12 November 2018

Jelajah Dapur Umami Pabrik Ajinomoto Karawang

Pabrik Ajinomoto Karawang
Pabrik Ajinomoto Karawang. 
Jelajah Dapur Umami Pabrik Ajinomoto Karawang - Setelah bulan lalu menghadiri acara blogger gathering eat well, live well with umami dan mendapatkan penjelasan bahwa MSG aman untuk dikonsumsi, akhirnya Mimin bersama 30 Food Blogger lainnya mendapat kesempatan untuk mengikuti acara Blogger Goes to Ajinomoto Factory.

Blogger Goes to Ajinomoto Factory ini merupakan kunjungan langsung ke PT Ajinomoto Indonesia Karawang Factory yang beralamat di  Jln. Harapan Raya, Blok JJ No. 1, Sirnabaya, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Rombongan food blogger berangkat dari Bandung menuju Karawang dengan menggunakan bus pariwisata.  Singkat cerita, setelah menempuh perjalanan selama dua jam akhirnya tiba di PT Ajinomoto Karawang. 

Setibanya di lokasi langsung disambut oleh petugas dan kemudian diarahkan ke sebuah ruangan yang di dalamnya sudah tertata rapi kursi dan meja. Ternyata ruangan tersebut adalah kantin Pabrik Ajinomoto Karawang.

Ajinomoto Bakery

Sejak awal sudah terkagum-kagum dengan kebersihan area pabrik. Ditambah lagi ketika memasuki ruangan kantin yang super bersih dan rapi, bikin betah dan nyaman. Di atas meja kantin sudah disediakan air mineral dan roti tanpa merek.

Ternyata oh ternyata, Ajinomoto tidak hanya memproduksi bumbu penyedap rasa, tapi ada juga produk bakery. Ajinomoto Bakery diproduksi di pabrik Karawang Timur yang telah beroperasi sejak tahun 2016.

Pembuatan Ajinomoto Bakery dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan menggunakan teknologi modern. Bahan yang digunakan pun tidak sembarangan. Ajinomoto Bakery menggunakan bahan baku pilihan, sehingga menghasilkan rasa yang enak, lembut di mulut, dan bikin ketagihan. 

Pabrik Ajinomoto Karawang

Sambil menikmati kelezatan Ajinomoto Bakery, rombongan blogger Bandung mendapat penjelasan dari Public Relation Departemen Manager, Muhammad Fachrurozy, tentang produk apa saja yang diproduksi di Pabrik Karawang. 

Menurut Muhammad Fachrurozy, PT Ajinomoto Indonesia Karawang Factory merupakan Pabrik  Ajinomoto kedua di Indonesia yang didirikan pada tahun 2012. Pabrik Karawang tidak memproduksi MSG Ajinomoto, karena produk tersebut hanya diproduksi di Jawa Timur.

Pabrik Ajinomoto Karawang memproduksi tiga jenis bumbu masak yang menciptakan Kelezatan Sejati Rasa Umami yang terdiri dari Sajiku, Saori, dan Masako. Ketiga produk tersebut diolah menggunakan mesin berteknologi canggih, sehingga hasilnya lebih sempurna dan dijamin higienis.

Proses pengolahan air limbah PT Ajinomoto Karawang
Proses pengolahan air limbah PT Ajinomoto Karawang
Berbeda dengan pabrik industri lainnya, Pabrik Ajinomoto sudah menerapkan teknologi industri ramah lingkungan. Tidak menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan sekitar, karena limbah sisa industri diolah kembali menjadi air bersih dengan melewati beberapa tahap penyulingan.

Setelah benar-benar bersih dan tanpa terkontaminasi zat kimia, air dialirkan ke danau yang ada di kawasan industri. Nantinya air tersebut akan digunakan kembali untuk proses produksi.

Berikut ini tiga jenis produk Ajinomoto yang diproduksi di pabrik Karawang.

1. Sajiku
Bumbu masak Sajiku terdiri dari dua macam, yaitu Sajiku Tepung Bumbu (STB) dan Sajiku Bumbu Praktis Siap Pakai. 
- Sajiku Tepung Bumbu dibuat dari racikan apik antara tepung dan rempah pilihan yang bisa digunakan untuk membuat gorengan dengan cara praktis. Selain praktis, STB bisa membuat hasil gorengan memiliki rasa dan aroma yang lezat serta renyah.
- Sajiku Bumbu Praktis Siap Pakai terbuat dari rempah-rempah yang telah dikeringkan, sehingga dapat membuat masakan jadi lezat tanpa tambahan bumbu lainnya. Bumbu masak ini dapat digunakan untuk masakan favorit keluarga sehari-hari.

2. Saori
Saori merupakan saus yang dibuat dari bahan pilihan bermutu yang didatangkan dari negara asalnya. Saus buatan Ajinomoto ini telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia dan bisa menjadikan masakan sehari-hari lebih istimewa. Saori terdiri dari tiga varian rasa yaitu, saus tiram, saus teriyaki, dan saus asam manis.

3. Masako
Masako adalah bumbu kaldu penyedap rasa yang terbuat dari daging ayam dan sapi asli serta campuran rempah-rempah berkualitas. Bumbu kaldu instan ini bisa memberikan rasa dan aroma daging asli yang berkualitas pada masakan. 

Breafing sebelum jelajah Pabrik Karawang
Breafing sebelum jelajah Pabrik Karawang

General Safety di PT Ajinomoto

Sebelum menjelajah seluruh area produksi pabrik Ajinomoto Karawang, Tim menjelaskan tata cara mengunjungi pabrik. Pabrik Ajinomoto dilengkapi emergency equipment, yaitu alat pemadam api ringan (APAR), fire hydrant, fire alarm, sprinkler system dan supporting by klinik 24 jam. 

Sebelum berkeliling area kerja pengunjung diingatkan untuk mematuhi peraturan yang ada. Berikut ini beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh pengunjung.
Wajib didampingi selama berkunjung.
Dilarang memotret tanpa mendapat izin.
Merokok hanya diperbolehkan di area yang disediakan.
Tidak diperbolehkan makan/minum di area kerja.
Tetap berjalan di area yang sudah ditentukan di area pabrik.

Safety Induction for Visitor PT. Ajinomoto

Meskipun hanya sekedar berkunjung dan melihat-lihat aktivitas yang terjadi di dalam pabrik, pengunjung wajib memperhatikan faktor keselamatan/ safety induction for visitor. 
Jika terjadi tanda bahaya atau alarm system berbunyi di area kerja, pengunjung disarankan untuk :
Tetap tenang saat kondisi keadaan darurat.
Ikuti intruksi yang diberikan pemandu saat terjadi keadaan darurat.
Jika ada perintah evakuasi, segera tinggalkan area kerja dan menuju area aman.
Jika terpisah dari rombongan, ikuti rambu-rambu yang tersedia untuk menuju area aman.

Sky walk/ walk way di Pabrik Ajinomoto Karawang
Sky walk/ walk way di Pabrik Ajinomoto Karawang

Ada Sky Walk di Pabrik Ajinomoto Karawang

Setelah selesai mendapatkan pengarahan, seluruh peserta Blogger Goes To Ajinomoto Factory diajak masuk ke area kerja. Ketika hendak masuk kawasan produksi, pengunjung harus menaiki anak tangga terlebih dahulu.

Kemudian berjalan di atas walk way/sky walk yang panjang, bersih, dan instagramable. Sambil menikmati pemandangan kompleks pabrik Karawang yang terlihat begitu jelas dari ketinggian, pengunjung bisa berfoto ria sesuka hati.

Ketika sedang berada di atas sky walk, dalam hati penuh tanya. Kenapa mesti menggunakan jalur atas, kan ruang produksinya ada di bawah? Sambil menikmati suasana sekitar terus memikirkan hal tersebut. 

Akhirnya sebuah jawaban muncul secara tiba-tiba ketika melihat mobil-mobil besar yang keluar masuk ruang produksi. Mobil tersebut mengangkut bahan dan hasil produksi. Jadi tujuan dibangunnya spinal way ini adalah sebuah strategi supaya karyawan, staf, bahkan pengunjung/tamu tidak mengganggu proses pendistribusian barang, begitu juga sebaliknya. 

Rombongan food blogger kemudian diarahkan ke sebuah pintu masuk. Ukurannya tidak terlalu lebar, karena memang hanya untuk dilewati manusia. Ternyata ini adalah ruang produksi Saori. 

Setelah melintasi pintu, kemudian menuruni anak tangga dan melintasi lorong (visitor corridor). Pada bagian kanan kiri lorong ini dihiasi dengan display produk Saori dan tersedia juga spot foto untuk pengunjung. Tempat berfoto yang disediakan adalah meja lesehan ala Jepang. Ya temanya sesuai dengan negeri tempat Ajinomoto pertama kali diproduksi.

Dalam ruangan ini tercium aroma yang sudah tidak asing lagi wanginya, karena di rumah sering mencium baunya. Tampak para pekerja sedang beraktivitas di dalam ruangan yang dibatasi dengan kaca. Proses produksi Saori sudah menggunakan mesin dan robot berteknologi tinggi, jadi karyawannya hanya melakukan pengecekan barang.  

Puas  sudah menjelajah tempat produksi Saori. Kemudian rombongan blogger diarahkan ke tempat produksi Masako. Di ruangan ini area spot fotonya lebih luas dan dipajang juga miniatur mesin pengolahan produk masako. Yang jadi sfot foto andalan di sini adalah dapur masako yang instagenik

Ada dua macam dapur masako yang bisa dijadikan sebagai background foto yaitu dapur ala tahun 1990-an dan dapur modern/dapur kekinian. Untuk ruang produksi Masako sama saja dengan ruang kerja yang sebelumnya. Di sini juga sudah menggunakan mesin dan robot.

Berikutya penjelajahan yang terakhir adalah ruang produksi Sajiku. Tempat pembuatan bumbu racik ini mungkin bisa dibilang paling instagramable. Terbukti pengunjung paling betah  berlama-lama untuk mendapatkan foto keren di tempat yang terakhir ini.

Pengunjung bisa berfoto ala koki yang sedang memasak nasi goreng atau fried chicken. Selain itu ada juga gerobak dorong yang dijadikan tempat memajang aneka produk Sajiku.

Wisata Industri Kekinian di Pabrik Ajinomoto Karawang

Akhirnya selesai sudah penjelajahan di Pabrik Ajinomoto Factory Karawang. Rombongan Blogger pun kembali ke kantin untuk makan siang bersama pegawai yang sedang istirahat. 

Selama penjelajahan di Pabrik Karawang, Mimin sangat terkesan dengan kebersihan di seluruh area pabrik. Dari mulai memasuki kantin hingga menjelajah ketiga ruang produksi, semuanya sangat bersih. Ini membuktikan bahwa Ajinomoto sangat mengutamakan kebersihan dan higienitas.

Pabrik Ajinomoto Karawang memadukan industri dengan wisata kekinian. Jadi beginilah yang dinamakan wisata industri. Siapa pun bisa berkunjung dan menyaksikan proses produksi dan disediakan pula tempat-tempat untuk berfoto. Karena di zaman now seperti saat ini berfoto di tempat yang unik adalah sebuah kebutuhan digital yang wajib dipenuhi.

Alamat PT Ajinomoto Indonesia Karawang Factory :
Jl. Harapan Raya, Blok JJ No. 1, Sirnabaya, Telukjambe Timur, Sirnabaya, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Provinsi: Jawa Barat
Telepon: (021) 89114141
Website : www.ajinomoto.co.id
Instagram : @dapurumami

5 komentar on Jelajah Dapur Umami Pabrik Ajinomoto Karawang

ternyata suasana pabriknya menyenangkan dan nyaman, bahkan ramah untuk pengunjung ya!

pengen balik lagi buat foto-foto di jembatanya akutuuu :D

Boleh balik lagi kok, lagian bawa kamera gak dipake.. hihi

Banyak tempat yang instagramable ya...jadi betah lama-lama di sana. Eh, asa ingin frozen bakery-nya lagi, enaknya bikin ketagihan hihihi

Kebutuhan digital yang wajib dipenuhi. Spinnal way-nya keren. Suka banget, asalkan nggak sendirian di situ.
Btw, jerawatku bukan objek wisata digital, Abaaah :p #getok

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar