Tips Memilih Travel Umroh dan Haji Khusus Terbaik dan Terpercaya


Travel Umroh dan Haji


Tips Memilih Travel Umroh dan Haji Khusus Terbaik dan Terpercaya - Menghadiri panggilan Allah di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji dan umroh merupakan impian umat Muslim di seluruh dunia. Berkunjung ke Tanah Suci menjadi panggilan yang begitu dinanti untuk mendekatkan diri kembali pada Sang Pencipta.


Namun, untuk menjalani ibadah ini memerlukan waktu, biaya, dan kemampuan fisik agar kita bisa menunaikannya dengan nyaman dan hikmat. Maka dari itu, kita butuh menyiapkan banyak hal, salah satunya persiapan memilih biro perjalanan atau Travel Umroh dan Haji Khusus Terbaik yang amanah.


Travel umroh dan haji adalah perusahaan yang menyediakan jasa perjalanan ibadah haji dan umroh meliputi perencanaan, pemesanan tiket, pembuatan visa, serta pengaturan akomodasi, dan transportasi selama perjalanan. Bahkan beberapa biro perjalanan juga menyediakan jasa tambahan seperti pemandu wisata, pembimbing ibadah, serta bantuan dalam bahasa asing.


Dengan memilih biro perjalanan ini tentunya lebih praktis, calon peserta hanya tinggal mendaftar dan melakukan pembayaran. Setelah itu segala persiapan mulai dari kelengkapan dokumen, perlengkapan umrah dan haji, penginapan, dan sebagainya sudah ditangani oleh pihak travel. Karena itulah, calon jamaah harus memilih travel umroh dan haji yang terpercaya untuk perjalanan dan ibadah yang nyaman.


Namun, untuk mencari agen travel umrah dan haji yang amanah  dan terpercaya memang gampang-gampang susah karena sekarang banyak bermunculan penyedia jasa biro perjalanan dan banyak juga oknum perusahaan travel yang melakukan penipuan terhadap para calon Jemaah.


Agar terhindar dari penipuan oknum biro perjalanan haji dan umroh, pastikan terlebih dahulu bahwa agen travel yang dipilih memiliki izin umrah dan izin haji resmi yaitu SK Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.


Tips Memilih Travel Umroh dan Haji yang Amanah dan Terpercaya


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih travel haji dan umroh yang amanah dan terpercaya, di antaranya: reputasi travel, paket yang ditawarkan, review pelanggan, fasilitas yang ditawarkan, kelengkapan dokumen, serta komunikasi dengan petugas travel. Berikut ini adalah beberapa tips memilih travel umroh dan haji yang amanah:


1. Cek Izin Agen Travel

Agen travel resmi harus memiliki izin lengkap dari Kementerian Agama (Kemenag) dan terakreditasi A. Agen biro perjalanan haji dan umrah yang aman setidaknya mengantongi izin Pendirian Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK).


Kemenag RI memberikan akses yang mudah untuk memeriksa perizinan travel umroh melalui laman resmi simpu.kemenag.go.id. Calon Jamaah bisa mencari tahu izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), serta bisa mengadukan agen travel umroh yang dianggap telah merugikan.


2. Cek Kantor Agen Travel

Sebelum kita memastikan untuk menggunakan jasa travel umrah dan haji tertentu, pastikan dahulu alamat kantornya. Lakukan kunjungan untuk membuktikan bahwa kantor biro travel tersebut benar-benar ada dan bisa dipercaya. Hal ini juga bisa membantu kita ketika ingin bertanya-tanya langsung dengan pihak biro. Terutama jika penasaran dengan hal yang berkaitan dengan paket umrah dan haji yang ditawarkan.


3. Cek Track Record Agen Travel

Agen travel haji dan umroh yang baik akan memiliki rekam jejak dan testimoni yang baik. Track record perusahaan merupakan aspek penting yang perlu kita perhatikan. Mulai dari tanggal berdiri perusahaan dan kapan diresmikan, apakah pernah terkena kasus jamaah batal berangkat atau tidak, atau mungkin pernah ada yang melaporkan perusahaan tersebut.


Kita juga bisa melakukan survei seberapa banyak jamaah yang telah diberangkatkan dan bagaimana fasilitas yang disediakan dari pengalaman pelanggan agen travel tersebut. Semakin lama perusahaan travel umroh dan haji berdiri, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersebut cukup dapat dipercaya.  


4. Fasilitas dan Pelayanan

Fasilitas dan pelayanan adalah hal yang sangat penting saat memilih agen travel haji dan umroh. Pastikan bahwa biro perjalanan yang dipilih menyediakan fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan. Fasilitas seperti akomodasi, makan, transportasi, dan lain-lain harus memenuhi standar kualitas dan kenyamanan.


5. Jangan Tergiur Harga Murah

Calon jemaah harus waspada terhadap travel umrah dan haji yang menawarkan paket perjalanan dengan harga yang murah dengan fasilitas kelas satu selama perjalanan. Sebagai konsumen kita juga harus memiliki kalkulasi yang logis terkait penawaran harga paket, jangan sampai niat ibadah kita gagal karena tergiur harga yang murah dan berujung penipuan.


6. Pembayaran Jelas dan Transparan 

Biasanya setiap agen travel umroh dan haji menggunakan jasa perbankan dalam urusan transaksi. Rekening yang digunakan adalah atas nama perusahaan, bukan perorangan. Untuk meminimalisir segala kemungkinan terburuk, sebelum melakukan transaksi paket umroh, pastikan bahwa segala bentuk pembayaran ditujukan ke rekening perusahaan. 


7. Waktu Keberangkatan Jelas

Umroh bisa dilakukan sepanjang tahun, tidak seperti ibadah haji. Agen travel umroh dan haji yang amanah dan terpercaya akan memberikan kejelasan terkait jadwal keberangkatan. Bahkan, paket yang mereka tawarkan biasanya tercantum tanggal, bulan, dan tahun keberangkatan.


Hindari travel umroh dan haji yang meminta untuk menunggu selama satu atau dua tahun dengan alasan yang tidak jelas. Ibadah umrah berbeda dengan ibadah haji. Tidak ada daftar antrian, dan biro perjalanan terpercaya bisa memberikan jadwal yang jelas.


8. Pembimbing

Pastikan travel umrah yang dipilih menyediakan jasa pembimbing yang akan menemani Jemaah selama melakukan ibadah di Tanah Suci. Pembimbing ini biasanya berperan sebagai penerjemah saat Jemaah berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, kemudian mengarahkan Jemaah dalam memenuhi rukun umrah, dan memandu saat berkunjung ke tempat wisata.


9. Keamanan dan Kenyamanan

Keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting saat melakukan ibadah haji. Pastikan bahwa agen travel haji dan umroh yang kita pilih memiliki prosedur dan sistem keamanan yang baik untuk melindungi kita selama menjalankan ibadah haji dan umroh.


10. Cek Visa dan Persyaratan Lain

Pastikan calon Jemaah mengetahui persyaratan yang telah ditetapkan oleh biro travel. Periksa secara berkala tentang status visa umrah yang diajukan oleh pihak travel. Visa untuk menjalankan ibadah umrah berbeda dengan visa liburan. Maka dari itu, pastikan bahwa kuota visa dari pihak travel adalah khusus untuk ibadah umrah. Agar jemaah tidak mendapat masalah dengan pihak imigrasi Arab Saudi ketika tiba.


Persiapkan juga berkas-berkas yang diperlukan sesuai dengan ketentuan dari biro perjalanan. Biasanya, calon jamaah harus menyiapkan KTP, Paspor, Kartu Keluarga, dan berkas lain yang dibutuhkan. Berkas-berkas ini bisa disiapkan sebelum mendaftar untuk bepergian ke tanah suci.

Agen Travel Umroh dan Haji Khusus Terbaik


Memang tidak mudah untuk memilih agen travel umroh dan haji yang amanah dan terpercaya. Kita harus lebih teliti dan hati-hati agar terhindar dari oknum biro perjalanan yang tidak bertanggung jawab. Salah satu agen travel haji dan umroh yang amanah dan terpercaya adalah Almira Travel.


Almira Travel menawarkan layanan umroh yang aman, nyaman, dan  transparan, serta menitik beratkan pada nilai-nilai religi. Agen biro perjalanan haji dan umroh yang berada di bawah naungan PT. Almira Berkah Abadi ini berkantor  di Wisma Haroen, Jl. Raya Pasar Minggu No. 2E, Pancoran Jakarta Selatan. 


Selain itu, Almira Travel juga memiliki cabang resmi yang tersebar di beberapa kota besar di seluruh Indonesia, di antaranya Bandung - Jawa Barat, Kudus - Jawa Tengah, Surabaya - Jawa Timur, Serang - Banten, dan Makassar.


Itulah tips memilih travel umroh dan haji khusus terbaik dan terpercaya, semoga bermanfaat dan terhindar dari penipuan agen biro perjalanan haji dan umroh yang tidak bertanggung jawab.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar