Taman Wisata Cisantana Kuningan

Taman Cisantana Kuningan
Taman Cisantana Kuningan

Destinasi wisata yang indah terkadang awalnya hanya sebuah tempat yang diangap biasa dan tidak memiliki nilai wisata. Namun setelah mendapat sedikit sentuhan bisa berubah total menjadi tempat wisata yang populer seperti Taman Wisata Cisantana yang berlokasi di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Taman Wisata Cisantana sebelumnya adalah sebuah tempat penambangan batu. Setelah dilakukan perubahan oleh pihak Pemerintahan Desa dengan cara membangun taman beserta fasilitas pendukung lainnya, tempat ini berubah total menjadi sebuah tempat wisata yang banyak dicari wisatawan.

Sebuah tebing batu yang berdiri kokoh dan indah menjadi ikon utama objyek wisata Taman Cisantana. Setiap pengunjung yang berfoto dengan background tebing batu tersebut akan terlihat sangat indah. Bahkan ada yang berpendapat bahwa hasil fotonya terlihat seperti sedang berada di luar Negeri.

Tebing batu besar yang menjulang tinggi dan memanjang serta tamanan kaktus yang tumbuh di sekitarnya menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berfoto. Lokasi taman ini berada di dataran tinggi dan udaranya pun terasa dingin dan sejuk.

Area taman Cisantana sering kali diselimuti kabut tipis. Ketika tebing batu sedang diselimuti kabut, pemandangan di atasnya terlihat sangat indah seperti sedang berada di atas awan.


Taman bunga Cisantana
Taman bunga Cisantana

Taman Wisata Cisantana Kuningan tidak hanya menjadi background foto, tebing batu ini pun bisa dinaiki melalui jalan yang disediakan di samping tebing. Dari atas tebing batu ini pemandangan di sekeliling terlihat sangat jelas. Begitu pula dengan taman yang ada di bawah tebing batu, terlihat begitu indah, bagian tengah tamannya berbentuk kelopak bunga matahari.

Taman yang ada di Kecamatan Cigugur ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, lampu penerangan, lahan parkir untuk motor dan mobil, gazebo (saung), gapura atau pintu masuk , tempat pemungutan tiket masuk serta warung-warung penjual makanan dan minuman.

Rute Menuju Taman Cisantana Kuningan

Untuk yang akan berkujung ke lokasi wisata taman Cisantana, patokan utamanya dari pusat Kota Kuningan langsung menuju ke arah kolam renang Cigugur. Setelah tiba di sana belok kanan mengikuti jalur Cigugur-Palutungan hingga menemukan villa Radio.  Ketika menemukan sebuah gapura besar bertuliskan Selamat datang di Taman Wisata Cisantana lalu belok kiri dan masuk sekitar 200 Meter hingga menemukan tempat pemungutan tiket masuk.

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar