Mau Kuliah Lagi? Ini 5 Negara yang Membebaskan Tuition Fee

5 Negara yang Membebaskan Tuition Fee
Sumber gambar: pexels.com

Mau Kuliah Lagi? Ini 5 Negara yang Membebaskan Tuition Fee - Remittance atau kirim uang ke luar negeri bisa digunakan untuk membayar biaya kuliah di kampus-kampus di luar negeri. Layanan perbankan ini bisa kalian dapatkan melalui bank atau kantor pos. 


Dengan biaya pengiriman uang yang lebih rendah dibanding layanan pengiriman uang lainnya, remittance ditujukan untuk semua kalangan masyarakat, bahkan dari daerah yang belum tersentuh layanan keuangan. Keberadaan remittance bisa menjadi pendorong agar masyarakat memiliki rekening perbankan di kemudian hari dan bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan cara yang mudah.


Bagi sebagian orang, kuliah di luar negeri merupakan mimpi besar yang ingin diwujudkan. Kuliah di luar negeri identik dengan sistem pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada teori semata, tapi juga praktik dan riset, hingga pengalaman hidup mandiri dengan beradaptasi terhadap budaya yang berbeda. 


Namun seringkali impian kuliah di luar negeri harus gagal karena tersandung masalah biaya. Kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk membayar uang kuliah atau tuition fee dan biaya hidup, termasuk untuk urusan biaya kirim uang ke luar negeri yang biasanya mahal.


5 Negara yang Membebaskan Tuition Fee
Sumber gambar : pexels.com


Negara yang Membebaskan Tuition Fee


Sebenarnya, beberapa negara di Eropa membebaskan tuition fee sejak lama untuk mahasiswa lokal atau internasional, mulai jenjang S1, S2, hingga S3. Kalian tidak perlu mendaftar beasiswa untuk bisa kuliah secara gratis tanpa perlu repot kirim uang ke luar negeri untuk membayar uang kuliah di kampus-kampus ternama dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. 



Selanjutnya, kalian hanya perlu menyiapkan dana untuk keperluan berangkat ke luar negeri dan biaya hidup selama kuliah, seperti  tiket, asuransi, transportasi sehari-hari, uang makan, dan biaya tempat tinggal. Biaya hidup bisa disiapkan secara mandiri atau mencari beasiswa yang bisa menunjang kehidupan selama kuliah di luar negeri. Berikut ini beberapa negara di Eropa yang membebaskan tuition fee yang perlu kalian ketahui.


1. Jerman


Jerman sangat terkenal dengan kampus top dunia yang menawarkan program studi teknik terbaik. Namun, masih banyak program studi lain yang juga menjadi unggulan negara ini. Sudah sejak lama Jerman membebaskan tuition fee untuk mahasiswa internasional, dengan syarat program studi yang diambil menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar kuliah. 


Pembebasan pembayaran hanya berlaku untuk uang kuliah, kalian tetap dibebankan biaya administrasi atau kontribusi sebesar 150 hingga 250 Euro untuk setiap semester. Biaya ini bisa dibayar menggunakan layanan remittance agar biaya kirim uang ke luar negeri bisa lebih murah dan hemat. Selain itu masih ada biaya hidup sebagai mahasiswa di Jerman yang rata-rata berkisar antara 500 hingga 800 Euro yang wajib dikeluarkan setiap bulannya.


2. Finlandia


Finlandia adalah negara dengan kualitas pendidikan terbaik mulai jenjang pra sekolah hingga S3. Negara ini menyediakan program studi dengan pengantar bahasa Inggris tanpa perlu membayar tuition fee untuk mahasiswa internasional, khusus jenjang S2 dan S3. 


Sedangkan untuk kebutuhan buku, tesis, dan riset, serta biaya hidup tetap menjadi tanggungan kalian. Kisaran biaya hidup di negara yang dekat dengan Kutub Utara ini antara 700 hingga 900 Euro per bulan yang bisa dipenuhi dengan menggunakan layanan kirim uang ke luar negeri melalui bank atau kantor pos terdekat. 


3. Norwegia


Negara yang menyuguhkan pemandangan Eropa Utara yang sejuk dan indah ini menawarkan sistem pendidikan berkualitas dan gratis untuk mahasiswa internasional jenjang S1, S2, dan S3. Sama seperti Jerman, kalian hanya perlu menyiapkan biaya administrasi atau kontribusi sebesar 300 sampai 600 setiap semester, berdasarkan program studi yang diambil. Sedangkan biaya hidup selama tinggal di Norwegia berada di kisaran 750 sampai 900 Euro per bulan. Untuk membayar biaya-biaya tersebut, kalian bisa memanfaatkan layanan remittance yang lebih murah dibanding layanan lainnya.


4. Islandia


Islandia menyediakan pendidikan jenjang sarjana hingga doktoral tanpa tuition fee dengan pengantar bahasa Inggris. Namun kalian harus jeli, karena beberapa program studi hanya tersedia dalam pengantar bahasa Islandia. 


Untuk bisa kuliah di Islandia, kalian harus melewati proses seleksi dengan biaya registrasi berdasarkan kampus dan program studi yang dipilih. Biaya sebesar 100 hingga 250 Euro bisa dibayar dengan cara kirim uang ke luar negeri menggunakan layanan remittance. Selain itu, kalian juga harus membayar biaya administrasi tahunan sebesar 600 Euro.


5. Slovenia


Meski tidak sepopuler negara Eropa lainnya, Slovenia juga menawarkan pendidikan gratis untuk mahasiswa internasional dengan pengantar bahasa Inggris. Kalian hanya perlu menyiapkan dana sebesar 30 Euro untuk biaya administrasi tahunan. 


Selain itu, kalian juga wajib mengeluarkan biaya hidup secara mandiri selama tinggal di Slovenia. Namun tidak perlu khawatir, biaya hidupnya lebih murah dibanding negara lain, yaitu berkisar antara 250-500 Euro saja setiap bulannya. Biaya-biaya tersebut bisa dibayar dari Indonesia melalui layanan pengiriman uang yang tersedia di bank atau kantor pos terdekat. Pastikan layanan tersebut dengan biaya kirim uang ke luar negeri murah agar bisa menghemat dana pendidikan selama kuliah di Slovenia.


Kirim Uang ke Luar Negeri melalui Aplikasi Perbankan


Kabar baik untuk kalian yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kini telah tersedia aplikasi perbankan digital, yaitu digibank by DBS. Aplikasi ini menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri tanpa biaya kirim uang ke luar negeri ke banyak negara di Eropa yang menggunakan mata uang Euro dan beberapa mata uang lainnya. Dengan cara ini, dana pendidikan kalian bisa lebih hemat lagi.


Remittance melalui Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan sederet keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan kuliah di luar negeri, antara lain:


  • Praktis dan mudah menggunakan smartphone selama 24/7.
  • Bebas biaya ongkos kirim uang ke lebih dari 20 negara dengan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.
  • Nilai tukar mata uang kompetitif dan terkini.
  • Proses transfer uang lebih cepat bisa sampai hari itu juga.


Impian kuliah di kampus ternama di luar negeri bisa segera diwujudkan tanpa harus khawatir masalah tuition fee yang besar. Kalian hanya perlu menyiapkan sejumlah dana tambahan yang bisa dibayarkan dengan cara kirim uang ke luar negeri melalui layanan remittance di Aplikasi digibank by DBS. Urusan pembayaran biaya pendaftaran dan administrasi jadi lebih praktis dan hemat. Kalian bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dan detail di sini.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar