Taman Wisata Cisantana Kuningan

Posted by

Taman Cisantana Kuningan
Taman Cisantana Kuningan
Destinasi wisata yang indah terkadang awalnya hanya sebuah tempat yang diangap biasa saja dan tidak memiliki nilai wisata, namun setelah mendapat   sedikit perubahan ternyata berubah total menjadi sebuah tempat wisata yang trend, salah satunya adalah Taman Wisata Cisantana yang berlokasi di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Taman Wisata Cisantana ini sebelumnya adalah sebuah tempat penambangan batu, bahkan sampai saat ini pun masih ada beberapa warga yang menambang batu di area bukit berbatu ini. Setelah dilakukan perubahan oleh pihak Pemerintahan Desa, dengan cara membangun taman beserta fasilitas pendukung lainnya, maka tempat ini berubah total dan menjadi sebuah trend wisata yang dicari-cari para wisatawan.

Sebuah tebing batu yang berdiri kokoh dan indah menjadi ikon utama objek wisata Taman Cisantana ini, setiap pengunjung yang berfoto dengan background tebing batu tersebut, maka akan terlihat sangat indah, bahkan ada yang berpendapat bahwa hasil fotonya terlihat seperti sedang berada di luar Negeri.

Tebing batu besar yang menjulang tinggi dan memanjang serta tamanan kaktus yang tumbuh disekitarnya menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto. Karena lokasi objek wisata ini berada di dataran tinggi, maka udara disekitarnya terasa dingin dan menyejukan jiwa. Area taman Cisantana ini sering kali diselimuti kabut tipis, sehingga ketika tebing batu sedang diselimuti kabut, maka pemandangan diatasnya terlihat sangat indah dan seperti sedang berada diatas awan.

Taman bunga Cisantana
Taman bunga Cisantana
Tidak hanya menjadi background foto, tebing batu ini pun bisa dinaiki oleh pengunjung, melalui jalan yang sudah disediakan, yaitu dari samping tebing. Berada di atas tebing batu ini, pemandangan disekeliling terlihat jelas, begitu pula dengan taman yang ada di bawah tebing batu, terlihat begitu indah dengan desainnya yang unik, yaitu bagian tengah taman berbentuk kelopak bunga matahari.

Taman yang ada di kawasan Kecamatan Cigugur sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, lampu penerangan, lahan parkir untuk motor dan mobil, gazebo (saung), gapura atau pintu masuk , tempat pemungutan tiket masuk serta warung-warung penjual makanan dan minuman.

Rute menuju taman Cisantana Kuningan
Untuk yang akan berkujung ke lokasi wisata taman Cisantana, patokan utamanya dari pusat Kota Kuningan langsung menuju kearah kolam renang Cigugur, setelah tiba di sana belok kanan mengikuti jalur Cigugur-Palutungan hingga menemukan villa Radio,  ketika menemukan sebuah gapura besar bertuliskan Selamat datang di Taman Wisata Cisantana lalu belok kiri dan masuk sekitar 200 Meter hingga menemukan tempat pemungutan tiket masuk.



Blog, Updated at: 3:04 AM

2 komentar: