Obyek Wisata Leuwi Tonjong Garut Selatan

Leuwi Tonjong Garut Selatan
Leuwi Tonjong Garut Selatan 

Obyek wisata Leuwi Tonjong Garut Selatan - Kabupaten Garut selain dikenal sebagai penghasil kuliner dodol dan pengrajin jaket kulit, wilayahnya yang dikelilingi oleh pegunungan menyebabkan udara di sekitarnya sejuk dan menyegarkan.

Kawasan Garut juga memiliki potensi wisata yang melimpah. Salah satunya adalah Leuwi tonjong yang berlokasi di kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Leuwi Tonjong adalah tempat wisata alam bernuansa air dan pegunungan yang sangat indah. Kata Leuwi memiliki arti bagian sungai yang berbentuk cekungan atau kolam alami. Leuwi yang ada di aliran sungai Cihurip ini diapit oleh dua tebing batu membentuk bukit berdiri megah setinggi 90-200 meter.

Kedua bukit tersebut sebagian hanya bebatuan dengan bentuk yang unik dan sebagian lagi berbalut rumput dan lumut hijau. Pemandangan di sekitar belahan bukit ini terlihat seksi dan memanjakan mata.

Yang membuat tempat terlihat indah adalah aliran air sungai Cihurip yang jernih, dingin, dan nampak kehijauan. Aliran air di sekitar Leuwi Tojong relatif tenang dan dangkal setinggi pinggang orang dewasa. Leuwi ini bisa digunakan untuk berenang dan bermain air. Tapi saat musim hujan debit airnya akan meningkat.

Objek wisata alam yang tersembunyi di balik hutan Garut Selatan ini masih asri. Terbukti dari aliran air yang masih bersih dan jernih. Suhu udaranya terasa sejuk dan cocok untuk tempat beristirahat sembari menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar Leuwi Tonjong. 

Surga alam yang tersembunyi di Garut Selatan ini masih terus dibenahi oleh pihak pengelola di antaranya membangun beberapa fasilitas penunjang seperti, Mushola, toilet, warung penjual makanan, dan Camping ground. Dengan tersedianya fasilitas tersebut diharapkan akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Rute Menuju Objek Wisata Leuwi Tonjong

Berhubung lokasi wisata jauh dari pusat kota, akses msuk masih tergolong sulit untuk dilintasi kendaraan. Kalau kalian membawa kendaraan pribadi, kondisi kendaraan harus prima karena medan yang dilalui cukup berat.

Bagi kalian yang akan berkunjung ke objek wisata Leuwi Tonjong bisa langsung menju ke Kabupaten Garut. Dari Garut Kota langsung menuju ke arah Cikajang, di pertigaan Cikajang belok kiri ke arah Pameungpeuk, lalu menuju Kecamatan Cihurip - Puskesmas Cihurip - Desa Jayamukti. Kemudian kalian bisa bertany arah ke Leuwi Tonjong kkepada warga. Kalian akan menemukan gapura dan baligo besar bergambarkan objek wisata tersebut. 

Dari gapura perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 15 sampai 30 menit dengan melintasi kebun bambu, perkebunan warga, dan menuruni jalan setapak menuju objek wisata Leuwi Tonjong.

Baca juga Monumen MBKD saksi bisu perjuangan melawan Penjajah di Subang

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar