Curug Cikurutug Jampang Tengah Sukabumi

Curug Cikurutug
Curug Cikurutug 

Curug Cikurutug Jampang Tengah Sukabumi - Pejampangan Sukabumi tidak diragukan lagi akan kekayaan destinasi wisata alamnya. Hampir di setiap pelosok terdapat tempat tempat wisata yang indah. Salah satu keindahan surga alam yang tersembunyi di kawasan bumi Pejampangan adalah Curug Cikurutug.

Air terjun ini dijuluki Curug Cikurutug karena berada di aliran sungai Cikurutug. Lebih tepatnya di Kampung Cirawa, Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Sungai Cikurutug sendiri berhulu di Kampung Cikurutug, Desa Bojong Jengkol. Di sepanjang aliran sungai ini dari mulai Kampung Cikurutug sampai ke Kampung Cilimus, air terjun inilah yang paling tinggi di antara air terjun lainnya.  

Keindahan Curug Cikurutug memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Yang membuat curug ini berbeda dari yang lain adalah bentuk air terjunnya yang terbagi dua. Curug pertama mengikuti alur sungai, sedangkan curug yang satunya lagi berbelok kearah samping dan airnya kembali ke sungai utama.

Di dekat lokasi curug Cikurutug ada air terjun lain bernama curug Ciarileu yang letaknya berseberangan atau berhadapan dengan Curug Cikurutug.

Pemandangan di sekitar objek wisata Curug Cikurutug semakin indah dengan adanya pesawahan yang berundak-undak atau terasering Cirawa. Terasering akan terlihat sangat indah saat musim tanam. Undakan tanah telihat hijau laksana tangga karpet yang tersusun rapi.

Perbukitan di sekitar curug menjadi hiasan alam yang menyejukan. Ditambah lagi dengan adanya perkebunan pinus yang elok membuat suasana alam terasa lebih menyejukan jiwa.

Banyak aktivitas yang bisa kalian lakukan di kawasan wisata Curug Cikurutug di antaranya bermain air di bawah cipratan air terjun, berenang di aliran sungai, Camping ground, botram bersama keluarga atau sahabat tercinta, menikmati pemandangan curug dari perkebunan pinus, dan bersantai di atas hammock.

Rute Menju Curug Cikurutug

Karena lokasi objek wisata Curug Cikurutug jauh dari pusat kota, sekitar enam kilometer dari kota kecamatan. Kalian butuh perjuangan ekstra selama perjalanan. Rute yang harus ditempuh adalah, dari pusat Kota Sukabumi langsung menuju Jln. Pangleseran atau Yonif 310 arah ke Jampang Tengah.

Setelah tiba di Bojonglopang, Kecamatan Jampang Tengah, perjalanan dilanjutkan menuju Panumbangan - Cimunding atau melalui jalan Bojong Jengkol-Cisampih, Desa Nangerang. Berikutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melintasi sawah dan perkebunan hingga lokasi objek wisata Curug Cikurutug.

Baca juga artikel tentang Curug Tapak Kuda Lemahsugih

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar