Empat Hotel berkelas International akan segera dibuka di Indonesia


Meliá Hotels International
Meliá Hotels International
Meliá Hotels International melirik kawasan Asia Pasifik untuk pembukaan property barunya dan akan membuka empat hotel baru di Indonesia. Jaringan perusahaan hotel ternama asal Spanyol, Meliá Hotels International melirik kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia untuk memperkuat portofolio perusahaan dengan pembukaan property barunya. Rencananya, di Indonesia Meliá Hotels International akan membuka 4 hotel baru di 4 kotabesar, yaitu Meliá Pekanbaru, Innside Yogyakarta, Sol House Bali Legian, dan Meliá Bandung.

Demikian dikatakan Vice Chairman dan CEO Meliá Hotels International Gabriel Escarrer dalam siaran persnya di Jakarta,  Rabu (18/01/2017), yang memaparkan rencana ekspansi serta strategi perusahaan dalam menjawab berbagai tantangan di tahun 2017. Meliá Hotels International berencana membuka banyak property baru di kawasan Eropa, Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah, dan Afrika. Khusus untuk kawasan Asia Pasifik, Meliá Hotels International akan meresmikan 6 hotel baru lewat berbagai merek seperti Gran Meliá, Meliá, dan Sol Hotels.

Escarrer juga menekankan kembali komitmen perusahaan untuk meningkatkan kepemimpinan Meliá Hotels International dalam hotel resor dan mengembangkan lebihlanjut diversifikasi internasional dari produk hotel mereka, terutama didestinasi aman seperti Asia, Mediterania dan Karibia. Escarrer menegaskan di tahun ini mereka akan membuat 23 hotel baru di berbagai destinasi di 15 negara. Perusahaan juga melakukan renovasi dan reposisi produk hotel resor di Spanyol, seperti Magaluf Mallorca, dimana perusahaan telah berinvestasi lebih dari 200 juta Euro dan di Torremolinos Malaga yang menghabiskan biaya 40 juta Euro.

Ekspansi ini menyusul performa positif perusahaan selama tahun 2016 dimana pada tingkat operasional, seluruh regional termasuk kota-kota hotel di Spanyol, laporan RevPAR (revenue per available room) menunjukkan angka lebih tinggi dari pendapatan tertinggi perusahaan yang pernah dicapai pada tahun 2007, dengan peningkatan hamper mendekati dua digit. Padatahun 2016, Meliá Hotels International telah membuka sebanyak 19 hotel baru di 10 negara berbeda. Peningkatan performa juga tercermin dari pendapatan EBITDA dan angka Net Profit yang berada di atas ekspektasi pasar. Secara finansial, Escarrer juga mengatakan terjadi penurunan yang signifikan pada utang perusahaan yang kini berada dalam tingkat rendah, sebagai tambahan atas peningkatan hasil financial perusahaan.

Respons strategis untuk tantangan dan tren terbaru
Escarrer mengungkapkan beberapa tantangan yang akan dihadapi perusahaan di tahun ini, antara lain ekonomi kolaboratif dan hiper-segmentasi permintaan, konsolidasi industri, serta tantangan digital.

Dalam menyingkapi hiper-segmentasi dari permintaan pariwisata dan maraknya system ekonomi kolaboratif, Meliá Hotels International menawarkan berbagai merek baru dan menargetkan 2017 sebagai tahun untuk melengkapi pembaharuan arsitektur merek mereka khususnya untuk segmen resor, seperti Sol Hotels dan sub-brand Sol House, Sol Beach House dan Sol Katmandu, serta segmen urban-bleisure (business and leisure) Meliá dan Innside by Meliá. 

"Kami akan mempersembahkan lebih banyak pilihan brand, pelayanan dan kualitas lebih baik, dan tentunya memperkuat kepemimpinan kami dalam segmen resor,"jelas Escarrer.

Mengenai konsolidasi industri, Escarrer menegaskan Meliá Hotels International menargetkan untuk menjadi lebih besar, tetapi tetap menjadi spesialis dalam segmenresor dimana perusahaan sudah menjadi  pemimpin di laga internasional. Perusahaan juga berkomitmen untuk membangun aliansi strategis untuk pertumbuhan dan reposisi produk, strategi yang memungkinkan perusahaan untuk memperkuat diri dalam tingkat korporasi dan bertumbuh secaras trategis, bersama dengan beberapa dana investasi internasional.

Dalam menjawab tantangan digital, Escarrer secara khusus menggaris bawahi keberhasilan perusahaan dalam melakukan transformasi. 

"Kami bangga bahwa Meliá Hotels International berhasil bertransformasi dan memimpin evolusi digital dari bisnis kami dengan menggunakan system terbaru serta dibukanya kanal B2B (business to business) serta B2C (business to consumer).Kami juga telah menggunakan sistembaru untuk penjualan, personalisasi dan pendapatan manajemen, serta situs melia.com yang lebih fungsional dan dapat diakses dari berbagai tipe perangkat.”

Sebagaibagiandari program "Meliá Digital", perusahaan telah mengembangkan kapabilitas dan kanal penjualan dan komunikasi baru baik untuk pasar B2C maupun B2B melalui agen perjalanan dan operator tur, sehingga memungkinkan perusahaan meningkatkan penjualan secaraonline sebanyak 30 % di tahun 2016. 

Mengenai Meliá Hotels International
Ditemukan pada tahun 1956 di Palma de Mallorca (Spanyol), Meliá Hotels International merupakansalahsatuperusahaan hotel internasionalterbesarsekaligusmenjadipionirdalampasarSpanyol, denganlebihdari 370 hotel (data terkini) di lebihdari 41 negaradan 4 benua di bawahberbagaimerk hotel ternama: Gran Meliá Hotels & Resorts, Paradisus Resorts, ME by Meliá, Meliá Hotels & Resorts, Innside by Meliá, Sol Hotels & Resorts dan TRYP by Wyndham. Strategi yang berfokus padapertumbuhan internasional telah membawa Meliá Hotels International menjadi perusahaan hotel Spanyolpertama yang hadir di berbagai pasar unggulan seperti China, Teluk Arab atau Amerika Serikat, serta mempertahankan posisi terdepannya dalam pasar tradisional seperti Eropa, Amerika Latin atau Karibia. 

Tingkat globalisasi yang tinggi, model bisnis yang beragam, rencana pertumbuhan yang konsisten didukung oleh aliansi strategi dengan berbagai investor utama serta komitmen terhadap pariwisata yang bertanggung jawab adalah kekuatan utama dari Meliá Hotels International sebagai hotel Spanyol yang memimpindalam Corporate Reputation (Merco Ranking) danmerupakansalahsatuperusahaan yang paling diminatiuntukkerjasama di seluruhdunia. Meliá Hotels International termasuk dalam indeks pasar saham Spanyol IBEX 35. (IT)

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar