Liga Buku Jabar Juara 2023, Pameran Buku Terbesar dan Terlengkap di Jawa Barat

Liga Buku Jabar Juara 2023

Liga Buku Jabar Juara 2023, Pameran Buku Terbesar dan Terlengkap di Jawa Barat - Menurut data yang dikeluarkan oleh UNESCO, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah dalam bidang literasi. Hasil survey tersebut mengindikasikan bahwa minat baca yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Dengan minat baca yang rendah, besar kemungkinan kita salah menerima suatu informasi, karena saat ini hampir semua informasi tersaji lewat tulisan. Teknologi juga sangat berpengaruh terhadap minat baca masyarakat, terutama teknologi berbasis visual seperti medsos, game, dan sejenisnya.


Salah satu contoh kecil rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, sekarang sudah jarang orang yang membaca buku tutorial atau membaca resep masakan. Mereka lebih memilih nonton video tutorial atau video resep masakan.


Meningkatkan minat baca masyarakat di tengah euforia penggunaan gadget di semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tidaklah mudah dan banyak tantangannya. Namun, upaya mendorong minat baca masyarakat harus tetap dilakukan. Salah satunya adalah melalui kegiatan pameran buku.


Agar bisa menarik perhatian dan minat masyarakat, pameran buku harus dikemas dalam konsep yang berbeda dari pameran biasa. Semua pihak bisa terlibat di dalamnya dengan melakukan promosi serta membiayai penyelenggaraan pameran tersebut. Dengan adanya pameran buku, siapa pun berkesempatan memiliki buku kesayangan.


Liga Buku Jabar Juara 2023


Liga Buku Jabar Juara, Panggung Kreatifitas Literasi Seru Jawa Barat


Setelah vakum kurang lebih 2 tahun, akhirnya event pameran buku terbesar di Jawa Barat kini hadir di Kota Bandung dengan nama baru, yaitu Liga Buku Jabar Juara (LBJJ).  Bazar buku bertemakan "Panggung Kreatifitas Literasi Seru Jawa Barat" ini akan berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 22 September sampai 01 Oktober 2023, bertempat di GOR Saparua Kota Bandung.


Liga Buku Jabar Juara merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang kemudian diwujudkan sebagai salah satu bentuk panggung seru kreatifitas literasi Jawa Barat. Pameran buku yang dulunya dinamai Liga Buku Bandung ini bekerja sama dengan 50 penerbit buku, dengan total lebih dari 3000 judul buku yang dipamerkan. 


Event bazar buku ini terbuka untuk umum tanpa adanya biaya masuk alias gratis. Harga buku yang dijual di pameran ini nggak bikin kantong jebol alias ramah di kantong.  Para penerbit yang tergabung dalam Liga Buku Jabar Juara ini memasang harga murah dan ada diskon hingga 90%.  Para peserta pameran berani pasang harga murah karena mereka tidak perlu membayar uang stand di pameran buku ini.


Buku yang ada di pameran Liga Buku Jabar Juara ini menampilkan banyak kategori, di antaranya: Al-Qur'an, buku-buku Best Seller, buku seri, Novel, Iptek Sains, Sosial Budaya Politik, Buku Anak, Buku Parenting, serta buku-buku Hobby dan Skill.


Selain pameran buku, ada berbagai event menarik yang diinisiasi oleh Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), Syaamil Group, dan beragam komunitas. Banyak event menarik yang diselenggarakan, seperti talkshow, bedah buku, penampilan musik, dan lomba-lomba.


Liga Buku Jabar Juara 2023
Pembukaan Liga Buku Jabar Juara 2023 di Gor Saparua Bandung.


Pembukaan Liga Buku Jabar Juara 2023


Pameran Liga Buku Jabar Juara 2023 dibuka secara resmi oleh Sekda Jawa Barat, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng., pada 22 September 2023, bertempat di GOR Saparua Kota Bandung.


Wangsaatmaja menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jabar berkomitmen untuk terus meningkatkan minat membaca masyarakat. Pihaknya pun menawarkan untuk mengeluarkan surat edaran ke sekolah-sekolah terdekat dari lokasi pameran agar siswa-siswinya berkunjung ke lokasi pameran Liga Buku Jabar Juara. 


"Saya kira itu bantuan nyata sekaligus untuk memperkenalkan kepada anak-anak masa kini yang mereka tidak pernah tahu, bahwa ada satu pameran buku seperti ini." Kata Wangsaatmaja.


Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat Drs. Mahpudi S.Sos, M.T. mengatakan bahwa menyelenggarakan pameran buku pada era sekarang sungguh sesuatu yang tidak mudah. Di satu sisi kita baru saja melalui masa yang sulit. Dimana pertemuan dengan banyak orang seperti ini dilarang dan kitapun dilarang meyelenggarakan pameran. Padahal pameran buku adalah urat nadi dari industri perbukuan.


"Industri ini paling terpukul ketika Pandemi, ada sekitar 40% anggota IKAPI Jabar tidak bisa menerbitkan buku dan megalami mati suri. Sehingga dalam waktu 3 tahun pelaku industri buku harus puasa. Alhamdulliah setelah melalui masa sulit, hari ini kita kembali bangkit untuk mengembangkan literasi." kata Mahpudi


Beliau menambahkan, tantangan yang tidak kalah penting adalah persaingan antara membaca buku dengan membaca gadget. Kalau bicara tentang membaca, yang harus disediakan adalah waktu dan perhatian. Kalau waktu dan perhatiannya tersedot oleh gadget, hampir dipastikan waktu untuk membaca buku akan lebih sedikit.


Ketua panitia Liga Buku Jabar Juara, M. Kh. Rachman Ridhatullah mengatakan, Alhamdulillah setelah menunggu 3 tahun, akhirnya Liga Buku Bandung bisa hidup kembali pada tahun ini dan telah melakukan rebranding menjadi Liga Buku Jabar Juara.


"Acara pameran ini berlangsung selama 12 jam setiap harinya, dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam dengan 40 sesi acara literasi. Inilah yang membedakan pameran buku Liga Buku Jabar Juara dengan pameran lainnya." Kata Rachman.


Rachman berharap, Liga Buku Jabar Juara ini dapat menjadi pemicu meningkatnya indeks literasi warga Jawa Barat, khususnya kota Bandung. Insha Allah kita berharap pada tahun ini Liga Buku Jabar Juara sekaligus juga ingin diusulkan menjadi destinasi wisata literasi Jawa Barat.


Lokasi Pameran Buku Liga Buku Jabar Juara 2023:

Gelanggang Olahraga Saparua,

Jl. Banda No.28, Citarum, Kec. Bandung Wetan, 

Kota Bandung, Jawa Barat.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar