Curug Puncak Jeruk Sukabumi

Curug Puncak Jeruk Sukabumi
Curug Puncak Jeruk Sukabumi

Curug Puncak Jeruk Sukabumi - Kabupaten Sukabumi akhir-akhir ini semakin dikenal dengan objek wisata alam yang indah dan melimpah. Bahkan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun semakin gencar mempromosikan beberapa tempat wisata unggulan yang ada dalam kawasan wisata Geopark Ciletuh, Palabuhan Ratu.

Dari sekian banyak objek wisata yang ada dalam kawasan Geopark Ciletuh terdapat sebuah potensi wisata alam yang tersembunyi di balik rimbunnya hutan dan perkebunan yaitu Curug Puncak Jeruk yang berada di Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, tepatnya berjarak 5 Kilo Meter dari jalan Raya Waluran.

Curug Puncak Jeruk memiliki keunikan tersendiri karena terdiri dari dua buah air terjun yang bertingkat. Selain itu, air terjun ini memiliki ukuran lebar yang lebih dari air terjun pada umumnya yang ada di Jawa Barat.

Air terjun yang pertama memliki lebar 40 meter dengan tinggi 10 Meter. Sedangkan air terjun yang kedua letaknya berada di atas curug yang pertama, atau biasa disebut Curug Puncak Jeruk Dua umpakan. Curug ini tebing setinggi 15 meter dan lebar 50 meter. Jarak umpakan antara air terjun pertama dengan kedua tidak terlalu jauh, yaitu 15 Meter. 

Meskipun air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun memiliki lebar yang cukup luas. Keindahan curug Puncak Jeruk memikat hati para wisatawan. Karena tebingnya berumpak-umpak menyerupai anak tangga, pengunjung dapat menaiki tebing air terjun yang pertama hingga berada di atasnya dan sekaligus berada dibawah curug yang kedua.

Namun apabila kondisi debit air sungai Ciletuh sedang deras, tangga alami tersebut akan tertutup air dan sangat berbahaya apabila kalian memaksakan diri menaikinya.

Untuk mencapai lokasi wisata alam Curug Puncak Jeruk ini harus melintasi medan jalan yang penuh tantangan sepanjang lima Kilo Meter dari Jalan Raya Walura. Bagi kalian yang akan berkunjung disarankan menggunakan motor trail atau mobil Offroad karena melintasi jalan terjal dan tidak beraspal.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata, pengunjung akan menyusuri perkebunan pinus, perkebunan cengkeh dan pesawahan milik warg. Rute yang dapat ditempuh oleh pengunjung yang berasal dari luar Sukabumi diantaranya:

Buat kalian yang berasal dari Jakarta dapat menggunakan jalur Bogor- Cibadak – Cikembang- Warungkiara - Bagbagan Jembatan Kuning Palabuhanratu – Simpenan – Cigaru - Kiara dua - Pertigaan Waluran – Cimulk, lalu Desa Mekarmukti, Kp.Cigodeg. Berikutnya perjalanan dilanjutkan sekitar 4 Kilo Meter lagi menyusuri hutan pinus untuk masuk ke kawasan Curug Puncak Jeruk. 

Untuk yang berangkat dari Bandung bisa langsung menuju Kota Sukabumi, kemudian dilanjutkan ke Pangleseran - Yonif 310- Cibatu - Jampang Tengah- Lengkong - Kiara dua - Pertigaan Waluran - Cimulk lalu Desa Mekarmukti, Kp.Cigodeg. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri Hutan Pinus untuk masuk ke kawasan Curug Puncak Jeruk, sejauh 4 Kilo Meter.

Baca juga artikel tentang  Wisata alam Gunung Tangkuban Parahu

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar