin Jabar, PHRI, HPI, Galamedia, Detik, STP ENHAII dan PD Jawi.

Materi pertama dibawakan oleh Rektor STP ENHAII, Anang, dengan mengusung judul Pentahelix to Branding Wonderful Tourism of West Java. Ada pun materi yang dibahas dalam pertemuan ini adalah mengenai bagaimana pentingnya peranan 5 unsur (Akademi, bisnis, community atau masyarakat, goverment dan media) dalam bergerak bersama untuk memajukan satu goals bersama pariwisata. Beliau juga menyadari mewujudkannya tidak semudah membuat konsepnya dan itu adalah permasalahan kita bersama untuk bisa menyelesaikanya. Anang juga menyinggung dan menjelaskan soal pentingnya branding untuk mencapai target kunjungan wisata ke Jawa Barat dan Indonesia. Beliau menegaskan bahwa sebuah branding dapat merubah habit kebiasaan seseorang.

Pemateri kedua adalah Ganda Sumantri dari Kabid profile pariwisata Nusantaran Kementrian Pariwisata Indonesia dengan judul bahasan "Kebijakan pemasaran pariwisata Nusantara". Beliau lebih menyajikan data - data statistik  yang menunjukan pentingnya peningkatan pemasaran pariwisata Nusantara untuk mendorong para wisatawan agar lebih banyak datang ke Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Kabid pemasaran Disparbud Jawa Barat, Idhar Darmawan, menyampaikan agenda laporan kepariwisataan. Beliau menitik beratkan branding pada desain dan makna Pesona Indonesia. Sambutan berikutnya oleh Ida Hernida, selaku Kadisparbud Jawa Barat, beliau sangat mendukung kegiatan ini, namun dia bingung kenapa baru sekarang sosialisasinya dilakukan padahal brandingnya sudah dilakukan dari tahun 2012. 

Ida Herida juga menyadari potensi besar setiap Kabupaten/Kota di Jawa Barat, namun kurangnya kordinasi menjadi hambatan untuk mendapatkan informasi mengenai event-event besar di daerah yang sebenarnya bisa dimasukan ke dalam kalender event Jawa Barat yang nantinya bisa dilanjutkan ke Nasional dan dijual ke manca negara. Ida juga mengatakan dengan branding pariwisata ini, maka dunia akan melirik Jawa Barat. (Ghera)

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar