Sambut Bulan Ramadan, Syaamil Luncurkan Mushaf Tilawah Quba dan Program Jami

Syaamil Luncurkan Mushaf Tilawah Quba dan Program Jami
Mushaf Tilawah Quba.

Sambut Bulan Ramadan, Syaamil Luncurkan Mushaf Tilawah Quba dan Program Jami - Bulan Ramadan adalah bulan suci dalam agama Islam di mana umat Muslim berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari sebagai bentuk ibadah. Selain puasa, Ramadan juga diisi dengan berbagai aktivitas keagamaan, salah satunya adalah tilawah Al-Quran. Tilawah Al-Quran merupakan membaca atau mendengarkan bacaan Al-Quran dengan baik dan benar.


Pada bulan Ramadan, aktivitas tilawah Al-Quran sering kali meningkat karena umat Muslim berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak ibadah. Banyak yang memilih untuk membaca Al-Quran sendiri atau mendengarkan bacaan Al-Quran melalui rekaman, baik secara individu maupun dalam kelompok, seperti pada shalat tarawih di masjid.


Tilawah Al-Quran di bulan Ramadan tidak hanya diisi dengan membaca, tetapi juga memahami makna dan pesan yang terkandung di dalamnya. Banyak umat Muslim yang mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan hubungan spiritual mereka dengan Allah SWT dan memperdalam pemahaman terhadap ajaran Islam melalui Al-Quran.


Syaamil Luncurkan Mushaf Tilawah Quba


Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dengan nuansa qurani, Syaamil meluncurkan Mushaf Tilawah Quba, pada Sabtu (3/2/24). Mushaf terbitan terbaru ini dilengkapi dengan warna lebih terang, nyaman dibaca, khat lebih tebal, dan penanda tajwid berwarna yang sesuai dengan standar Kemeterian Agama Republik Indonesia.


Mushaf Tilawah Quba terdiri dari 4 varian warna yang bisa kita pilih sesuai selera yaitu merah, hitam, hijau, dan biru. Mushaf ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan termurah di kelasnya. Quran Quba dirancang untuk menemani tilawah harian dengan lebih nyaman, khususnya selama bulan Ramadan yang notabene intensitas tilawah umat muslim cenderung meningkat.


Mushaf Tilawah Quba
Launching Mushaf Tilawah Quba


Kegiatan launching Mushaf Quba yang diselenggarakan di area parkir kantor pusat Syaamil Group ini dihadiri Chief Commercial Officer (CCO) Syaamil Group, Indra Laksana; CEO Syaamil Quran, Arifin Purnomo; Ketua DKM Al-Hidayah Kiaracondong & Al-Maksudi Gede Bage; serta perwakilan Rumah Syaamil, agen, dan Wakaf Salman sebagai mitra Syaamil.


Selain itu, turut hadir pula berbagai komunitas yang ada di Kota Bandung, seperti komunitas ojek online dari Grab dan lainnya, sepeda onthel, Federal Bike Indonesia (FBI), Warung Sedekah, dan One Day One Juz (ODOJ).


Acara peluncuran Mushaf Tilawah Quba dan Program Jelajah Masjid Indonesia dibuka dengan tilawah Al-Quran oleh salah satu perwakilan anggota komunitas ojek online mengaji.


Indra Laksana mewakili Syaamil berterima kasih dan berbahagia atas kolaborasi yang terjalin. “Syaamil sangat bersyukur dan berbahagia atas lahirnya mushaf terbaru dari Syaamil, yakni Mushaf Tilawah Quba. Sesuai dengan tujuan mushaf ini dirancang, semoga Mushaf Tilawah Quba dapat tersebar seluas mungkin, sehingga dapat diakses secara masif oleh umat muslim”. ujar Indra.


Indra pun berharap, dengan adanya Mushaf Tilawah Quba dapat mendukung aktivitas membaca Al-Quran menjadi lifestyle umat muslim di Indonesia, sehingga bangsa kita Allah berkahi melalui Quran. Terlebih dengan adanya program Jami yang di-kickoff hari ini, akan menjadi sebuah pemicu mushaf ini semakin menyebar di masjid-masjid yang ada di Indonesia.


Selanjutnya, CEO Syaamil Quran memperkenalkan Mushaf Tilawah Quba. “Mushaf Quba kami rancang sebagai #SahabatTilawah kita semua. Kami harap, dengan mushaf ini, umat muslim di Indonesia semakin mudah mengakses Al-Quran berkualitas, serta semakin nyaman membaca Al-Quran setiap hari,” ujar Arifin.


wakaf mushaf Al-Quran beserta raknya
Penyerahan wakaf sejumlah mushaf Al-Quran beserta raknya


Sebagai bentuk syukur atas peluncuran mushaf tilawah Quba, pihak Syaamil menyerahkan wakaf sejumlah mushaf Al-Quran beserta raknya untuk Masjid Al-Hidayah Kiaracondong dan Masjid Al-Maksudi Gede Bage, untuk mengganti mushaf-mushaf yang sudah rusak di masjid tersebut. 


Harapannya, mushaf-mushaf tersebut dapat dibaca oleh jamaah setiap hari, terutama di bulan Ramadan, agar pahala para pewakaf senantiasa mengalir seiring mushafnya dibaca.


Pelepasan Tim Jelajah Masjid Indonesia


Selain launching Mushaf Tilawah Quba, Syaamil juga mengehelat kick off program Jelajah Masjid Indonesia (Jami). Program jelajah masjid ini mengutus tim khusus untuk mengunjungi masjid-masjid yang ada di Indonesia. 


Tujuan diselenggarakannya program tersebut adalah untuk menghidupkan masjid dengan beragam kegiatan qurani, seperti wakaf mushaf Al-Quran, training Al-Quran, beberes masjid, dan menyiapkan kebutuhan perlengkapan masjid sesuai kebutuhan.


penyematan rompi kepada tim Jami
Penyematan rompi kepada tim Jelajah Masjid Indonesia


Sebagai penutup acara, dilaksanakan penyematan rompi kepada tim Jami oleh Indra Laksana sekaligus sebagai pelepasan tim Jelajah Masjid Indonesia menuju Masjid Al-Maksudi di Gede Bage dalam rangka silaturahmi dan menyampaikan titipan amanah mushaf Al-Quran. Keberangkatan rombongan Jelajah Masjid Indonesia ini diikuti oleh iring-iringan rombongan komunitas sepeda ontel, federal, dan ojek online.


Melalui Mushaf Tilawah Quba dan program Jami ini Syaamil berharap akses masyarakat terhadap Al-Quran dan kegiatan qurani dapat semakin mudah dan terjangkau untuk masyarakat dengan kondisi sosial ekonomi yang beragam. Syaamil pun mengajak sebanyak-banyaknya lembaga dan komunitas untuk kolaborasi bersama mengambil peran mulia 'membumikan Al-Quran' di Indonesia.


Mari kita manfaatkan bulan Suci Ramadan sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan merenungi dan membaca Al-Quran. Tilawah Al-Quran adalah amalan yang penuh berkah, memberikan ketenangan dan keberkahan.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar