Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol, Segera Hentikan

Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol, Segera Hentikan
Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol, Segera Hentikan
Sumber gambar frepik.com.

Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol, Segera Hentikan - Apakah selama ini kalian sudah menabung tapi uang tidak kunjung terkumpul? Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami tabungan jebol atau terkuras habis. Bisa jadi kalian memiliki kebiasaan-kebiasaan sepele yang tanpa disadari telah menguras uang tabungan. Apabila kebiasaan tersebut dibiarkan maka kalian tidak akan bisa mengejar financial goals hingga terancam kesulitan dalam keuangan. 


Mungkin kalian merasa pengeluaran-pengeluaran kecil yang dilakukan sebagai hal sepele. Namun jika pengeluaran tersebut terjadi setiap hari maka bisa membuatmu terpaksa merogoh dana tabungan hingga perlahan jebol. Oleh karena itu, kalian perlu menyadari dan menghentikan kebiasaan-kebiasan yang memicu borosnya keuangan.


Supaya kegiatan menabung lebih efektif dan aman, maka sebaiknya buka rekening online yang diperuntukkan khusus untuk tabungan. Dengan memisahkan uang kebutuhan sehari-hari dan dana untuk tabungan, maka kalian bisa menghindari keinginan untuk menggunakan tabungan. Lantas apa saja kebiasaan atau hal sepele yang membuat tabungan jebol dan perlu dihentikan?


Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol


Setiap orang pastinya ingin bisa menabung dengan lancar dan cepat terkumpul sesuai target. Menyisihkan uang untuk alokasi tabungan mungkin sudah dilakukan, tapi jika masih kerap mengambil atau menggunakan sebagian uang tabungan maka kegiatan menabung bakal berantakan atau terhambat. 


Seringkali saat uang di kantong sudah habis, kalian tergerak menggunakan dana tabungan untuk beberapa hal yang dirasa sepele tapi bikin boros. Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang perlu dihindari agar tabungan tidak jebol.


1. Menggunakan Aplikasi Online secara Tidak Bijak


Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk melakukan berbagai hal dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Salah satunya berbelanja secara online, baik itu membeli pakaian, perangkat elektronik, maupun makanan. Sebenarnya apabila kegiatan tersebut dilakukan dengan wajar sesuai kondisi keuangan maka tidak ada salahnya. 


Namun tidak sedikit orang yang menggunakan aplikasi online secara tidak bijak. Meskipun mungkin hanya membeli barang-barang atau makanan yang tidak terlalu mahal, tapi jika terlalu sering melakukannya maka bisa berdampak besar pada keuangan. Saat berbelanja secara online, kita juga dikenakan biaya admin, ongkos kirim, atau lainnya yang tanpa disadari cukup menguras kantong. 


2. Mudah Tergoda Belanja di Minimarket


Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol, Segera Hentikan
Hal Sepele yang Bikin Tabungan Jebol, Segera Hentikan
Sumber gambar frepik.com.


Minimarket adalah tempat yang nyaman untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. Hadirnya minimarket sebenarnya cukup membantu bagi orang-orang yang mencari produk-produk seperti makanan, minuman, hingga perlengkapan. Namun seringkali saat berada di supermarket, tidak sedikit orang mudah tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. 


Kebiasaan sepele tersebut menjadi salah satu penyebab tabungan susah terkumpul hingga perlahan menyusut. Contohnya, ketika berencana membeli sabun mandi tetapi ketika melihat barang-barang lain kalian tertarik untuk membelinya juga. Padahal barang tersebut tidak penting dan tidak dibutuhkan. 


Produk makanan ringan atau cemilan seringkali membuat kita tergoda untuk membeli, yang mana awalnya hanya pergi untuk membeli kebutuhan pokok. Jadi saat belanja di minimarket, kita harus bisa mengendalikan diri dan hanya membeli barang yang dibutuhkan. 


3. Kecanduan Game Online


Bermain game adalah aktivitas yang menyenangkan dan dapat mengasah otak. Namun, sayangnya, tidak semua game dapat dimainkan secara gratis. Ada beberapa game yang mengharuskan kita untuk berlangganan atau membayar untuk bisa memainkannya. Seringkali pengeluaran untuk main game ini yang menyebabkan keuangan berantakan hingga bikin tabungan jebol.  


Tanpa disadari saat kita keasyikan atau kecanduan bermain game, ada beberapa pengeluaran yang dilakukan meski dirasa sepele. Misalnya, membeli elemen-elemen tertentu untuk meningkatkan kekuatan tokoh game. Kalian mudah tergoda melakukan top up untuk memenuhi hasrat bermain game. Sebaiknya kurangi atau bahkan hentikan aktivitas game online yang bikin boros, apabila ingin tabungan bisa berkembang. 


4. Sering Beli Air Mineral di Luar


Pengeluaran untuk beli air mineral tanpa disadari juga perlahan menguras kantong. Ketersediaan air mineral kemasan yang dijual di pasaran memang cukup membantu bagi orang-orang yang membutuhkan air minum secara praktis. 


Namun apabila terlalu sering beli air mineral di luar maka bisa membuat keuangan jadi boros. Meskipun harganya terasa kecil hanya Rp 2.000 hingga Rp 10.000, namun jika melakukan pembelian secara terus-terusan maka pengeluaran juga akan terus bertambah.


Untuk menghemat uang, kita dapat membawa air minum dari rumah. Selain lebih banyak isinya, kita juga dapat mengisi ulang secara gratis di beberapa tempat yang menyediakan refil air. 


Solusi agar Tabungan Bisa Berkembang


Berikut ini beberapa tips atau langkah yang perlu diterapkan agar tabungan bisa berkembang:


1. Evaluasi Keuangan


Evaluasi keuangan merupakan langkah penting untuk melihat kondisi keuangan dan memikirkan strategi dalam pengelolaan keuangan selanjutnya. Dengan melakukan evaluasi, kita bisa tahu apa saja pengeluaran yang bisa ditekan serta memaksimalkan alokasi keuangan. Termasuk menentukan perencanaan kegiatan menabung, mulai dari besaran uang yang dialokasikan, jadwal rutin menabung, dan lainnya. 


2. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran


Tanpa adanya catatan keuangan, kita tidak tahu secara rinci berapa jumlah uang yang bisa kita hasilkan dan pengeluaran-pengeluaran yang telah dilakukan. Oleh karena itu, kita perlu membuat catatan pemasukan dan pengeluaran. Dengan memiliki catatan tersebut, kita bisa memilah apa saja kebutuhan yang menjadi prioritas. Kita juga bisa menyusun alokasi tabungan dan mempertahankan kegiatan menabung secara konsisten. 


3. Hemat dari Hal Kecil


Mulai berhemat dari hal kecil juga menjadi cara efektif untuk membuat tabungan bisa berkembang. Cara-cara berhemat bisa dilakukan secara sederhana, mulai dari membawa botol minum sendiri ketika bepergian, membawa bekal dari rumah ketika berangkat ngantor, dan lainnya. 


4. Hindari Perilaku Konsumtif


Di era digital sekarang ini banyak orang mudah melakukan perilaku konsumtif. Jika ingin tabungan bertumbuh, maka hindari perilaku konsumtif. Jadi ketika ingin menggunakan uang, pastikan kalian mempertimbangkan secara matang dan realistis mengenai manfaat atau kegunaannya.


Menggunakan Rekening Online untuk Menabung


Bagaimana kini apakah kalian sudah tidak bingung dan bertanya-tanya kemana larinya uang tabungan kalian? Selama ini mungkin tidak sadar kerap melakukan sejumlah kebiasaan-kebiasaan yang terkesan sepele namun bisa membuat tabungan jebol. Mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut dan kelola uang secara bijak. 


Supaya lebih efektif dan terkontrol dalam menabung, kalian perlu membuka rekening bank terpisah untuk tabungan. Rekening bank adalah tempat penyimpanan uang yang aman agar dana tabungan tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi saat ini sudah ada rekening online yang memudahkan kita untuk mengatur dan memantau keuangan. 


Saat ini kita bisa buka rekening online secara mudah dan persyaratannya nggak ribet. Salah satu rekening online yang bisa kita pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. 


Buka rekening online PermataME bisa dilakukan menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Informasi lebih lengkap mengenai tabungan online PermataME dan pendaftarannya biasa dibaca di sini.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar