Manfaat P2P Lending untuk Sektor Keuangan Masyarakat

 

Manfaat P2P Lending untuk Sektor Keuangan Masyarakat
Investasi P2P Lending 
Sumber gambar : freepik.com.

Manfaat P2P Lending untuk Sektor Keuangan Masyarakat - Ketika kita bicara soal investasi, ada banyak sekali rekomendasi model investasi yang bisa dicoba. Rata-rata menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk investasi p2p lending. Kita tentu harus memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Maka dari itu, bila tertarik dengan layanan peer-to-peer lending, kita juga harus mengenal manfaat p2p lending seperti apa.

Jangan khawatir bila kalian masih pemula dalam hal ini. Karena kita akan membahas mengenai apa itu p2p lending, apa saja manfaat investasi peer-to-peer lending dan investasi p2p lending seperti apa yang seharusnya dipilih.

Apa Itu Investasi P2P Lending?


Merujuk pada laman OJK (Otoritas Jasa Keuangan), p2p lending adalah platform yang mempertemukan antara pemilik dana dan peminjam dana. Pemilik dana (lender) dapat memberikan pinjaman kepada debitur (borrower), dan mendapatkan return yang lebih tinggi.

OJK juga menjelaskan bahwa p2p lending merupakan layanan pinjam-meminjam uang (dalam mata uang rupiah) antara kreditur dan debitur berbasis teknologi informasi. Maka dari itu, layanan p2p lending sering dikategorikan sebagai fintech.

Lalu, manfaat seperti apa yang kita dapatkan dari investasi p2p lending? Berikut penjelasannya.

Manfaat P2P Lending 


Jika kalian tertarik mencoba investasi peer-to-peer lending, berikut beberapa manfaat p2p lending yang bisa kalian rasakan, antara lain:

1. Pinjaman Modal Usaha

Ketika merencanakan sebuah usaha atau bisnis, kalian pasti akan kebingungan mengenai sumber modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Mengajukan pinjaman melalui layanan p2p lending bisa jadi solusi cepat dan aman.

Dengan layanan ini, kalian bisa mendapat pinjaman dana tanpa harus mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan. Meski begitu, proses pinjaman yang dilakukan terjamin aman, selama layanan yang digunakan diawasi oleh OJK.

2. Proses yang Lebih Mudah

Selain menyediakan aplikasi yang memudahkan pengguna, layanan peer-to-peer lending juga memberikan kemudahan dalam pencairan dana. Proses pinjaman yang kalian ajukan lebih cepat dan mudah bila dibandingkan dengan bank, koperasi, dan semacamnya.

Walau begitu, peminjam dana memiliki kewenangan memilih bisnis mana yang ingin mereka berikan pinjaman. Jadi pastikan usaha yang didaftarkan memiliki reputasi yang baik.

3. Lebih Aman

Layanan p2p lending seperti Amartha memberikan rasa aman bagi kalian sebagai pengguna. Karena layanan atau platform yang disediakan diawasi langsung oleh OJK. Sehingga kalian akan terhindar dari kerugian akibat menggunakan layanan di luar pengawasan lembaga terkait.

Amartha Sebagai Rekomendasi Investasi P2P Lending Terbaik


Apabila saat ini kalian mencari layanan p2p lending yang bisa memberikan pinjaman dana, kalian bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Amartha. Perusahaan ini telah terbukti berhasil menjalankan bisnisnya dengan stabil selama 13 tahun terakhir.

Kalian bisa menggunakan layanan pendanaan seperti pinjaman kelompok, pinjaman modal kerja, dan pinjaman multiguna.

Sementara bagi yang memiliki perusahaan atau startup, dan ingin memberikan pendanaan kepada pemilik bisnis, kalian bisa mencoba layanan investasi p2p lending seperti Loan Channeling, Embedded Lending dan Embedded Investment.

Semua bisa dilakukan dengan mudah dalam satu aplikasi. Sehingga kalian juga bisa melihat progress dari pinjaman maupun pendanaan yang dilakukan. Untuk info lebih lengkap, kalian bisa mengunjungi website resmi Amartha.

Setelah mengetahui kelebihan p2p lending dan manfaat investasi p2p lending, semestinya kalian sudah lebih yakin untuk melakukan pinjaman atau pendanaan usaha. Sehingga usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan pesan, dan terus melakukan inovasi. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan akan memberikan dampak positif bagi banyak orang.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar