21 January 2017

Nasi Kasreng kuliner khas Luragung Kuningan

Nasi Kasreng
Nasi Kasreng
Satu lagi kuliner khas Kabupaten Kuningan yang wajib dicoba oleh para pemburu kuliner Nusantara saat berkunjung ke kawasan kota kecil yang berbatasan dengan Cirebon , yaitu makanan sederhana yang berasal dari daerah Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Rumah makan atau warungnya berada dipinggir jalan raya Luragung yang sekaligus berada di pinggir sawah, sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan. Apa lagi pada saat musim tanam padi dan padinya sudah tumbuh serta menghijau, maka pemandangan disekitar rumah makan akan nampak indah. Hamparan sawah dengan padi yang menghijau serta semilir angin pedesaan yang segar memberikan sensasi pemandangan yang menakjubkan.

Masakan kuliner yang dahulunya hanya bisa dijumpai di terminal Luragung dan dijadikan sebagai menu sarapan para supir, kuli panggul, pedagang pasar dan warga kelas bawah lainnya ini bernama Nasi Kasreng.

Pada awalnya nasi Kasreng hanya masakan biasa yang sangat sederhana yang terdiri dari nasi, gorengan, lalapan toge, sambal terasi dan taburan rebon (udang kecil), namun seiring bertambahnya peminat nasi khas Luragung tersebut, maka para penjualnya pun memberikan menu tambahan yang beragam seperti pepes, Ikan mujaer, ikan paray goreng, ayam goreng, cumi, semur jengkol, pete, hingga sop buntut serta masih banyak lagi menu lainnya. 

Selain itu terdapat pula berbagai macam gorengan dan lalap – lalapan  dari sayur segar yang akan menambah selera makan Anda. Satu lagi yang tidak pernah ketinggalan dan menjadi ciri utama nasi Kasreng adalah sambal terasi super pedas, sambal terasi ini sealin memiliki aroma yang khas. Rasanya pun sangat nikmat dan cocok bila dipadukan dengan lalapan segar.

Yang terlihat paling khas dari nasi Kasreng ini adalah nasi panas yang dibungkus berbentuk kerucut dengan ukuran kecil yang dibungkus menggunakan keretas nasi. Semua menu makanan yang ada di warung nasi Kasreng khas Luragung ini disajikan diatas sebuah meja, sehingga memudahkan pengunjung untuk menambahkan menu makan sendiri sesuai selera.

Asal usul nasi Kasreng khas Luragung
Menurut keterangan dari beberapa warga setempat bahwa asal muasal nasi Kasreng ini berasal dari kata khas gorengan. Tapi ada pula yang mengatakan bahwa kata Kasreng berasal dari nama penjual terdahulunya yang paling pertama berjualan nasi Kasreng di terminal Luragung, yaitu ibu Kasrih.

Nama kasrih kemudian namanya dipadukan  dengan kata gorengan sehingga menjadi Kasrih gorengan alias Kasreng, dan dari situlah namanya hingga sekarang menjadi nama sebuah makanan kuliner kebanggaan Luragung yang diminati orang banyak . 

Saat ini warung nasi Kasreng tidak hanya dapat dijumpai di Luragung saja, tapi sudah menjamur dibeberapa wilayah Kota Kuningan. Meskipun beberapa warung tersebut bukan berada di wilayah Luragung, namun soal ciri khas nasi Kasrengnya tidak pernah dihilangka dan tetap menyajikan menu utamanya yaitu, nasi panas yang dibungkus berbentuk kerucut, gorengan, toge, sambal terasi super pedas dan rebon.

Warung nasi kasreng mulai buka jam enam pagi dan selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung saat memasuki jam makan siang tiba, kebanyakan pengunjung warung nasi khas Luragung ini adalah para pekerja yang sedang berisitirahat, namun banyak pula para pengunjung yang sengaja beristirahat saat melakukan perjalanan.

Menu yang banyak serta harga yang terjangkau menjadi alasan mengapa nasi Kasreng begitu banyak peminatnya, anda tidak perlu merogoh uang banyak untuk bisa menikmati menu makanan yang tersedia, apa lagi semua menu masakan yang disajikan oleh pemilik warung dimasak dadakan, sehingga terjamin kesegarannya.

Kini pengunjung warung nasi Kasreng tidak hanya supir dan kaum buruh pasar saja, bahkan para pejabat pun banyak yang sengaja datang utuk menikmati menu makanan yang sederhana dan harganya murah meriah.

Nama menu kuliner khas Luragung ini semakin dikenal oleh masyarakat luas, dimana media sosila menjadi peran utama tersebarnya informasi tentang keberadaan warung nasi Kasreng, maka tidak heran apabila banyak pengunjung yang berasal dari luar wilayah yang sengaja datang hanya untuk mencicipi masakan nasi Kasreng yang fenomenal ini.

Jangan mengaku mengaku pecinta kuliner kalau belum pernah mencicipi nasi Kasreng khas Luragung, karena rasanya yang nikmat akan membuat anda tidak bisa berhenti makan.

Baca juga artikel tentang Hucap kuliner khas Kabupaten Kuningan

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar