Inilah 5 Event Kontes Modifikasi Mobil Paling Populer di Dunia

Kontes Pameran Modifikasi Mobil Dunia
Kontes Pameran Modifikasi Mobil Dunia


Inilah 5 Event Kontes Modifikasi Mobil Paling Populer di Dunia - Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bepergian ke suatu tempat dengan nyaman dan terlindung dari cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan atau panas terik matahari 


Bagi penggemar otomotif, mobil tidak hanya menjadi alat transportasi. Tetapi juga menjadi hobi hingga kebanggan tersendiri. Tidak hanya digunakan dan dirawat, mereka juga memodifikasi mobil dengan berbagai macam alasan yang berbeda. Namun, umumnya mereka melakukan modifikasi dengan tujuan mempercantik tampilan kendaraan kesayangannya.


Modifikasi mobil secara umum adalah mengganti komponen dari part aslinya atau bawaan mencakup body, ban dan velg, ganti head unit, hingga mesin. Sekecil apapun penggantian komponen yang berbeda dari aslinya bisa disebut modifikasi. 


Modifikasi memang bisa mengubah tampilan mobil jadi lebih menarik. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai kegemaran atau hobi. Saat ini, modifikasi bukan hanya kesenangan dan hobi, tapi bisa menjadi sebuah prestasi dan menghasilkan cuan dengan cara mengikuti ajang kontes modifikasi.


Kontes Pameran Modifikasi Mobil Populer di Dunia

Kontes modifikasi mobil adalah acara yang memungkinkan pecinta modifikasi mobil untuk memamerkan karya seni mereka yang telah diubah dengan kreativitas, keahlian, dan imajinasi. Dalam kompetisi ini, para peserta berlomba untuk mendapatkan pengakuan atas upaya mereka dalam mengubah mobil biasa menjadi sebuah karya seni yang luar biasa.


Acara kontes modifikasi mobil biasanya diselenggarakan di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan, atau ajang pameran otomotif. Para peserta akan membawa mobil yang sudah dimodifikasi untuk dihadapkan kepada para juri dan dipamerkan ke penonton. 


Pameran moodifikasi mobil berskala Internasional juga sering diselenggarakan di berbagai negara untuk menarik animo masyarakat, terutama para pecinta dunia otomotif. Berbagai macam teknologi dan produk terbaru juga biasanya bakalan dirilis dan diperkenalkan dalam event tersebut. 


Bahkan pameran-pameran tersebut dimasukkan menjadi program tahunan pabrikan untuk memamerkan karya modifikasi resmi, baik berupa mobil, aksesori, hingga unit high performance hasil karya masing-masing pabrikan. Berikut adalah daftar pameran modifikasi mobil populer di dunia:


1. BlackAuto Battle

Salah satu event kontes dan pameran modifikasi mobil yang populer di dunia berasal dari tanah air tercinta Indonesia, yaitu BlackAuto Battle.


BlackAuto Battle adalah sebuah acara kontes modifikasi mobil yang populer di komunitas pecinta otomotif, terutama di kalangan penggemar modifikator. Acara ini merupakan pertemuan dan kontes modifikasi mobil yang diadakan secara reguler dengan tema “Black” sebagai fokus utama.


Event kontes otomotif ini diselenggarakan sebagai ajang adu kreasi dan inovasi terbaik hasil karya anak bangsa yang diukur melalui tata cara yang terukur, fair dan ketat. Acara ini biasanya melibatkan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari modifikator amatir hingga yang sudah berpengalaman, yang memiliki mobil dengan berbagai gaya dan kategori.


Sebagai barometer dunia car tuning Indonesia, BlackAuto Battle menggandeng tim juri dari asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning). Pemilihan APACT ini bukan tanpa alasan, mengingat mereka mempunyai rekam jejak serta kapastitas yang baik serta mempunyai tools yang terukur dan teruji dalam berbagai event car tuning Nasional maupun Internasional.


2. SEMA Show

Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show merupakan pameran modifikasi tahunan terbesar di dunia asal Amerika Serikat. Kegiatan ini dikonsep untuk memilih dan menunjuk modifikator yang karyanya paling memukau sepanjang tahun, untuk selanjutnya dirayakan dalam SEMA Ignited.


Event SEMA Show menjadi pameran modifikasi mobil paling terkenal di dunia karena selalu menghadirkan ribuan mobil modifikasi dari berbagai gaya yang dipamerkan sebagai pajangan produk dan pabrikan mobil. 


Pengunjung dapat melihat pameran mobil keluarga, SUV, truk pikap hingga kendaraan off-road, RV, motorhome, dan kendaraan serbaguna. Selain itu, event ini juga menjadi tempat rilis produk aftermarket, khususnya produk dari kawasan Amerika. 


3. Essen Motor Show

Dari belahan benua Eropa terdapat event pameran otomotif Essen Motor Show yang selalu diadakan di kota Essen, Jerman yang meampilkan beragam produk aftermarket merek-merek dari Jerman dan Eropa.


Essen Motor Show juga menampilkan mobil-mobil racikan in-house tuner pabrikan mobil sebagai salah satu fokus utamanya. Selain itu restorasi mobil-mobil tua dan klasik juga mendapat tempat besar pada pameran ini. 


Banyak merek mobil modifikasi terbaik di dunia berkantor pusat di Eropa. Jadi, setiap tahunnya mereka akan membawa produk dan teknologi terbarunya. Para penggemar modifikasi bisa membeli langsung produk modifikasi favorit dengan pilihan produk yang beragam, jaminan kualitas terjamin, dan penawaran khusus selama pameran.


4. Tokyo Auto Salon dan Osaka Auto Messe

Mobil produk Jepang selalu menarik di mata pecinta otomotif dan para penggemar modifikasi dari seluruh dunia. Untuk dunia modifikasi, ada dua pameran yang selalu dinanti-nanti, yaitu Tokyo Auto Salon (TAS) dan Osaka Auto Messe (OAM) yang disupervisi oleh Nippon Auto Parts And Aftermarket Committee (NAPAC) atau asosiasi modifikasi Jepang.


Kedua pameran modifikasi tersebut memiliki pangsa pasar yang berbeda, termasuk juga dalam penyajian tema. Tokyo Auto Salon lebih kepada tempat meluncurkan produk-produk aftermarket baru dari para tenant. Sedangkan Osaka Auto Messe lebih kepada event yang mengumpulkan komunitas otomotif, meski dibalut dengan pameran modifikasi. 


Sesuai dengan namanya, Tokyo Auto Salon akan selalu diadakan di kota Tokyo pada bulan Januari, sementara Osaka Auto Messe diselnggarakan di Osaka pada Februari setiap tahunnya. Event Tokyo Auto Salon dan Osaka Auto Messe selalu menarik perhatian para pecinta otomotif dan modifikasi dunia.


5. AMPA

Autotronics Taipei dan Motorcycle Taiwan (AMPA) adalah pameran otomotif dan suku cadang asal Taiwan yang merupakan gabungan dari beberapa pameran industri otomotif seperti Taipei Auto Parts dan Accessories Show (Taipei AMPA), Taipei Automobile Electronics Show, Taiwan International Intellegnet Transportation Show, The Taiwan International Motorcycle Industry Show, dan Taiwan International Car Tuning & Car Care Show.


Dalam setiap penyelenggaraan, event AMPA selalu diikuti ribuan produsen komponen yang datang dari dalam Taiwan maupun luar negeri. Di pameran ini pengunjung nggak cuma bisa melihat pameran modifikasi, tapi bisa juga menemukan berbagai produk teratas dari suku cadang mesin dan perawatan, Suku Cadang Mobil, sistem kemudi & suspensi, sistem keselamatan & keamanan, sistem rem, aksesori interior, motor listrik, aksesori pencahayaan, kabel & kabel listrik, sistem transmisi, elektronik mobil, dan lain-lain.


Itulah tadi daftar event kontes pameran modifikasi mobil yang populer di dunia. Semoga dunia otomotif dan modifikasi Indonesia semakin mendunia.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar