Kuliner Khas Desa Subang Kuningan

Kuliner Khas Desa Subang Kuningan
Kuliner Khas Desa Subang Kuningan

Berburu kuliner di kawasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, seakan tidak pernah ada habisnya karena disetiap pelosok terdapat makanan kuliner khas masing – masing. Salah satu kuliner khas Desa Subang yang paling terkenal adalah wajit Subang dan beberapa olahan masakan lainnya.

Desa Subang yang berada dibawah pemerintahan Kecamatan Subang merupakan salah satu bagian dari Kabupaten Kuningan bagian Selatan yang berbatasan dengan Kecamatan Cilebak dan Kecamatan Selajambe.

Selain memiliki obyek wisata Cipanas dan Curug Parakan Panjang yang sudah mulai diminati banyak wisatawan, desa ini memiliki olahan kuliner khas yang sudah dikenal sejak lama, di antaranya wajit Subang, Sale pisang, dan oncom.

Apabila berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Desa Subang, kurang lengkap rasanya bila pada saat pulang tidak membawa oleh – oleh khas dari desa yang memiliki kesenian tradisional zaman buhun yang bernama seni Rudat ini.

Wajit Subang

Kuliner yang manis dan legit ini terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi adonan karamel, kemudian dibungkus menggunakan kulit jagung yang sudah kering.

Wajit Subang memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan wajit lainnya. Selain rasanya yang lebih legit karena menggunakan gula merah asli tanpa campuran, wajit ini tidak lengket dengan pembungkusnya karena bagian luarnya lebih kering, sedangkan bagian tengahnya basah.

Kuliner wajit ini sangat cocok bila dihidangkan bersama kopi pahit atau teh pahit. Tidak heran bila Anda bertamu di Desa Subang akan disuguhi makanan manis dan legit tersebut karena sudah menjadi tradisi warganya sejak dulu kala.

Wajit Subang tidak hanya dijadikan sajian saat menjamu tamu di rumah. Hampir dalam setiap acara hajatan atau acara besar lainnya makanan berbungkus kulit jagung tersebut selalu ada dan seakan - akan menjadi hidangan wajib.Untuk mendapatkan makanan kuliner khas Desa Subang ini kalian dapat membelinya di pasar Subang. Kuliner ini dijual dalam bentuk kemasan plastik dengan harga yang relatif murah.

Sale Pisang khas Subang

Berhubung daerah ini berada di kawasan pegunugan, banyak tumbuhan dan buah-buahan. Salah satunya adalah pohon pisang yang tumbuh hampir di setiap perkebunan warga.

Karena tanaman pisang yang melimpah terkadang banyak buah pisang yang terisisa dan tidak dimakan sehingga akhirnya membusuk. Untuk memanfaatkan pisang yang terbuang begitu saja, salah satu warga Desa Subang berinisiatif membuat sale pisang dan ternyata rasanya enak. Selain itu, sale pisang pun laku pesat saat dijual di pasar. Sale pisang khas Desa Subang ini ada dua macam, yaitu berbentuk pipih dan ada juga yang digulung.

Cara membuat sale pisang ini cukup mudah. Pertama – tama pisang diiris tipis lalu dijemur hingga setengah kering dan setelah dijemur biasanya pisang menjadi lebih kenyal. Kemudian pisang di tumpuk atau berbentuk anyaman, lalu dipress.

Setelah pisang berbentuk pipih, lalu dimasukan kedalam adonan tepung, kemudian digoreng. Sale pisang khas Subang ini rasanya sedikit manis dan renyah. Kalau beli sale ini jangan cuma satu bungkus karena akan ketagihan dan susah berhenti ngemil.

Oncom Subang
Oncom Subang
Pic : By Sukirman

Oncom Subang

Kuliner ini merupakan makan khas Jawa Barat yang terbuat dari kacang tanah. Cara membuatnya juga nggak terlalu rumit. Kacang tanah dikukus lalu didinginka, kemudian ditaburi ragi kusus untuk oncom, maka jadilah makanan enak dan lezat yang bernama oncom.

Oncom Subang warnanya sedikit abu kehitaman dan rasanya pun beda dari oncom lainnya karena kuliner ini murni tanpa campuran bahan lain. Semakin berjamur atau berbulu halus, maka rasanya akan semakin enak. Biasanya oncom Subang ini lebih enak lagi apabila dimasak dengan kuah bening.

Kuliner hasil permentasi kacang tanah ini dapat dibeli di pasar Subang, tapi tidak setiap hari ada karena penjualnya hanya menjajakan barang dagangannya pada saat hari tertentu, yaitu hari Kamis dan Minggu (poe pasar) dan penjualnya rata – rata sudah lanjut usia.

Bagaimana, penasaran kan dengan kuliner khas Desa Subang ?

Kalau kalian melintas di kawasan Desa Subang atau berwisata ke Cipanas Subang, sebaiknya berhenti dulu di pasar yang berada tidak jauh dari masjid Agung dan kantor Kecamatan Subang.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar