Inilah Daftar Destinasi Wisata Karimunjawa Jepara yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Karimunjawa Jepara
Destinasi Wisata Karimunjawa Jepara. 

Inilah Daftar Destinasi Wisata Karimunjawa Jepara yang Wajib Dikunjungi - Karimunjawa merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang membentang di sebelah utara pulau Jawa dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan perairan kurang lebih 110.000 hektare. Kepulauan yang terdiri dari 27 pulau kecil ini terletak di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya 83 km sebelah utara Kota Jepara.


Kepulauan yang dijuluki The Carribbean of Java  ini sebagian berpenghuni dan banyak pulau yang tak berpenghuni. Di antara 27 pulau tersebut, hanya 5 pulau yang dihuni oleh manusia yaitu Pulau Parang, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, dan Pulau Genting.


Gugusan pulau kecil di Karimunjawa banyak menyedot perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara karena destinasi wisata ini banyak menawarkan keindahan alam, mulai dari wisata pantai, bawah laut, hutan bakau, hutan mangrove, hingga potensi budaya. Tempat wisata ini juga tertata dengan sangat baik dan dijaga kebersihannya untuk kenyamanan pengunjung. 


Potensi utama yang dimiliki destinasi wisata Karimunjawa adalah keindahan lautnya yang memanjakan mata dan bikin betah. Kepulauan ini menyajikan pemandangan air laut yang jernih, hamparan pantai pasir putih, koleksi terumbu karang yang cantik, terdapat lebih dari 200 spesies ikan dan biota laut lainnya, hingga kawasan hutan mangrove yang rindang dan indah. 


Selain menawarkan pesona keindahan bawah air, tempat wisata yang dijuluki sebagai The Paradise of Java ini juga memiliki beragam jenis satwa yang hidup di darat seperti kera, penyu, rusa, dan berbagai jenis burung.


Liburan ke destinasi wisata bahari Karimunjawa bersama keluarga merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan karena keindahan alam yang ditawarkan dari Karimunjawa bukan kaleng-kaleng dan nggak bakal bisa dilupakan. 


Yuk atuh kapan kalian piknik ke Karimunjawa? Susun rencana kunjungan wisata kalian mulai dari sekarang. Untuk menghemat biaya, Mimin saranin pilih paket karimunjawa islands yang ditawarkan travel agent.


Cara Menuju Kepulauan Karimunjawa

Pada umunya ada dua cara menuju ke destinasi wisata Karimunjawa, yaitu menggunakan jalur laut dan jalur udara. Jalur laut merupakan jalur paling banyak digunakan oleh wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. 


Ada 3 jenis angkutan kapal yang bisa dipilih, yaitu kapal motor cepat Kartini, kapal Bahari Expres, dan kapal motor penumpang Muria. Perjalanan menggunkan kapal membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 6 jam, tergantung jenis kapal yang kalian pilih dan kondisi ombak serta cuaca.


Selain menggunakan kapal laut, kalian juga bisa menggunakan pesawat terbang dari Bandara Ahmad Yani, Semarang ke Bandara Dewandaru di Pulau Kemujan, Karimunjawa. Kalian bisa menggunakan pesawat dari maskapai Merpati Airlines, Sky Aviation, dan Wings air.


Destinasi Wisata Favorit di Karimunjawa Jepara

Kepulauan Karimunjawa menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Dari sekian banyak destinasi yang ada di taman laut nasional ini ada beberapa tempat wisata favorit bagi wisatawan. Berikut ini daftar destinasi wisata favorit di Karimunjawa Jepara:


Bukit Love Karimunjawa

Bukit Love adalah kawasan dataran tinggi dengan pemandangan hamparan laut biru yang berlokasi di Dusun Jatikerep, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Sesuai dengan namanya, di area bukit ini terdapat spot foto favorit berbentuk tulisan LOVE. Selain itu, bukit ini juga memiliki spot tulisan “Karimun Jawa” yang jadi pilihan favorit bagi para pengunjung untuk berfoto.


Untuk mencapai Bukit LOVE ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit menggunakan perahu tradisional dari pelabuhan utama di Karimunjawa. Setelah sampai di Bukit LOVE, kalian akan disambut dengan pemandangan laut yang sangat indah dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya.


Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di kepulauan Karimunjawa. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah memanjakan mata dengan ditemani angin laut yang sejuk. 


Pasir Pantai di Tanjung Gelam yang terhampar luas terlihat berwana putih dan bersih. Di pinggir pantai berjajar pohon kelapa dan kitapun bisa melihat terumbu karang yang indah dari atas kapal. Saat menjelang sore, kita juga bisa menikmati matahari tenggelam yang sangat indah.


Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng adalah salah satu pantai pasir putih yang sangat indah. Pantai ini bisa diakses melalui jalur laut maupun jalur darat. Jika ingin mengunjungi pantai Batu Topeng dengan akses darat, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Alun-alun Karimunjawa.


Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa. Pulau ini juga merupakan pulau terdekat dari pelabuhan dan dermaga Karimunjawa. Untuk bisa ke pulau ini, kalian bisa menggunakan perahu wisata atau perahu nelayan dengan waktu tempuh kurang lebih 5 hingga 10 menit.


Pulau besar ini juga menjadi destinasi favorit para wisatawan karena terdapat penangkaran hiu yang sangat terkenal. Pengunjung bisa berfoto dan berenang bersama hiu-hiu tersebut. Tenang saja, hiu-nya juga jinak kok. Selain berfoto dengan hiu, pengunjung juga bisa befoto dengan beberapa makhluk laut lainnya seperti penyu, bintang laut, dan beberapa jenis ikan unik lainnya.


Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil dapat ditempuh dengan waktu sekitar 5 jam. Lumayan jauh, tapi kalian nggak bakal bosan karena di sepanjang perjalanan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang sangat cantik, berarus tenang dan mempunyai view sangat indah yang sangat kontras dengan birunya air laut. Jadi, nggak heran kalau pulau ini disebut sebagai surganya snorkeling dan diving.


Hampir semua perairan di sekeliling pulau ini terdapat berbagai macam jenis terumbu karang, terutama di antara pulau Menjangan Kecil dan pulau Menjangan Besar. Pengunjung bisa berenang sambil menikmati indahnya terumbu karang yang dikelilingi ikan-ikan cantik. Dijamin kalian bakal terkagum-kagum.


Pantai Nirwana 

Pantai Nirwana merupakan pantai terpanjang di Kepulauan Karimunjawa. Suasananya tak jauh beda dengan beberapa pantai lainnya yaitu memiliki pemandangan pasir putih serta air laut yang jernih dan tenang. Ciri khas pantai ini adalah keberadaan pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai.


Pantai Barakuda 

Pantai Barakuda merupakan pantai berpasir putih dengan pemandangan yang sangat cantik. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pulau-pulau kecil yang sangaat indah di kejauhan. Air lautnya yang terlihat jernih dan tenang dihiasi batu-batu hitam berbentuk unik. Di sepanjang pantai ini juga terdapat sederet pohon kelapa yang menambah indah pemandangan di sekitar pantai ini.


Pulau Cilik

Sesuai dengan namanya, pulau ini sangat kecil. Air laut yang bening dengan gelombang kecil dan nyaris tidak ada ombak membuat Pulau Cilik cocok untuk bermain air, berenang, snorkeling, maupun diving menikmati berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Di bibir pantai yang teduh ini terdapat hamparan pasir putih bersih dan terasa lembut saat berjalan di atasnya.


Pulau Gosong Tengah

Pulau Gosong Tengah adalah endapan pasir yang berada di tengah lautan. Penduduk lokal menyebutnya dengan gosongan dan ada juga yang menyebutnya Pulau Timbul Tenggelam. Ya, itu karena pulau tersebut hanya dapat ditemui di permukaan pada sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore. Selebihnya pulau tersebut akan tertutup air laut atau tenggelam.


Tempat ini menjadi spot foto favorit karena pemandangannya sangat indah berlatar langit dan hamparan laut biru yang kontras dengan pasir pantai yang putih. Buat kalian yang tidak bisa berenang, tidak perlu takut tenggelam, karena perairan sekitar Pulau Gosong Tengah relatif dangkal dan berarus tenang.


Hutan Mangrove

Destinasi wisata Karimunjawa memang identik dengan wisata pulau dan pantai. Namun, jika bosan dengan pemandangan pasir pantai dan lautan, kalian bisa menyegarkan mata dengan berkunjung ke kawasan hutan mangrove di pesisir Desa Kemujan. Untuk menjelajahi hutan ini, terdapat track kayu dengan panjang sekitar 2 km yang bisa dilalui untuk menikmati keindahan kawasan hutan mangrove.


Island Hopping

Island Hopping maksudnya, kalian pergi ke banyak pulau sekaligus, bahkan dalam satu hari. Ini adalah aktivitas yang wajib dilakukan untuk kalian yang suka travelling. Kegiatan Island Hopping sebenarnya adalah kegiatan utama di destinasi wisata Karimunjawa. Pengunjung akan dibawa berkeliling ke banyak tempat atau pulau eksotis yang ada di Kepulauan Karimunjawa.


Banyak pulau yang bisa dikunjungi seperti Pulau Menjangan Besar, pulau tempat penangkaran hiu, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Gosong Seloka, Pulau Cilik, dan Central Island.


Itulah tadi daftar destinasi wisata Karimunjawa Jepara yang wajib dikunjungi. Buat pengunjung yang ingin menginap dan menikmati suasana malam di kepulauan Katimunjawa, banyak pilihan tempat untuk menginap mulai dari homestay, guesthouse, sampai cottage yang lebih mewah.


Untuk kalian yang baru pertama kali berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa sebaiknya menggunakan jasa Biro perjalanan agar mendapat banyak kemudahan saat akan mengunjungi tempat wisata. Biasanya penyedia jasa travel agent menyediakan pilihan paket wisata seperti paket keluarga karimunjawa 1.


Apakah kalian dan keluarga sudah siap untuk melakukan perjalanan wisata ke Pulau Karimunjawa yang indah dan bikin betah saat musim liburan tiba? Selamat berlibur.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar