Bendungan Rentang Majalengka

Bendungan Rentang Majalengka
Bendungan Rentang Majalengka

Bendungan Rentang Majalengka - Bendungan rentang adalah salah satu bendungan raksasa yang terletak di kawasan utara Majalengka. Lebih tepatnya berada di Dusun Rentang, Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Kapasitas bendungan yang super besar, dengan memiliki luas DPS 6.950 km2 mampu menampung beberapa sungai di Jawa Barat seperti sungai Cimanuk, sungai Citarum, dan sungai-sungai kecil lain yang ada di sekitarnya.

Oleh masyarakat setempat bendungan ini dikenal dengan nama Bendungan Rentang dan ada juga yang menyebutnya Bendungan Rentang Jatitujuh. Menurut informasi, bangunan penampung air raksasa ini dibangun oleh seorang kontraktor yang berasal dari Prancis. Pada saat itu bekerjasama dengan PT. Hutama Karya Pusat dan disuplai dana oleh Bank Dunia. 

Pembangunan mega proyek ini dimulai pada tahun 1979. Pengerjaanya rampung pada tahun 1982. Sejak tahun 1982 sampai sekarang bendungan Rentang masih beroperasi dengan baik dan menjadi sumber pengairan bagi beribu-ribu hektar sawah yang ada di sekitarnya.  

Selain dijadikan sebagai sumber pengairan, ternyata bendungan Rentang memiliki nilai wisata. Hingga saat ini bendungan Jati Tujuh banyak dikunjungi warga, bahkan wisatawan dari luar daerah. Dalam setiap harinya selalu saja ada yang berkunjung ke tempat ini, baik perorangan atau pun rombongan. 

Megahnya bangunan bendungan yang dihiasi suasana alam pedesaan yang sejuk membuat pengunjung merasa betah untuk tinggal berlama-lama. Satu lagi yang membuat wisatawan tertarik datang ke sini adalah tempat ini tidak dikelola khusus untuk wisata. Saat kalian masuk ke area bendungan tidak dipungut biaya, alias gratis.

Dengan dijadikannya sebagai tujuan objek wisata, setiap hari libur bendungan ini menjadi tempat favorite warga. Berbagai aktivitas dilakukan di pinggir bendungan dari mulai lari pagi, jalan-jalan, mengajak anak bermain, mancing, botram, kuliner, hingga berfoto ria. 

Menjelang sore hari pengunjung didominasi oleh pasangan muda mudi yang sengaja datang untuk menikmati suasana sore yang indah sambil melepas rindu serta kebahagiaan bersama pasangannya. 

Wisatawan yang akan berkunjung ke Bendungan Rentang bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa angkutan umum. Buat kalian yang akan menggunakan angkutan umum dapat menggunakan  angkutan jurusan Majalengka-Kadipaten.

Setelah tiba di perempatan Kadipaten, berpindah mobil naik Angkutan Kota jurusan Kadipaten-Jatitujuh. Bisa meminta Sopir angkutan umum untuk mengantarkan langsung ke lokasi Bendungan Rentang, asal datangnya secara rombongan.

Baca juga Curug Puncak Jeruk Sukabumi

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar