Hucap kuliner khas Kabupaten Kuningan

Hucap Kuliner Kuningan
Hucap Kuliner Kuningan
Berkunjung ke Kabupaten Kuningan,Provinsi Jawa Barat, kurang lengkap apabila tidak mencicipi masakan kuliner khas Kota kecil yang berbatasan dengan Kota Cirebon yang memiliki aneka ragam masakan kuliner.

Karena letaknya yang berbatasan dengan Cirebon, Majalengka, bahkan dengan Jawa Tengah, maka masyarakatnya pun sangat beragam, baik itu bahasa, budaya, adat, makanan dan lainnya. Karena memiliki keberagaman dalam segala hal, dalam segi kuliner pun terjadi keragaman dengan cita rasa yang bervariasi, dan salah satu kuliner unggulan Kota Kuningan ini adalah Hucap

Kata hucap mungkin terdengar sedikit asing bagi anda yang bukan warga asli Kuningan, tetapi bagi warganya makanan inin adalah menu andalan saat sarapan atau santap pagi, makan ini sejenis dengan kupat tahu, tapi memiliki rasa yang lebih nikmat.

Hucap adalah sebuah singkatan yang berasal dari kata tahu dan kecap, sesuai namanya hidangan ini terdiri dari campuran tahu, ketupat dan kecap yang disiram dengan saus kacang yang gurih dan nikmat. Warga kuningan sejak dahulu sudah gemar mengkonsumsi Hucap.

Saat ini banyak pedagang yang berjualan hucap di kawasan Kabupaten kuningan, sehingga anda tidak akan kesulitan ketika mencari makanan kuliner yang berbahan utama tahu tersebut.

Hucap Mak Iroh yang melegenda
Salah satu tempat penjual Hucap yang terkenal di Kuningan adalah warung Hucap Mak Iroh atau Mi. Iroh yang berada di sekitaran Jalan Dewi Sartika. Lebih tepatnya berada didekat pusat keramaian Kota Kuningan.

Tempat Hucap Mi. Iroh ini setiap pagi disaat jam sarapan selalu dipadati oleh pembeli, karena rasanya yang sangat enak dan berbeda dari Hucap yang dijual di tempat lain. Maka tidak heran apabila banyak warga yang berlangganan di tempat penjual hucap ternama ini.

Tidak hanya warga lokal yang sengaja datang untuk membeli Hucap di warung Mi. Iroh, para pendatang dari luar wilayah pun banyak yang sengaja mencari lokasi warung Hucap yang kini banyak dibicarakan oleh banyak orang di media sosial.

Rahasia kenikmatan hucap ini berada pada saus kacangnya, dimana saus atau bumbu kacang tersebut terdiri dari campuran kacang tanah yang digoreng, cabe merah, gula jawa, garam dan penyedap yang dihaluskan bersama hingga menyatu.

Selain itu ada juga ketupat sebagai bahan tambahan, ketupat yang biasa dijadikan sebagai campuran hucap ini bukan ketupat biasa karena sudah direbus dengan air merang sehingga kulitnya berwarna cokelat dengan rasa yang lebih nikmat.

Bahan yang paling utama dalam pembuatan Hucap adalah tahu khas Kuningan yang padat dan gurih, untuk menyajikan rasa yang nikmat dan istimewa, tahu buatan lokal tersebut digoreng dadakan dan disajikan saat masih panas. 

Cara penyajian hucap untuk ukuran satu piringtidak terlalu susah, pertama ketupat dibuka kulit pembungkusnya dengan cara dibelah dan kemudian dipotong - potong lalu simpan diatas piring. Kemudian tahu goreng dipotong dan diletakkan diatasnya, berikutnya siramkan saus atau bumbu kacang sesuai kebutuhan dan tambahkan kecap secukupnya. Lalu taburi dengan bawang goreng, hucap yang harum dan pasti rasanya yang lezat pun sudah siap untuk dinikmati. Sebagai makanan tambahan kau bisa menambahkan kerupuk dan bakwan yang biasanya sudah tersedia di meja. 

Hucap memiliki rasa yang sangat khas dan cocok untuk lidah orang Indonesia, karena bumbu kacangnya yang harum dan gurih serta kecap manis yang legit memberikan cita rasa yang berbeda. Maka sangat pantas apabila Hucap ini dijadikan sebagai makanan kuliner tujuan anda saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

Sepiring hucap saat sarapan dipagi hari akan memberikan tambahan semangat untuk menjalani harimu. Harganya pun relatif terjangkau, karena pembeli hanya perlu mengeluarkan uang sebesar delapan sampai sepuluh ribu saja sudah bisa menikmati Hucap yang enak. Tentunya apabila menambahkan makanan lainnya harganya pun akan bertambah.

Selamat berburu kuliner khas Kuningan yang enak dan nikamat serta membuat perut kenyang dan pastinya harganya pun murah meriah.

Baca Juga artikel tentang  Liz Palace Inn Hotel dan Cafe Pasta Elegan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar