Nasi Kasreng kuliner khas Luragung Kuningan

Nasi Kasreng
Nasi Kasreng

Satu lagi kuliner khas Kabupaten Kuningan yang wajib kalian coba saat berkunjung ke kawasan kota kecil yang berbatasan dengan Cirebon yaitu makanan sederhana yang berasal dari daerah Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.


Masakan kuliner yang dulunya hanya bisa dijumpai di terminal Luragung dan dijadikan sebagai menu sarapan para supir, kuli panggul, pedagang pasar dan warga kelas bawah lainnya ini bernama Nasi Kasreng.

Pada awalnya, nasi Kasreng hanya masakan biasa dan sangat sederhana yang terdiri dari nasi, gorengan, lalapan toge, sambal terasi dan taburan rebon (udang kecil). Namun seiring bertambahnya peminat para penjualnya pun memberikan menu tambahan yang beragam seperti pepes, Ikan mujaer, ikan paray goreng, ayam goreng, cumi, semur jengkol, pete, hingga sop buntut.

Selain itu, ada juga berbagai macam gorengan dan lalapan dari sayur segar yang akan menambah selera makan. Satu lagi yang tidak pernah ketinggalan dan menjadi ciri khas nasi Kasreng adalah sambal terasi super pedas. Sambal terasi ini selain memiliki aroma yang khas, rasanya pun sangat nikmat dan cocok bila dipadukan dengan lalapan segar.

Yang terlihat paling khas dari nasi Kasreng ini adalah nasi panas yang dibungkus berbentuk kerucut dengan ukuran kecil yang dibungkus menggunakan keretas nasi. Semua menu makanan yang ada di warung nasi Kasreng khas Luragung ini disajikan di atas meja untuk memudahkan pengunjung yang ingin tambah menu makan sendiri sesuai selera.

Asal usul nasi Kasreng khas Luragung

Menurut keterangan dari beberapa warga setempat, nasi Kasreng ini berasal dari kata khas gorengan. Tapi ada pula yang mengatakan bahwa kata Kasreng berasal dari nama penjual terdahulunya yang paling pertama berjualan nasi Kasreng di terminal Luragung, yaitu ibu Kasrih.

Nama kasrih kemudian namanya dipadukan  dengan kata gorengan sehingga menjadi Kasrih gorengan alias Kasreng. Dari situlah namanya hingga sekarang menjadi nama sebuah makanan kuliner kebanggaan Luragung yang diminati orang banyak . 

Saat ini warung nasi Kasreng tidak hanya dapat dijumpai di Luragung. Tapi sudah menjamur di beberapa wilayah Kota Kuningan. Meskipun beberapa warung tersebut bukan berada di wilayah Luragung, ciri khas nasi Kasrengnya tidak pernah dihilangkan. Mereka tetap menyajikan menu utamanya yaitu, nasi panas yang dibungkus berbentuk kerucut, gorengan, toge, sambal terasi super pedas dan rebon.

Warung nasi kasreng mulai buka jam enam pagi dan selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung saat memasuki jam makan siang. Kebanyakan daripengunjung warung nasi khas Luragung ini adalah para pekerja yang sedang berisitirahat. Tapi, nbanyak pula pengunjung yang sengaja beristirahat saat melakukan perjalanan.

Menu yang banyak serta harga yang terjangkau menjadi alasan mengapa nasi Kasreng begitu banyak peminatnya. Kalian tidak perlu merogoh uang banyak untuk bisa menikmati menu makanan yang tersedia. Apa lagi semua menu masakan yang disajikan oleh pemilik warung dimasak dadakan dan terjamin kesegarannya.

Kini pengunjung warung nasi Kasreng tidak hanya supir dan kaum buruh pasar, para pejabat pun banyak yang sengaja datang utuk menikmati menu makanan yang sederhana dan harganya murah meriah tersebut.

Nama menu kuliner khas Luragung ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tidak heran bila banyak pengunjung yang berasal dari luar wilayah yang sengaja datang hanya untuk mencicipi masakan nasi Kasreng yang fenomenal ini.

Jangan mengaku mengaku pecinta kuliner kalau belum pernah mencicipi nasi Kasreng khas Luragung, karena rasanya yang nikmat akan membuat kalian tidak bisa berhenti makan.

Baca juga artikel tentang Hucap kuliner khas Kabupaten Kuningan

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar