Obyek Wisata Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca Pangalengan
Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca adalah sebuah danau buatan yang terletak di Pangalengan, Bandung Selatan. Lebih tepatnya berada di antara Desa Warnasari dan Desa pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Danau ini dibangun di atas tanah milik pribadi, yakni seorang warga Belanda bernama “Kuhlan”. Belanda membangun Situ Cileunca selama tujuh tahun lamanya, yaitu sejak 1919 -1926  dengan luas danau sekitar 180 hektare.

Tujuan dibangun bendungan Situ Cileunca adalah untuk dijadikan sumber penggerak turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Hasil energi listrik yang dihasilkan digunakan untuk suplay listrik di wilayah Pangalengan hingga Bandung.

Air yang tertampung di Situ Cileunca dialirkan melalui sungai Palayangan ke tiga titik pembangkit listrik utama yang terdiri dari PLTA Plengan, PLTA Lamajan, dan PLTA Cikondag. Selain digunakan sebagai sumber penggerak turbin pembangkit listrik, aliran air yang keluar dari Situ Cileunca juga dijadikan sebagai sumber cadangan air bersih untuk Kota Bandung.

Situ Cileunca juga dijadikan sebagai objek wisata. Terbukti hingga saat ini banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Hamparan air yang luas sejauh mata memandang dan suhu udara yang sejuk membuat pengunjung merasa betah dan nyaman.Di pinggir danau terdapat saung-saung yang dapat digunakan untuk beristirahat. Ada juga warung-warung yang menyajikan makan dengan menu bervariasi.

Jembatan Cinta Situ Cileunca

Mengabadikan momen indah di tempat wisata sudah menjadi suatu hal yang wajib di zaman sekarang. Di Situ Cileunca juga ada sebuah spot foto yang sedang trend yaitu jembatan Cinta.

Entah berdasarkan apa jembatan ini diberikan nama Jembatan Cinta, yang pasti jembatan berwarna merah ini sangat disukai anak muda untuk tempat berfoto. Mungkin karena itu lah jembatan ini diberi nama jembatan Cinta.

Pengunjung yang memiliki nyali dapat menggunakan jasa sewa perahu untuk mengarungi luasnya Situ Cileunca. Keliling danau menggunakan perahu bersama keluarga memberikan sensasi luar biasa. Dari tengah danau kita bisa melihat pemandangan yang indah.

Kalau kalian masih ingin merasakan wahana yang memacu adrenalin, bisa memilih arum jeram di aliran air sungai yang keluar dari Situ Cileunca.

Selain dijadikan objek wisata, Situ Cileunca kerap kali digunakan untuk latihan para atlet dayung. Saat menjelang perhelatan PON atau Sea Games akan terlihat aktivitas atlet dayung yang sedang berlatih. Di salah satu sudut terdapat sebuah gedung yang digunakan untuk menyimpan peralatan dayung seperti kano, perahu karet, dan dayung.

Rute menuju Objek Wisata Situ Cileunca

Buat kalian yang akan berkunjung ke lokasi wisata Situ Cileunca dapat menggunakan rute sebagai berikut:

Untuk yang datang dari Luar Bandung bisa langsung menuju Soreang, kemudian dilanjutkan menuju arah Banjaran. Setelah tiba di Banjaran dan tepat berada di pertigaan ambil kanan langsung menuju Pangalengan.

Setelah tiba di Pangalengan akan menemukan sebuah pertigaan. Ambil ke arah kanan kemudian ikuti jalur utama hingga tiba di Situ Cileunca.

Baca juga artikel tentang Candi Cangkuang Garut

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar