Medical Check Up Tahunan, Perlukah?

Medical Check Up Tahunan, Perlukah?
Medical Check Up Tahunan.
Sumber gambar : istockphoto.com. 


Medical Check Up Tahunan, Perlukah? - Pemeriksaan kesehatan seringkali diabaikan saat kondisi tubuh merasa sehat. Padahal melakukan upaya preventif seperti medical check up tahunan lebih dianjurkan ketika tubuh “baik-baik saja” atau belum timbul gejala sakit. 


Kondisi tubuh yang sehat dan fit akan memudahkan dokter memeriksa kesehatan secara menyeluruh, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kesempatan medical check up rutin ini juga dapat Anda manfaatkan untuk berkonsultasi lebih jauh dengan dokter tentang masalah kesehatan yang dialami.


Manfaat Medical Check Up (MCU) Tahunan 


Medical check up tahunan akan membantu dokter mendiagnosis penyakit atau gangguan kesehatan pada fase awal yang selama ini  mungkin tidak disadari. Dengan deteksi dini, maka penyakit akan lebih mudah ditangani dan tingkat kesembuhan pasien dapat lebih optimal. Karena alasan itulah, medical check up (MCU) sebaiknya rutin dilakukan setiap 1 atau 2 tahun sekali.


Selain itu, manfaat pemeriksaan kesehatan tahunan juga penting untuk:


1. Mengetahui Adanya Risiko Penyakit Tertentu


Dengan melakukan MCU secara rutin, dokter dapat mendeteksi risiko penyakit yang bisa muncul di kemudian hari. Terlebih jika dalam keluarga terdapat riwayat kesehatan yang meningkatkan risiko Anda untuk mewarisinya, seperti diabetes, kanker, dan lainnya. 


Dokter akan menyarankan Anda melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat guna mengurangi risiko kesehatan yang berpotensi terjadi di masa depan. Misalnya saran untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga tertentu dan diet guna mencegah atau mengendalikan penyakit.



2. Mendeteksi Gangguan Kesehatan Sejak Dini


Beberapa penyakit terkadang tidak menunjukkan gejala yang jelas. Contohnya, hipertensi dan diabetes. Namun, melalui pemeriksaan tekanan darah, berat badan dan kadar kolesterol, dokter dapat mendeteksi tanda-tanda awal penyakit tersebut.


Dengan demikian, pemeriksaan kesehatan rutin memberikan kesempatan bagi dokter untuk mendeteksi gejala penyakit lebih dini dan merujuknya ke dokter spesialis yang sesuai. Melalui penanganan yang tepat, penyakit dapat diobati sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih serius.



3. Memperbaharui Vaksinasi


Vaknisasi tidak hanya penting untuk bayi dan anak-anak, orang dewasa juga perlu memperbarui secara rutin. Ketika menjalani medical check up , Anda juga akan mendapatkan vaksinasi tahunan yang direkomendasikan oleh dokter. Vaksinasi ini umumnya dijadwalkan selama pemeriksaan fisik atau dokter memberikan saran tentang vaksinasi yang diperlukan.


Contohnya, vaksinasi influenza untuk pencegahan flu musiman. Melakukan vaksinasi sesuai jadwal sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit seperti Hepatitis B, Pneumonia, Tifus, dan Influenza.



4. Memperbarui Informasi Kesehatan


Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun bermanfaat untuk memperoleh informasi terkini tentang kesehatan Anda. Dokter juga akan merekomendasikan pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit yang dialami dan mengoptimalkan kesehatan.


Misalnya, untuk memastikan adanya gejala kanker payudara, dokter akan menginstruksikan Anda untuk skrining mammogram. Deteksi dini kanker serviks dengan rutin melakukan pap smear. Dokter juga menyarankan untuk meningkatkan kesehatan dan menambah imunitas dengan vaksinasi influenza, pneumonia, herpes zoster, dan lainnya.



5. Arsip Riwayat Kesehatan


Riwayat kesehatan Anda akan tercatat secara sistematis jika rutin memeriksakan kesehatan. Catatan riwayat kesehatan menginformasikan pemeriksaan yang dijalani, hasil tes, dan daftar obat. Arsip ini menjadi acuan ketika Anda dirujuk berobat ke dokter spesialis di rumah sakit lain.



6. Menghemat Biaya Pengobatan


Tindakan pencegahan lebih mudah dilakukan daripada pengobatan. Secara finansial, mencegah penyakit biayanya juga lebih murah. 


Anggaran yang perlu disiapkan untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini gejala penyakit jantung, stroke, maupun kanker tentunya tidak sebesar ketika harus melakukan tindakan operasi. Risiko tindakan pencegahan juga lebih rendah dibandingkan penanganan medis yang lebih invasive.


7. Mendapatkan Lebih Banyak Kontrol atas Penyakit Kronis


Ketika Anda divonis mengalami penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, radang sendi, atau asma, maka perawatan rutin pantang untuk diabaikan. Dengan melakukan pemeriksaan tahunan, Dokter dapat memantau kesehatan Anda dan memastikan penyakitnya terkendali.


Dalam kunjungan rutin MCU,  dokter secara intensif akan mengevaluasi kondisi tubuh Anda dan memastikan bahwa perawatan yang dilakukan sehari-hari sudah efektif. Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, Anda dapat mengelola penyakit kronis agar tidak berkembang menjadi semakin parah dan memastikan perawatan yang dilakukan sudah tepat.


8. Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit


Dengan melakukan pemeriksaan, dokter dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh pasien dan potensi berbagai penyakit. Hal ini menjadi acuan dokter dalam melakukan pencegahan agar tidak terjadi komplikasi penyakit lainnya.


MCU juga berfungsi untuk memastikan kondisi pasien siap untuk menjalani proses pengobatan tertentu. Kesiapan pasien ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan tindakan medis dan proses pengobatan yang dilakukan. 


Menimbang manfaat yang begitu besar, sudah semestinya Anda menjadikan medical check up tahunan sebagai investasi kesehatan yang berharga. Luangkan waktu meskipun kesibukan sehari-hari menyita Anda. Raihlah hidup yang lebih sehat dan bahagia.


Baca juga : Mudah dan Cepat! Panduan Lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar