Curug Cisurian Kabupaten Kuningan

Curug Cisurian
Curug Cisurian 

Curug Cisurian Kabupaten Kuningan - Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang berdiri megah di antara Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka. Selama ini pesona gunung Ciremai menarik banyak peminat wisata karena keindahan wisata alam yang seakan memanggil untuk berkunjung ketempat tersebut.

Di lereng gunung Ciremai terdapat sebuah obyek wisata air terjun yang cantik benama Curug Cisurian. Air terjun ini tepatnya berada di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Curug Cisurian letaknya tidak terlalu jauh dari Bumi Perkemahan Ipukan. Keindahan air terjun ini sudah dikenal secara luas. Terbukti banyak wisatawan yang datang dari luar daerah dan luar kota.

Sejuknya alam di sekitar curug yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai ini mampu menyegarkan tubuh yang sudah lelah akibat perjalanan dan rutinitas sehari-hari. Tumpahan air yang jatuh dari atas tebing mengisi kolam alam yang ada di bawahnya. Aliran air yang jernih dan sejuk seakan memanggil pengunjung untuk mandi dan bermain air.  

Katak merah Curug Cisurian

Karena lokasinya yang benar-benar berada di dalam hutan, suasana di sekitar Curug Cisurian ini masih murni dan hijau alami. Udarany terasa segar ditambah dengan suara nyanyian burung liar yang merdu membuat wisatawan enggan untuk beranjak pulang.

Di lokasi objek wisata alam ini terdapat pula spesies hewan Surili dan Elang Jawa yang sudah mulai langka. Satu lagi spesies hewan endemik paling langka yang ada di tempat ini adalah spesies Katak merah. Hewan ini memiliki warna merah di beberapa bagian tubuhnya.

Menikmati keasrian lereng gunung Ciremai seolah tidak pernah bosan. Setiap wisatawan yang datang ke objek wisata Curug Cisurian pasti akan merasa betah dan nyaman karena tempat ini menjajikan kepuasan bagi para pengunjung.

Rute Menuju Curug Cisurian

Bagi kalian yang akan berkunjung ke obyek wisata Curug Cisurian bisa mengikuti rute sebagai berikut. 

Dari pusat Kota Kuningan langsung menuju arah Cigugur, kemudian dilanjutkan menuju arah palutungan dengan mengikuti jalan yang menanjak dan berkelok.

Setelah tiba di pos pendakian gunug Ciremai, sebelum Palutungan ambil ke kanan, kemudian masuk ke kawasan Bumi Perkemahan Ipukan. Pejalanan dilanjutkan menuju lokasi wisata Curug Cisurian. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan kecil dan semakin masuk ke dalam hutan.

Baca juga artikel tentang Curug Cikurutug Jampang Tengah Sukabumi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar